Share this post

Apakah Asuransi Dapat Digantikan Oleh ZIS (Zakat, Infaq, Sedekah)? – Ada sebagian orang yang beranggapan “jika zakat, infaq dan sedekah (ZIS) dapat dimaksimalkan maka asuransi tidak diperlukan lagi”. Apakah hal ini benar? Sebelum kita menjawabnya, sebaiknya kita bahas lebih dulu apa perbedaan antara ZIS dengan Asuransi.

1. ZIS memiliki fungsi yang sangat beragam sedangakan fungsi asuransi hanya satu macam saja.

Di dalam Alqur’an ada 8 golongan yang berhak menerima zakat yaitu, orang fakir, orang miskin, pengurus zakat, mualaf, untuk (memerdekakan) budak, orang yang memilki hutang, orang yang berjihad di jalan Allah dan para musyafir (orang yang sedang dalam perjalanan) (QS Al-tawbah: 60).

sedangkan infaq dan sedekah memilki arti yang sangat luas karena dapat digunakan untuk berbagai kepentingn sosial dan keagamaan. Jadi fungsi dari ZIS sangalah luas, dengan demikian donasi yang diterima oleh lembaga ZIS akan serahkan dalam fungsi tersebut, dan tidak difokuskan dalam satu fungsi saja.

Sementara fungsi asuransi hanya satu macam saja yaitu menaggulangi dampak keuangan dari Risiko tertentu. Contohnya ada orang yang sedang jautuh sakit, lalu dengan memiliki asuransi maka biaya pengobatannya di tanggung olehs asuransi dan sebagainya.

2. ZIS memilki tujuan berbeda dengan asuransi

ZIS (Zakat, infaq dan sedekah) adalah sarana distribusi untuk mewujudkan kesejahteraan di masyarakat, untuk membantu kalangan secara ekonomi yang tergolong lemah (mustadafin).

Sedangkan asuransi adalah asuransi adalah suatu cara bagi kalangan yang mampu (setidaknya diukur dari kemampuan membayar premi) untuk saling melindungi dengan sesama kalangan mampu lainnya. dengan demikian, asuransi memiliki tujuan untuk membantu dikalangan yang secara ekonomi relatif mampu.

Kesimpulannya

Asuransi tidak dapat digantikan oleh dana ZIS, alasannya karena :

  1. Dana ZIS yang terdata dilembaga-lembaga resmi masih jauh lebih rendah dibandingkan asuransi.
  2. ZIS memiliki fungsi bermacam-macam, sedangkan fungsi asuransi hanya satu macam.
  3. ZIS bertujuan untuk membantu kaum yang lemah, sedangkan asuransi bertujuan untuk saling membantu diantara orang-orang yang mampu membayar premi.

Jadi biarkan saja orang-orang yang mampu saling melindung dengan sesamanya. jika ada yang mengharamkan asuransi untuk dirinya sendiri, silakan saja. Tapi jika sampai melarang orang lain untuk ikut asuransi, tolong berikan solusi yang masuk akal. Jika orang itu sakit, apakah sahabat satuters mau membayar seluruh biaya sakitnya? Jika orang itu meninggal dunia, apakah anda mau menanggung biaya hidup keluarganya?

Asuransi tidak menggunakan dana pemerintah maupun dana lembaga sosial. Asuransi itu melatih warga negara untuk mandiri dalam menghadapi risiko. Dengan demikian, kehadiran asuransi justru meringankan beban pemerintah dan lembaga sosial agar lebih fokus menggunakan dana sosial yang mereka miliki untuk menolong kaum dhuafa.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Apakah Asuransi Dapat Digantikan Oleh ZIS (Zakat, Infaq, Sedekah)?“, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah anda.  HP/WA : 081212188110.

Related Post

FEBRUARY 18, 2019

Apa Itu Penyakit Full...

Apa Itu Penyakit Full Blown AIDS, Berbahayakah Bagi Manusia? – Tak banyak orang...

0

FEBRUARY 17, 2019

Penyakit Sapi Gila Akibat...

Penyakit Sapi Gila Akibat Gangguan Pada Otak Yang Terkena Infeksi – Penyakit...

0

FEBRUARY 15, 2019

Perbaikan Tulang Belakang...

Perbaikan Tulang Belakang Yang Melengkung Dengan Operasi Scoliosis Idiopatik –...

0

FEBRUARY 14, 2019

Daya Tahan Tubuh Sering...

Daya Tahan Tubuh Sering Menurun? Waspada Tuberkulosis Meningitis...

0

FEBRUARY 13, 2019

Struktur Tulang Menjadi Rapuh...

Struktur Tulang Menjadi Rapuh Akibat Penyakit Osteogenesis Imperfecta –...

0

FEBRUARY 12, 2019

Kelelahan Yang Berdampak...

Kelelahan Yang Berdampak Kronis Pada Tubuh Akibat Insufisiensi Adrenal –...

0