Enam Pos Pengeluaran Keluarga Ini Jangan Sampai Tidak Stabil

0
247
Pos Pengeluaran

Pos Pengeluaran – Sebagai seorang ibu rumah tangga anda harus selalu merencanakan keuangan keluarga dengan baik mulai dari hal kecil sampai hal besar harus tetap dalam perencanaan anda, jangan sampai memasuki pertengahan bulan justru kamu mengalami defisit keuangan keluarga, ngeri banget bukan!

Ada beberapa biaya yang harus kamu perhatikan diluar biaya konsumsi, pendidikan anak yaitu biaya sumbangan pernikahan, biaya perawatan kendaraan, dan biaya tak terduga lainnya. Biaya – biaya yang dimaksud harus kamu perhatikan dengan seksama sehingga kamu tetap aman dan tidak kebablasan.

Enam Pos Yang Harus Ada Ketika Keuangan Keluarga

Setiap menerima gaji dari suami atau Anda sendiri, segera melakukan beberbagai alokasi anggaran bulanan. Buatlah beberapa pos, dan alokasinya sesuai dengan tingkat prioritasnya.  Ambil contoh biaya belanja bulanan tentu lebih besar dari pada biaya pendidikan.  Selain itu juga buat alokasi untuk pengeluaran tak terduga, agar tak memakan pos lain.

Berikut ini merupakan enam pos yang harus ada dalam pengaturan anggaran keuangan :

  • Biaya belanja bulanan

Langkah pertama  alokasikan sebagian dana untuk kebutuhan belanja bulanan. Seperti membeli bahan makanan dan consumer goods lainnya.  Atur agar jumlahnya bisa mencukupi hingga satu bulan ke depan. Selain itu Anda dan keluarga dibiasakan hidup hemat.

Tetapkan dana batas untuk pembelanjaan anda setiap bulan sehingga anda akan punya batasan mengeluarkan dana setiap bulan. Mudah bukan?

  • Tagihan Bulanan

Pos kedua adalah untuk  tagihan bulanan seperti membayar tagihan listrik, PDAM, TV Kabel, Telpon, iuran kebersihan dan keamanan dari RT. Pos ini jangan sampai kamu lewatkan agar kamu tetap merasa nyaman berada dirumah. Gak lucukan kamu gelap – gelap an karena lupa bayar listrik!

  • Biaya Pendidikan

Berikutnya adalah alokasi untuk biaya  bulanan sekolah anak –anak.   Biaya kursus –kursus pendukung dan bimbingan belajar. Agar pendidikan anak tetap terperhatikan ada baiknya kamu lebih mengutamakan pos pengeluaran ini. Bukankah pendidikan anak juga bagian dari investasi?

  • Premi Asuransi

Setelah tiga post utama terpenuhi maka sisa dana dialokasikan untuk membayar premi asuransi seperti kesehatan, asuransi kendaraan, dan sebagainya. Asuransi sangat penting untuk mengurangi resiko kejadian yang tak terduga dimasa depan. Untuk memilih asuransi yang terjami kamu bisa bertanya kepada pakarnya misalnya agen asuransi atau konsultan keuangan.

  • Tabungan berjangka

Alokasi lain adalah tabungan berjangka, yang dipakai untuk kebutuhan di masa mendatang, seperti dana kuliah, haji, wisata dan sebagainya. Tabungan berjangka bisa menjadi wujud anda untuk mencapai keinginan anda dimasa yang akan datang misalnya akan berlibur kemana atau kampus impian anak anda nantinya.

  • Post tak terduga

Terakhir buatkan pos khusus untuk  biaya tak terduga seperti sumbangan pernikahan,  biaya perbaikan kendaraan, dan sebagainya. Pos ini jangan sampai terlupakan ya jika kamu tidak mau keteteran dengan biaya – biaya yang akan kamu keluarkan nantinya.

Demikianlah sekilas informasi singkat tentang enam pos yang harus diperhatikan dalam keuangan keluarga demi mencapai kehidupan yang lebih sejahtera.

LEAVE A REPLY