Bukan Hanya Tidak Haram Namun Baik Dan Mulia Itulah Asuransi Syariah

Bukan Hanya Tidak Haram Namun Baik Dan Mulia Itulah Asuransi Syariah

Tahukah sahabat satuters bahwa asuransi syariah itu tidaklah haram, mengapa? Karena tidak ada satupun teks maupun hadist yang menjelaskan secara jelas tentang pengharaman asuransi.

Asuransi itu baik karena ia memenuhi salah satu kebutuhan manusia ketika tertimpa musibah, yaitu uang. Asuransi itu mulia, karena melalui asuransi, manusia menerapkan praktik tolong-menolong dengan sesamanya. Dan Asuransi itu mulia karena melalui asuransi, manusia menerapkan praktik tolong-menolong dengan sesamanya.

Banyak orang saat ini yang berpendapat bahwa asuransi itu haram, karena mereka hanya terpaku pada aspek hukum saja. Coba sahabat satuters melihat dari aspek maslahat itu sendiri, yaitu memenuhi kebutuhan manusia, dan nilai tambah yang ada padanya, yaitu sebagai wujud tolong-menolong

Padahal aspek hukum tentang asuransi ini pun sebetulnya masih merupakan area yang kosong, sehingga terbuka ruang yang luas bagi para ulama untuk berijtihad merumuskan hukum asuransi yang sesuai syariat, dengan dalil-dalil yang digali langsung dari Alquran dan hadis serta tradisi baik di zaman Nabi Muhammad Saw.

Asuransi itu termasuk dalam urusan muamalah yaitu hubungan dengan sesama manusia. Dalam hal muamalah, hukum dasarnya adalah mubah (boleh) selama tidak ada dalil yang mengharamkan.

Asuransi adalah sesuatu yang baru, yang tidak dikenak pada zaman Rasulullah SAW. Karena itulah tidak ada satupun hadis ataupun ayat yang membahas tentang asuransi, baik yang melarang atupun memerintahkan. Jadi, hukumnya kembali ke hukum dasar muamalah, yaitu boleh selama tidak ada dalil yang melarang.

Ada juga sebagian orang yang mengkhawatirkan bahwa asuransi itu mengandung masyir (perjudian) gharar(ketidakjelasan), dan riba, maka para ulama telah berijtihad dengan merumuskan asuransi yang sesuai dengan syariah, sehingga terbebas dari unsur-unsur yang diharamkan, dan dalam pelaksanaannya diawasi oleh dewan pengawas syariah.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Bukan Hanya Tidak Haram Namun Baik Dan Mulia Itulah Asuransi Syariah”, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah anda.  HP/WA : 081212188110.

Related Post

OCTOBER 11, 2018

Manfaat Menakjubkan Akar...

Manfaat Menakjubkan Akar Alang-Alang Bagi Kesehatan Tubuh – Alang alang atau...

0

OCTOBER 11, 2018

Berapakah Uang Pertanggungan...

Berapakah Uang Pertanggungan Yang Kita Butuhkan? Part-1 – Jika sahabat satuters...

0

OCTOBER 10, 2018

Rencanakan Warisan Dengan...

Rencanakan Warisan Dengan Asuransi Protection Plus Allianz – Pasti sahabat...

0

OCTOBER 9, 2018

Penjelasan Tentang Pembayaran...

Penjelasan Tentang Pembayaran Premi Asuransi Allianz – Sebagai salah satu syarat...

0

OCTOBER 9, 2018

Inilah Fungsi Dari Investasi...

Inilah Fungsi Dari Investasi Pada Asuransi Unit Link – Unit-link adalah produk...

0

OCTOBER 8, 2018

Mencari Keuntungan Dengan...

Mencari Keuntungan Dengan Ikut Asuransi Unit-Link? – Mungkin bagi sebagian orang...

0