Share this post

Cara Tepat Melindungi Rancangan Dana Pendidikan Anak – Banyak yang bertanya kepada saya, “ada produk asuransi pendidikan? Saya jawab ada, tapi begitu dikasih ilustrasi malah bingung, kok gak ada tabel manfaat tahapan masuk sekolah ketika terjadi resiko meninggal dunia? Adanya Uang Santunan atau Uang Pertanggungan yang cukup besar.

Ya, mungkin selama ini banyak masyarakat yang terbiasa dengan produk asuransi pendidikan daripada asuransi jiwa yang memberikan proteksi cukup besar. Sebenarnya sangat bagus ketika ada orang tua yang mencari asuransi pendidikan, karena setidaknya sudah ada kesadaran bahwa dana pendidikan harus disiapkan jauh-jauh hari plus ada proteksi jika terjadi “apa-apa” terhadap orang tua. Tapi ada hal-hal yang perlu dipikirkan ulang mengenai manfaat asuransi pendidikan.

Mari sama-sama kita membaca beberapa skenario berikut:

  1. Skenario Buruk

A. Skenario Buruk Pertama

Jika seorang ayah atau siapapun yang jadi tulang punggung keluarga hanya mengambil asuransi pendidikan tanpa asuransi jiwa tambahan, lalu tanpa dikehendaki terjadi resiko kehilangan kemampuan mencari penghasilan (karena meninggal dunia, cacat total atau penyakit kritis). Apakah anaknya akan atau masih bisa sekolah? Jawabnya bisa ya bisa tidak. Ya, karena dengan adanya asuransi pendidikan, maka akan ada manfaat santunan plus dana tahapan saat akan masuk sekolah. Dengan catatan, pandai mengatur uang santunan yang telah diberikan. Tidak, karena kemungkinan besar biaya hidup yang selama ini di peroleh dari gaji bulanan sang ayah tidak bisa dicukupi oleh uang santunan yang ada karena faktor inflasi atau kenaikan harga. Bahkan jika kurang pandai mengatur keuangan, dana yang ada di rekening asuransi pendidikan pun bisa jadi terpakai untuk biaya hidup.

B. Skenario Buruk Kedua

Jika seorang ayah atau siapapun yang menjadi tulang punggung keluarga mengambil hanya asuransi jiwa (dengan tambahan cacat total & penyakit kritis) tanpa asuransi pendidikan, kemudian di tengah jalan dia kehilangan kemampuan mencari penghasilan (karena meninggal dunia, cacat total atau penyakit kritis). Apakah anaknya akan atau masih bisa sekolah? Kemungkinan sangat besar bisa. Karena ada uang pertanggungan yang besar dari asuransi jiwa (yang telah dihitung berapa besaran uang pertanggungannya) yang dapat di gunakan untuk biaya hidup juga biaya pendidikan.

  1. Skenario Baik

A. Skenario Baik Pertama

Jika seorang ayah atau siapapun yang menjadi tulang punggung keluarga mengambil asuransi pendidikan tanpa asuransi jiwa tambahan, dan dia dalam keadaan selalu sehat. Apakah anaknya akan atau masih bisa sekolah? Ya, karena ada dana yang telah di persiapkan untuk pendidikannya. Dengan catatan dana tersebut cukup, tanpa melihat faktor kenaikan uang pangkal masuk sekolah tiap tahun

B. Skenario Baik Kedua

Jika seorang ayah atau siapapun yang menjadi tulang punggung keluarga mengambil asuransi jiwa saja tanpa asuransi pendidikan, dan dia dalam keadaan selalu sehat. Apakah anaknya akan atau masih bisa sekolah? Ya, karena sang pencari nafkah masih mampu bekerja untuk mencari uang dan merasa tenang karena sudah punya proteksi asuransi jiwa.

Berikut kesimpulan yang dapat di ambil dari skenario-skenario di atas:

1. Asuransi jiwa mempunyai kelebihan untuk menutupi kekurangan yang ada pada asuransi pendidikan
2. Tentunya mempersiapkan kedua-duanya, asuransi jiwa dan pendidikan, akan lebih baik.
3. Mempersiapkan biaya pendidikan tidak harus lewat produk asuransi
4. Orang tua zaman dahulu melakukannya dengan memelihara ternak, membeli tanah dan sawah, hingga menyimpan emas.
5. Orang tua sekarang pun bisa melakukan hal serupa dengan tambahan berupa deposito, tabungan pendidikan, reksadana hingga saham dan emas batangan.
6. Dalam produk asuransi jiwa berjenis unit link pun bisa di tambahkan sejumlah dana untuk persiapan pendidikan dengan cara memperbesar top up reguler (premi untuk tabungan/investasi).

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Cara Tepat Melindungi Rancangan Dana Pendidikan Anak”, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110

Related Post

DECEMBER 7, 2018

Bulbar Palsy Progresif,...

Bulbar Palsy Progresif, Penyakit Genetik dan Langka – Bulbar Palsy Progresif...

0

DECEMBER 6, 2018

Endokarditis Infektif,...

Endokarditis Infektif, Pengertian Dan Penyebabnya – Endokarditis Infektif adalah...

0

DECEMBER 6, 2018

Metastasis Otak, Jenis...

Metastasis Otak, Jenis Penyakit Apa? Serta Bagaimana Pencegahannya? – Pernahkah...

0

DECEMBER 3, 2018

88 Kondisi Penyakit Kritis...

88 Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver –  Asuransi tambahan...

0

DECEMBER 1, 2018

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang...

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang Tidak Hanya Mengharumkan Ruangan – Apakah sahabat...

0

DECEMBER 1, 2018

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik...

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik Bagi Tubuh Manusia – Apakah sahabat satuters...

0