Jangan Takut Untuk Memulai Bisnis! Wejangan Sang Pengusaha Kawakan

0
125
Mulai Bisnis

Mulai Bisnis – Bila kamu memilih menjadi pengusaha, kamu adalah pribadi luar biasa. Bayangkan, kamu berani keluar dari zona nyaman dengan penghasilan tak tentu untuk membangun usaha sendiri.

Belum lagi, kamu harus mencari tim handal, menggaji karyawan, memikirkan biaya produksi, pemasaran dan sebagainya. Jadi, adalah hal lumrah bila muncul kekhawatiran untuk gagal. Namun, wejangan ini bisa membantumu menghalau ketakutan tersebut.

Hadapi Ketakutanmu

Pendiri Ford Henry Ford pernah berkata, “Salah satu hal besar dan mencengangkan tentang manusia adalah dia bisa merasa takut dan tahu cara mengatasinya.”

Dunia usaha adalah dunia yang penuh tantangan, ketidakpastian dan kesulitan. Namun, kamu harus terus berjalan ke depan dan menghadapi ketakutan tersebut. Sadar dan jujurlah pada diri sendiri mengenai ketakutan tersebut.

Setelah mengetahui kelemahan dan kekuatanmu, dalami dan kembangkan kelebihanmu. Ingat, rahasia sukses adalah luwes dan siap menerima semua perubahan, bukan diam di tempat.

Baca juga : Makanan yang bisa buat kamu lebih rilex

Memulai

“Bila kamu memiliki mimpi, kamu bisa menghabiskan seluruh hidup untuk belajar, berencana dan bersiap. Namun, tak ada yang lebih baik selain memulainya,” kata Pendiri Dropbox Drew Houston seperti dikutip Entrepeneur.

Layaknya atlet, dia tidak akan tahu sejauh mana sepatu larinya bisa bertahan bila tidak digunakan untuk berlari. Pengusaha bisa saja merasa diam di tempat sehingga enggan memulai hal baru.

Memulai hal baru bisa terasa mengerikan. Namun, bila kamu memimpikan menjadi pengusaha sukses, seringkali kamu perlu menggabungkan ide gila ke dalam sebuah produk. Setelah itu, jual dan berharap yang terbaik.

Mengasah Kemampuan

Kegagalan sebenarnya datang karena kamu terlalu sering menunda dan terlalu lamban. Dari kesuksesan pendiri Facebook Mark Zuckerberg dan pakar investasi Warren Buffett, kesuksesan adalah siap mengasah kemampuan secara terus menerus.

Selalu memulai semuanya di pagi hari dan rencanakan harimu semalam sebelumnya. Demikian, kamu akan selalu siap berkompetisi. Bersiap untuk terus belajar sampai kamu menemukan titik suksesmu.

Bekerja dengan Berkualitas

Kerja keras sampai larut malam dan tak kenal libur tidak sama dengan kerja berkualitas. Bekerja berkualitas melibatkan pengetahuan dan pakarnya. Pengusaha sukses Sam Ovens menyarankan, langsung cari ilmu sebanyak mungkin ketika mulai terjun ke suatu bisnis.

Tidak mudah untuk bekerja secara berkualitas. Hal itu butuh energi, sumber daya dan waktu untuk membuat perbedaan dalam hidup. Namun, hanya bekerja yang berkualitaslah yang bisa meningkatkan nilai-nilai pada konsumen.

Jangan Pernah Menyerah

Politisi Nelson Mandela pernah menyebut, “Semua terasa tidak mungkin sampai kamu hampir menyelesaikan semuanya,” katanya. Pada awalnya, semua memang terasa menakutkan dan tidak pasti.

Kamu mungkin sering merasa bahwa bisnis yang ingin kamu tekuni terasa tak masuk akal dan menarik. Namun, dunia pengusaha memang identik dengan ketidakpastian. Hadapi ketakutanmu dan fokus dengan yang ingin kamu lakukan ke depan.

Hal itu bisa menjadi dasar membangun bisnis. Perlu juga untuk merasa bahwa semua langkah dan perjuanganmu membangun bisnis berdasarkan hati senang. Menurut pendiri Virgin Group Richard Branson, hati senang dapat menjadi salah satu hal penentu karier.

LEAVE A REPLY