Share this post

Akar Syaraf Terputus Akibat Penyakit Plexus Brachialis – Plexus brachialis merupakan cedera yang terjadi pada jaringan syaraf yang mengirimkan sinyal dari tulang belakang ke bahu, lengan dan tangan. Jaringan syaraf tersebut menjadi rusak atau bahkan sobek atau terputus akibat dari rengangan, tekanan, atau cedera. Hal ini dapat terjadi ketika bagian bahu di tekan kuat sementara kepala di dorong ke atas dan jauh dari bahu.

Cedera Plexus brachialis biasanya sering terjadi dalam olahraga seperti bermain sepak bola namun dapat disebabkan oleh kecelakaan mobil atau jatuh. Terkadang bayi juga dapat mengalami cedera Plexus brachialis pada kelahirannya. Serta kondisi lainnya seperti peradangan atau tumor.

Gejala Plexus brachialis

Gejala cedera Plexus brachialis bisa bervariasi hal ini bergantung pada tingkat keparahan dan lokasi cedera. Jika pada kondisi cedera ringan biasanya menimbulkan gejala seperti :

  1. Sensasi tersengat listrik atau terbakar di sekujur lengan atau
  2. sensasi kebas (mati rasa) atau kelemahan di lengan.

Gejala ini biasanya berlangsung hanya dalam beberapa menit, namun ada beberapa orang yang mengalaminya hingga harian bahkan mingguan bahkan lebih lama lagi.

Namun pada cedera yang lebih parah (avulsion) yaitu hingga sobek atau terlepas dari tulang belakang biasanya akan menimbulkan gejala seperti :

  1. Tidak mampu menggerakkan dan merasakan sensasi rangsangan seperti di bahu atau tangan
  2. Kelemahan atau ketidakmampuan untuk menggerakkan otot tangan, lengan atau bahu
  3. Rasa nyeri yang hebat

Penyebab Plexus brachialis

Kerusakan pada bagian teratas syaraf jaringan Plexus brachialis biasanya terjadi apabila bahu tertekan  kebawah sementara leher naik keatas. Jadi bagian bawah syaraf cendering terluka ketika tangan tertarik secara paksa diatas kepala. Beberapa hal yang dapat menyebabakan Plexus brachialis, diantaranya :

  1. Kontak fisik saat olahraga seperti olaharaga
  2. Trauma fisik dari kecelakaan lalu lintas, terjatuh, atau luka tembak
  3. Peradangan yang diakibatkan oleh kondisi langka yaitu sindrom parsonage-turner, yang menyebabkan kerusakan pada syaraf Plexus brachialis.
  4. Pada proses persalinan seperti posisi bayi yang sungsang atau waktu bersalin yang lama yang menyebabkan bahu bayi tersangkut di jalur lahir.
  5. Tumor kanker atau non kanker yang tumbuh, mengakibatkan tekana pada Plexus brachialis atau menyebar ke jaringan syaraf hingga mengalami kerusakan
  6. Radioterapi kanker

Asuransi Penyakit Kritis Flexi CI – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam mengklaim penyakit kritis yaitu Terputusnya akar akar saraf Plexus Brachialis.

Terputusnya Akar-Akar Syaraf Plexus Brachialis

“Kehilangan fungsi sensorik yang menetap dan keseluruhan dari anggota gerak atas yang disebabkan oleh terputusnya 2 (dua) atau lebih akar saraf plexus brachialis yang diakibatkan oleh kecelakaan atau luka. Luka yang menyeluruh dari 2 (dua) atau lebih akar syaraf harus dikonfirmasi dengan pemeriksaan electrodiagnostic yang dilakukan oleh dokter spesialis saraf.”

Klik disini untuk melihat list Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver Allianz.

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110

Related Post

AUGUST 22, 2019

Maksimalkan Perjalananmu...

Maksimalkan Perjalananmu Dengan Asuransi Perjalanan Dari Allianz – Masih banyak...

0

AUGUST 21, 2019

Ada Banyak Rencana Liburan...

Ada Banyak Rencana Liburan Dalam Setahun? Coba Tips Ini – Seberapa sering kamu...

0

AUGUST 20, 2019

Usia Muda Tidak Menjamin...

Usia Muda Tidak Menjamin Bebas Dari Ancaman Penyakit Kritis – Tingkat kematian di...

0

AUGUST 19, 2019

Allianz Indonesia Raih 5...

Allianz Indonesia Raih 5 Penghargaan Bergengsi di Tahun 2019 – PT Allianz Indonesia...

0

AUGUST 18, 2019

Melihat Manfaat Lebih Dari...

Melihat Manfaat Lebih Dari Tambahan Asuransi Allianz – Dalam menentukan asuransi,...

0

AUGUST 17, 2019

Bianto Surodjo, Allianz...

Bianto Surodjo, Allianz Indonesia Umumkan Anggota Direksi Baru – Allianz...

0