Share this post

Inilah Jenis Produk Asuransi Untuk Ibu Melahirkan – Ada begitu banyak ibu-ibu yang menanyakan asuransi untuk melahirkan (atau kehamilan; maternity). Mayoritas adalah ibu-ibu yang sedang hamil. Sayangnya, asuransi untuk melahirkan tidak bisa diambil jika sudah hamil. Sama seperti halnya asuransi untuk sakit yang tidak bisa diambil jika sudah sakit.

Kenapa tidak bisa?

Karena pasti klaim. Perusahaan asuransi, dalam hal ini asuransi swasta, tidak bisa menanggung suatu risiko yang sudah pasti terjadi, karena hitungan bisnisnya tidak masuk. Dan pengertian asuransi itu sendiri adalah untuk berjaga-jaga dari risiko yang belum terjadi tapi mungkin terjadi. Jika risiko sudah terjadi, tentu ini tidak sesuai dengan pengertian asuransi.

Untuk mencegah agar tidak ada orang hamil yang mengambil asuransi untuk melahirkan, produk ini dikenakan masa tunggu 280 hari alias 9 bulan 10 hari, dihitung dari tanggal bergabung ke tanggal melahirkan. Jadi jika ada orang yang sudah hamil 3 bulan baru ikut asuransi, lalu dia melahirkan di bulan ke-6 atau ke-7, maka biaya kelahirannya tidak ditanggung. Kadang memang ada ibu yang melahirkan dini, tapi ini harus didasarkan atas pertimbangan medis.

Jadi, jika ingin biaya melahirkan ditanggung asuransi, ambillah asuransi melahirkan sebelum hamil. Tapi ini pun sebetulnya tidak disarankan. Kenapa?

Pertama, karena melahirkan itu bukan musibah, tapi anugerah. sahabat satuters sendiri yang ingin hamil, kenapa biaya melahirkannya mau anda limpahkan ke pihak lain? Itu tidak adil.

Kedua, dan ini yang terutama: premi asuransi untuk melahirkan itu mahal sekali, hampir sebesar biaya melahirkan yang dapat ditanggung. Misalnya, biaya melahirkan yang ditanggung maksimal 25 juta, preminya sekitar 10 sd 15 juta per tahun, tergantung usia.

Ketiga, jika anda sudah ambil asuransi untuk melahirkan tapi ternyata tidak hamil, anda rugi dua kali. Rugi karena premi hangus, dan rugi karena tidak memperoleh kehamilan (anak) yang diharapkan. Hal ini beda dengan asuransi untuk sakit atau musibah lainnya; jika tidak terjadi sakit, anda hanya rugi telah bayar premi, tapi beruntung karena tidak sakit.

Keempat, waktu melahirkan itu, jika sudah hamil, bisa diketahui. Karena waktunya bisa diketahui, anda bisa mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari dengan cara menabung sejumlah dana yang bakal dibutuhkan. Bandingkan dengan risiko berupa musibah seperti sakit atau kecelakaan atau meninggal dunia, yang waktunya sama sekali tidak bisa diketahui. Asuransi hanya menanggung risiko yang waktunya tidak bisa diketahui.

Kelima, biaya melahirkan itu, setinggi-tingginya, masihlah dapat diukur. Berapa? Tergantung gaya hidup anda. Jika sahabat satuters tak keberatan melahirkan di Puskesmas, biayanya bisa dibilang gratis. Jika melahirkan di bidan, biayanya kisaran ratusan ribu sampai dengan satu jutaan. Jika di rumah sakit, tergantung kelas rumah sakit dan kelas kamar yang sahabat satuters gunakan. Untuk melahirkan normal, standarnya rata-rata antara 3 sd 10 jutaan, untuk melahirkan sesar antara 10 sd 20 jutaan.

Tentu sahabat satuters melahirkan secara sesar di rumah sakit mewah dan di kamar president suite, biayanya akan jauh lebih mahal, bisa di atas 50 jutaan. Tapi semahal-mahalnya biaya melahirkan, masihlah dapat diukur, dapat disesuaikan dengan isi kantong sahabat satuters. Beda dengan biaya sakit, apalagi sakit kritis semacam jantung, kanker, stroke. dan gagal ginjal. Beda juga dengan dampak keuangan yang timbul akibat risiko cacat tetap dan meninggal dunia.

Di Allianz, ada tiga produk yang menyediakan rider untuk melahirkan. Manfaat yang ditanggung meliputi melahirkan normal, melahirkan abnormal, melahirkan dengan operasi caesar, dan pemeriksaan rutin sejak kehamilan sampai setelah melahirkan. Semuanya dilengkapi kartu cashless sehingga tidak perlu setor deposit saat klaim.

Tiga produk tersebut adalah:

  1. Allisya Care
  2. Maxi Violet
  3. Smartmed Premier

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Inilah Jenis Produk Asuransi Untuk Ibu Melahirkan”, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110

Related Post

DECEMBER 7, 2018

Bulbar Palsy Progresif,...

Bulbar Palsy Progresif, Penyakit Genetik dan Langka – Bulbar Palsy Progresif...

0

DECEMBER 6, 2018

Endokarditis Infektif,...

Endokarditis Infektif, Pengertian Dan Penyebabnya – Endokarditis Infektif adalah...

0

DECEMBER 6, 2018

Metastasis Otak, Jenis...

Metastasis Otak, Jenis Penyakit Apa? Serta Bagaimana Pencegahannya? – Pernahkah...

0

DECEMBER 3, 2018

88 Kondisi Penyakit Kritis...

88 Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver –  Asuransi tambahan...

0

NOVEMBER 28, 2018

Gawat! Bagaimana Jika Polis...

Gawat! Bagaimana Jika Polis Asuransi Saya Hilang? – Dewasa ini asuransi memang...

0

NOVEMBER 28, 2018

Program Kado Umroh Allianz,...

Program Kado Umroh Allianz, Ajak Masyarakat Saling Berbagi – PT Asuransi Allianz...

0