Share this post

Inilah Perbedaan Antara Asuransi Individu Dengan Asuransi Kumpulan – Pernahkah sahabat satuters mendengar kata asuransi kumpulan? atau sudahkah sahabat satuters mengetahui perbedaan antara asuransi individu dengan asuransi kumpulan? Kali ini satuterpenting akan membahas mengenai hal ini.

Secara sederhana asuransi individu merupakan asuransi yangh hanya melindungi satu orang saja sedangkan asuransi kumpulan merupakan asuransi yang memberikan perlindungan pada sekelompok orang. Jadi setiap orang yang berada dalam kelompok tersebut merupakan peserta akan mendapatkan perlindungan.

Biasanya fungsi dari asuransi kumpulan ini adalah sebagai fasilitas kesehatan untuk karyawan perusaahaan, koperasi, asosiasi, ormas dan lain-lain. Asuransi kumpulan menawaran asuransi meliputi asuransi jiwa rawat inap, rawat jalan, gigi, kacamata, melahirkan, kecelakaan, cacat dan perawatan jangka panjang.

Berikut ini satuterpenting akan memberikan apa saja perbedaan dari asuransi individu dengan asuansi kumpulan.

  1. Premi

Pada umumnya polis asuransi kumpulan jauh lebih murah dibandingkan polis individu. Asuransi individu hanya menghitung biaya berdasarkan kebiasaaan, gaya hidup dan faktor kesehatan masing-masing individu dalam suatu kelompok. Kelompok yang besar akan mendapatkan premi yang sangat murah daripada kelompok kecil.

  1. Administrasi serta penagihan

Di dalam asuransi kumpulan tidak ada yang namanya pembayaran premi asuransi secara individu melainkan dilakukan oleh perusahaan tersebut. Jadi premi asuransi tersebut di ambil dari pemotongan gaji setiap bulanannya atau iuran bagi setiap anggota peserta asuransi.

  1. Pertanggungan yang diberikan

Pada polis asuransi individu masa pertanggungannya bisa mencapai setahun bahkan bisa lebih menjadi seumur hidup. Namun jika pada asuransi kumpulan hanya berlaku setahun saja setelah itu harus diperpanjang lagi. Karena asuransi kumpulan menerapkan sistem hukum “bilangan besar”. Apabila dalam waktu satu tahun asuransi kumpulan tersebut tidak lagi memenuhi minimal syarat tertentu maka secara otomatis tidak dapat di perpanjang. Namun apabila dalam satu tahun tersebut terdapat banyak klaim maka premi asuransi menjadi tinggi pada tahun ke berikutnya.

  1. Seleksi terhadap resiko

Pada asuransi kumpulan, setiap orang atau anggota dipastikan akan mendapatkan perlindungan dari perusahaan asuransi. Jadi orang tersebut tidak perlu mengikuti prosedur seperti menjawab pertanyaan tentang kesehatan, keuangan dan sebagainya. Nah sedangkan asuransi individu harus melalui semua proses yang biasa di wajibkan kepada calon nasabah serta perusahaan asuransi dapat menyetujui, menolak atau menunda penerbitan polis asuransi.

Untuk informasi lebih lanjut tentang menjadi nasabah Allianz atau menjadi mitra bisnis Allianz sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110.

Related Post

DECEMBER 7, 2018

Bulbar Palsy Progresif,...

Bulbar Palsy Progresif, Penyakit Genetik dan Langka – Bulbar Palsy Progresif...

0

DECEMBER 6, 2018

Endokarditis Infektif,...

Endokarditis Infektif, Pengertian Dan Penyebabnya – Endokarditis Infektif adalah...

0

DECEMBER 6, 2018

Metastasis Otak, Jenis...

Metastasis Otak, Jenis Penyakit Apa? Serta Bagaimana Pencegahannya? – Pernahkah...

0

DECEMBER 3, 2018

88 Kondisi Penyakit Kritis...

88 Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver –  Asuransi tambahan...

0

DECEMBER 1, 2018

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang...

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang Tidak Hanya Mengharumkan Ruangan – Apakah sahabat...

0

DECEMBER 1, 2018

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik...

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik Bagi Tubuh Manusia – Apakah sahabat satuters...

0