Share this post

Asuransi Jiwa Dibutuhkan Oleh Ibu Rumah Tangga Juga, Kenapa ? – Banyak orang berpendapat termasuk beberapa perencana keuangan yang mengatakan bahwa ibu rumah tangga tidak perlu asuransi jiwa. Alasannya karena tidak ada dampak keuangan yang ditimbulkan dari peristiwa meninggalnya seorang ibu rumah tangga.

Tapi mohon izikan saya sebagai agen asuransi menawarkan sudut pandang berbeda.

Pertama, sesungguhnya suami akan sangat terbantu jika istrinya punya asuransi jiwa.

Bukankah suami istri harus saling membantu? Ketika suami membeli asuransi jiwa atas nama dirinya, ia tengah membantu istri dan anak-anaknya. Ini sesuatu yang sangat baik. Sebaliknya, ketika suami membelikan asuransi jiwa atas nama istrinya, ia tengah membantu dirinya dan anak-anaknya. Ini pun sesuatu yang sangat baik.

Bagaimana kalau istrinya panjang umur? Ya bersyukur istri diberikan kesehatan dan panjang umur, dan masih ada bonus saldo investasi yang akan diterima selama panjang umur itu. (tapi ingat, kita semua sebagai manusia tidak ada yang hidup abadi, hanya kita tidak tahu kapan waktunya)

Kedua, jika suami memang tidak butuh uang pertanggungan dari istri, uang itu bisa disumbangkan ke lembaga sosial atau orang-orang yang membutuhkan.

Ini bisa jadi ladang amal yang luar biasa baik bagi suami maupun istri. Kapan lagi bisa menyumbang, katakanlah, sebesar 500 juta atau 1 miliar, kalau bukan dari asuransi? Dari mana lagi?

Marilah kita perluas visi kita ke hal-hal yang batiniah, bukan sekadar bicara asuransi sebagai kebutuhan dasar belaka, terutama jika kita diberi kemampuan untuk itu.

Selain itu, premi asuransi itu sendiri pada hakikatnya dapat dihitung sebagai sedekah dan karena itu orang yang membayarnya akan mendapat pahala. Mengapa? Karena dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu orang-orang yang mengalami musibah, dan ini bisa terjadi setiap hari. Bedanya dengan sedekah biasa, di sini tidak ada pihak yang posisinya lebih tinggi (pembayar premi) dan tidak ada pihak yang posisinya lebih rendah (penerima manfaat). Keduanya setara, karena penerima manfaat adalah juga pembayar premi, dan pembayar premi pun ada kemungkinan menjadi penerima manfaat.

Baca juga : Tips mencari asuransi kesehatan terbaik untuk orang tua

Ketiga, teori yang menyatakan ibu rumah tangga tidak butuh asuransi jiwa, sebetulnya hanya berlaku untuk asuransi jiwa dalam pengertian resiko meninggal dunia. Bicara soal resiko lain, misalnya penyakit kritis dan cacat, teori tersebut tidak berlaku sama sekali.

Bicara tentang penyakit kritis, baik laki-laki maupun perempuan sama-sama memiliki resiko tersebut. Bahkan kaum perempuan memiliki kemungkinan yang lebih besar dan jenis penyakit yang lebih banyak. Contoh penyakit kritis kanker paling banyak diderita oleh kaum perempuan.

Keempat, suami akan lebih merasa aman jika istrinya pun punya asuransi penyakit kritis.

Jika seorang ibu rumah tangga terkena penyakit kritis, siapa yang akan menanggung biayanya? Tanpa asuransi, siapa lagi kalau bukan suami yang menanggung. Dan sungguh, akan sangat-sangat memberatkan bagi suami yang bertindak sebagai “perusahaan asuransi atas nama sendiri” untuk orang-orang yang kita cintai.

Tapi bagaimana jika suaminya orang kaya dan bisa membayar seluruh biaya penyakit kritis yang dialami istrinya? Pilih lebih baik pakai uang sendiri hasil jerih payah bekerja atau pakai uang bersama yang terkumpul didalam 1 rekening nasabah perusahaan asuransi? Bukankah lebih aman finansial keuangan suami untuk keluarga yang telah di jaga oleh proteksi/asuransi?
hal ini patut untuk dipikirkan dan pertimbangkan, penting dan sepenting apakah ibu rumah tangga memiliki asuransi,
asuransipun sangat diperlukan secara tidak langsung oleh semua umur dan alagkah baiknya jika kita memperhatikan dan memikirkan dengan seksama.

 

Related Post

MAY 22, 2019

Penyakit Yang Menyerang Otot...

Penyakit Yang Menyerang Otot Manunsia, Muscular Dystrophy – Muscular Dystrophy (Md)...

0

MAY 21, 2019

Nyeri Tulang Punggung Yang...

Nyeri Tulang Punggung Yang Berakibat Kelumpuhan, Akibat Penyakit Ini – Mielitis...

0

MAY 20, 2019

Menderita Kerusakan Otak...

Menderita Kerusakan Otak Sedang Akibat Benturan Di Kepala – Cedera kepala adalah...

0

MAY 19, 2019

Penyakit Osteoporosis Berat,...

Penyakit Osteoporosis Berat, Mengakibatkan Keretakan Pada Tulang – Osteoporosis...

0

MAY 17, 2019

Otot Wajah & Kaki Mulai...

Otot Wajah & Kaki Mulai Melemah? Waspada Penyakit Myasthenia Gravis – Myastenia...

0

MAY 15, 2019

Memiliki Kelainan Pada Kulit?...

Memiliki Kelainan Pada Kulit? Waspada, Bisa Jadi Terkena Penyakit Ini – Scleroderma...

0

Leave a Comments