3 Asuransi yang Minimal Wajib Anda Miliki

0
31

Dewasa ini, kebutuhan masyarakat akan asuransi sudah masuk dalam tahap penting. Namun, kesadaran masyarakat terhadap asuransi tersebut masih rendah. Hal tersebut karena informasi dan manfaat asuransi belum sampai dan dipahami oleh masyarakat. Adakalanya, seseorang merasa baik-baik saja saat dalam keadaan aman. Akan tetapi, menyesali apabila telah tertimpa bencana, seperti kehilangan benda berharga atau orang yang paling dicintai.

Asuransi hadir untuk melindungi hal yang berharga dalam hidup Anda. Hal itu juga mencakup dengan segala kekayaan hasil usaha dan jerih payah Anda selama bekerja. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan asuransi untuk menunjangnya. Ada beragam asuransi yang ada, sama beragamnya dengan instansi yang menyediakannya. Mungkin Anda tidak dapat memenuhi semuanya. Akan tetapi, minimal Anda perlu memiliki beberapa asuransi berikut ini.
1. Asuransi Kesehatan
Sampai sekarang, biaya kesehatan dan berobat masih terbilang sangat tinggi, terutama di Indonesia. Saat anggota keluarga Anda ada yang sakit, tentunya Anda perlu mengalokasikan dana lebih untuk dapat memulihkannya kembali. Tak jarang jika biaya berobat tersebut seringkali mengganggu kestabilan perekonomian keluarga.

Mungkin Anda berpikir tidak masalah apabila sakit ringan, seperti flu, pilek, atau demam. Namun, Anda pasti akan panik jika sakit yang diderita adalah kanker atau tumor ganas. Hal tersebut yang membuat Anda untuk memikirkan memiliki asuransi kesehatan. Jumlah pengeluaran untuk asuransi kesehatan ini akan sebanding dengan kualitas yang Anda terima saat terkena penyakit.

Ada banyak asuransi kesehatan yang dapat Anda pilih. Mungkin Anda beruntung jika kantor atau perusahaan Anda telah menjamin asuransi kesehatan Anda. Namun jika belum, Anda dapat memilih asuransi kesehatan dari pemerintah, seperti BPJS. Dengan harga yang relatif terjangkau untuk setiap kalangan, dengan adanya sistem kelas, Anda dapat dengan tenang menjalani hidup Anda. Selain BPJS, Anda juga dapat mencoba pilihan asuransi kesehatan dengan sistem investasi. Jadi, uang untuk asuransi Anda tetap menjadi investasi yang dapat Anda pergunakan di masa yang akan datang.

Baca juga : Keuntungan Asuransi Properti yang harus anda ketahui

2. Asuransi Kendaraan
Jika Anda memiliki kendaraan dan tinggal di kota besar, Anda harus mempertimbangkan untuk memiliki asuransi kendaraan. Mengapa? Karena tinggal di kota besar di Indonesia dengan infrastuktur yang masih belum teratur, rawan mengalami kecelakaan dalam berkendara. Resiko kecelakaan tersebut beragam, mulai dari menabrak, tertabrak, tuntutan dari pihak ketiga, hingga kehilangan kendaraan Anda.

Asuransi kendaraan sendiri biasanya Anda dapatkan secara otomatis apabila Anda sedang mengkredit kendaraan. Akan tetapi, seringkali orang lalai dan tidak memperhatikan asuransi ketika kredit kendaraan telah terlunasi. Padahal, kecelakaan kendaraan dapat terjadi kapan saja. Untuk itu, Anda dapat memperpanjang masa asuransi Anda dengan memperhatikan polis dan proteksi dari pihak penyedia asuransi. Apabila merasa kurang, Anda dapat membeli asuransi tambahan (extended insurence).

Di Indonesia sendiri, dikenal 2 jenis asuransi kendaraan, yaitu TLO (Total Lost Only) dan menyeluruh (comprehensive). Asuransi TLO biasanya hanya akan melindungi kendaraan Anda jika tercuri atau mengalami kecelakaan dengan tingkat kerusakan di atas 70-80%. Sementara itu asuransi menyeluruh memproteksi Anda dari segala jenis resiko kecelakaan sesuai dengan standar auransi kecelakaan di Indonesia.

3. Asuransi Tempat Tinggal
Selain kendaraan, rumah menjadi salah satu investasi harta yang perlu Anda proteksi dengan asuransi. Hal itu karena rumah merupakan harta yang bisa jadi paling mahal yang Anda miliki. Adapun resiko yang yang dapat menimpa rumah Anda beragam, mulai dari kebakaran, banjir, hingga kejatuhan pesawat terbang. Adapun, besarnya perlindungan yang Anda cakup berdasarkan jumlah luas bangunan dikalikan dengan biaya pembangunan rumah per meter persegi. Untuk harga tanah sendiri Anda tidak perlu masukkan.

Seperti halnya kendaraan pribadi, biasaya tempat tinggal telah memiliki asuransi ketika berada pada masa kredit. Hal itu karena asuransi menjadi hal yang wajib yang harus diterapkan oleh bank atau multifinance. Untuk itu, setelah Anda selesai mengkredit rumah, alangkah baiknya Anda tetap memproteksi dengan berlangganan asuransi. Jika perlu hingga seumur hidup Anda dan dilanjutkan hingga anak cucu.
Sedia Payung Sebelum Hujan

Itulah beberapa jenis asuransi yang sangat penting untuk digunakan. Memang, untuk menggunakannya kita mesti menyisihkan lebih banyak uang guna membayar premi yang tidak sedikit. Meskipun begitu, cobalah untuk melihat ke depan. Musibah itu bisa datang kapan saja tanpa bisa diperkirakan. Karena itu, dengan persiapan yang baik, semua kerugian yang ditimbulkan dari hal-hal di atas bisa ditekan. Jadi, sedia payung sebelum hujan ya!

LEAVE A REPLY