Share this post

Hal-Hal Yang Harus Di ingat Dan Dipahami Dalam Polis Asuransi – Setelah kita membeli produk asuransi, kita pasti akan menerima polis asuransi. Namun tak sedikit dari kita saat menerima polis kemudian tidak membaca kembali polis tersebut. Biasanya karena buku polis yang cukup tebal lalu kita enggan membaca. Ada beberapa hal yang penting untuk kita pahami dalam buku polis, yaitu:

Data Polis

Pada bagian data polis terdapat informasi mengenai nama Pemegang Polis, nama Tertanggung, jumlah premi, nama penerima manfaat / ahli waris serta jumlah uang pertanggungan yang akan diterima apabila terjadi risiko. Data Polis ini merupakan informasi dasar yang perlu kita cek dengan baik apakah sesuai dengan apa yang diminta seperti yang tercantum pada surat pengajuan asuransi jiwa dan proposal yang sudah ditandatangani sebelumnya.

Maslahat Asuransi

Pada pasal maslahat asuransi, tercantum ketentuan perihal jenis manfaat yang akan diterima apabila terjadi risiko. Pada polis dasar asuransi unit link, terdapat Maslahat Investasi, Maslahat Meninggal serta Maslahat Akhir Kontrak. Sedangkan pasal maslahat asuransi pada Pertanggungan Tambahan (rider) akan mencantumkan semua jenis manfaat yang akan diterima, tergantung rider yang diambil. Misalnya jika rider penyakit kritis, akan diicantumkan jenis-jenis penyakit kritis apa saja yang mendapatkan pertanggungan.

Apabila ingin mengetahui berapa besar uang pertanggungan untuk asuransi jiwa (pertanggungan dasar) dan masing-masing rider, bisa dilihat pada Data Polis.

Pengecualian

Pasal pengecualian ini penting untuk kita pelajari agar kita bisa mengetahui apa saja yang tidak termasuk dalam pertanggungan pada polis asuransi yang kita miliki. Misalnya kondisi apa yang tidak ditanggung asuransi, apakah ada masa tunggu untuk mendapatkan pertanggungan, apakah ada penyakit tertentu yang tidak ditanggung, dan juga penyebab meninggal dunia yang tidak ditanggung.

Persedur pengajuan klaim

Bagian yang perlu mendapat perhatian juga adalah pasal perihal prosedur pengajuan klaim termasuk persyaratannya. Pada pasal tersebut selain mencantumkan dokumen apa saja yang diperlukan saat mengajukan klaim, biasanya mencantumkan pula batas waktu pengajuan klaim. Dengan mempelajari dan memahami pasal ini, maka kita bisa mengetahui dengan pasti, apa saja dokumen yang harus kita siapkan, sehingga dapat mempercepat proses pembayaran klaim.

Maka, pastikan kita selalu membaca polis asuransi yang kita miliki, dan apabila ada yang kurang dimengerti, segera tanyakan langsung kepada agen penjual maupun kepada customer service perusahaan asuransi tempat kita membeli produk asuransi tersebut.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Hal Yang Harus Di Perhatikan Dalam Memahami Polis Asuransi”, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110.

Related Post

MARCH 23, 2019

Kenali Gejala Kanker Kandung...

Kenali Gejala Kanker Kandung Kemih Sebelum Terjadi – Kanker kandung kemih adalah...

0

MARCH 22, 2019

Terkena Kanker Tiroid Tahap...

Kanker Tiroid Tahap Awal, Gejala Dan Pengobatannya – Apakah sahabat satueters,...

0

MARCH 21, 2019

Kerusakan Otak Sedang Yang...

Kerusakan Otak Sedang Yang Diakibatkan Oleh Cedera Otak – Cedera kepala adalah...

0

MARCH 20, 2019

HS Care Premier Dari Allianz,...

Tahukah sahabat satuters? Bahwa biaya perawatan kamar (saja) di rumah sakit singapore...

0

MARCH 19, 2019

Kenali Penyebab Koma Diabetik...

Kenali Penyebab Koma Diabetik Dan Pencegahannya – Keadaan tidak sadar yang...

0

MARCH 18, 2019

Amputasi Pada Tungkai Kaki /...

Amputasi Pada Tungkai Kaki / Lengan / Tangan Karena Kompilasi Diabetik – Tahukah...

0