Biaya Pendidikan Anak : Tabungan Pendidikan Atau Asuransi Pendidikan?

0
94
biaya pendidikan
biaya pendidikan

Biaya Pendidikan – Setiap orang tua pasti setuju bahwa pendidikan anak menjadi salah satu hal yang sangat penting dan perlu persiapan sejak dini. Dikarenakan biaya pendidikan sekarang yang kian tahun semakin meningkat. Apalagi dalam pemilihan sekolah serta perguruan tinggi akan berpengaruh terhadap kualitas pendidikan anak dimasa depan.

Pada saat itulah orang tua sering merasa kebingungan karena dihadapkan pada dua pilihan untuk memastikan pendidikan anaknya yaitu tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan. Sebenarnya kedua-duanya direkomedasikan untuk orang tua yang menginginkan masa depan anaknya lebih terjamin. Serupa tapi tak sama, tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan mempunyai resiko serta keuntungan yang berbeda-beda karena masing-masing mempunyai mekanisme tersendiri.

Oleh sebab itu ketahui dahulu informasi tentang tabungan pendidikan dengan asuransi pendidikan, Berikut penjelasannya :

Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan adalah tabungan berencana yang dikhususkan untuk menyiapkan dana pendidikan untuk anak dalam waktu berjangka. Tabungan ini dikeluarkan oleh bank.

Dalam mengurus tabungan pendidikan terdapat asuransi, namun yang dijaminnya hanya sebesar target dana yang akan diperoleh diakhir. Jadi ketika nasabah meninggal dunia, maka ahli waris akan mendapatkan dana sebesar nominal yang menjadi tujuan awal dari nasabah tersebut.

Biaya asuransi akan ditabung oleh pihak bank. Tabungan pendidikan akan dipakai untuk mempersiapkan dana pendidikan dalam jangka waktu pendek antara dua hingga lima tahun, karena hasil yang akan diberikan sekitar 3%-6% sebelum dipotong pajak. Tiap tabungan pendidikan tidak terdapat bunga yang besar, karena biasanya hanya dikenakan biaya administrasi.

Baca juga : Perhatikan Manfaat Lebih Asuransi Diantara Jenis Investasi Lainnya

Asuransi Pendidikan

Asuransi pedidikan bukanlah produk yang dikeluarkan oleh bank melainkan oleh perusahaan asuransi. Asuransi pendidikan memiliki fokus 2 aspek yaitu tabungan dan investasi.

Di dalam asuransi jika tertanggung meninggal dunia maka ahli waris akan mendapatkan dana sebesar uang yang hasil pertanggungnya ditambah lagi dari hasil investasi. Serta dapat memberikan hasil yang lebih besar daripada tabungan pendidikan karena akan ditempatkan pada reksadana.

Jadi dalam waktu jangka pendek, tabungan akan memberikan jaminan hasil yang akan diperoleh sedangkan tabungan tidak. Bunga yang diperoleh sangat bergantung dengan kinerja investasi itu sendiri. Ada biaya akuisisi yang akan dikenakan sehubungan dengan permohonan pertanggungan dan penerbitan polis yang meliputi biaya lapangan, biaya pos dan telekomunikasi.

Manakah Yang Terbaik?

Dari penjelasan diatas maka bisa disimpulkan mana yang terbaik. Yang terbaik disini tentunya Asuransi Pendidikan, kenapa? Karena bisa memberikan manfaat proteksi atau perlindungan bagi nasabah yang mengikuti asuransi pendidikan tersebut. Proteksi yang akan didapat adalah jika pihak yang tertanggung atau pemegang polis mengalami resiko dan harus dirawat dirumah sakit maka biaya rumah sakit tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Proteksinya pun juga lebih luas dibanding dengan tabungan pendidikan.

LEAVE A REPLY