Share this post

Jenis Obat Yang Dapat Merusak Hati, Waspadalah! – Obat dibuat memang diperuntukkan untuk mengobati berbagai penyakit. Namun tidak semua obat bila di konsumsi baik untuk tubuh. berbagai jenis obat sangat mudah di temui di pasaran, yang dijual secara bebas dan tanpa resep dokter. Tetapi biasanya obat-obata yang telah beredar di pasaran biasanya akan melewati uji medis secara ketat. Namun apabila obat di konsumsi secara berlebihan maka akan menimbulkan kerusakan hati.

Setiap obat yang kita konsumsi, terlebih dahulu akan melewati hati untuk di pecah sebelum disebarkan ke tubuh. ketika zat kimia dari obatan tersebut tidak dapat dipakai lagi maka akan dibuang oleh hati agar tidak tertumpuk menjadi racun.

Berikut ini ada beberapa obat yang dapat merusak hati, jika di konsumsi secara berlebihan :

  1. Analgetik

Obat analgetik biasanya digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri. Obat ini akan berefek langsung pada ginjal jika di konsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

  1. Obat hipertensi

Obat hipertensi ini sering di pakai untuk mengobatan tekanan darah yang tinggi. Obat ini mengatur enzim yang dapat merubah angitensi dan merusak ginjal. Penyerapan darah ke ginjal akan menjadi terhalang yang mengakibatkan lambatnya fungsi ginjal.

  1. Obat anti virus

Obat anti virus yaitu asiklovir, yang sangat rentan menimbulkan kerusakan pada ginjal, walaupun obat ini langsung bekerja di lokasi DNA polymerase virus tersebut namun virus tidak akan terbentuk sempurna karena terhamabt oleh proses sintesis. Pasien yang diberi obat jenis ini akan mengalami dehidrasi yang dapat mengganggu fungsi ginjal jika di berikan dosis yang tinggi.

  1. Ibu profen

Obat ini digunakan untuk meredakan nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi, nyeri haid, nyeri otot serta menurunkan demam dan pilek dan batuk. Namun tahukan sahabat satuters jika efek samping dari obat ini akan merusak ginjal.

  1. Antibiotik

Antibiotik akan menjadi berbahaya jika tidak di konsumsi secara benar. Misalnya saja amoxicillin yang dipergunakan untuk pengobatan sinus, brokitis serta tenggorokan. Kerusakan hati dapat terjadi setelah sahabat satuters mulai menggunakannya bahkan bila menghentikannya. Maka dari itu sangat dilarang agar tidak mengkonsumsi alkohol selama menggunkan obat ini. Obat  antibiotik diantaranya sulfonamide, tetracycline, dan trimethoprim/sulfamethoxazole, clindamycin, erythromycin, nitrofurantoin dan rifampin.

Lindungilah diri anda dan keluarga dengan asuransi kesehatan dari Allianz yang terpercaya. Hubungi Call Center Allianz | HP/WA : 0812 1218 8110 (Konsultasi Gratis)

Related Post

FEBRUARY 18, 2019

Apa Itu Penyakit Full...

Apa Itu Penyakit Full Blown AIDS, Berbahayakah Bagi Manusia? – Tak banyak orang...

0

FEBRUARY 17, 2019

Penyakit Sapi Gila Akibat...

Penyakit Sapi Gila Akibat Gangguan Pada Otak Yang Terkena Infeksi – Penyakit...

0

FEBRUARY 16, 2019

Ciri-ciri Penyakit Kaki Gajah...

Ciri-ciri Penyakit Kaki Gajah Yang Terjadi Pada Seseorang – Penyakit kaki gajah...

0

FEBRUARY 15, 2019

Perbaikan Tulang Belakang...

Perbaikan Tulang Belakang Yang Melengkung Dengan Operasi Scoliosis Idiopatik –...

0

FEBRUARY 14, 2019

Daya Tahan Tubuh Sering...

Daya Tahan Tubuh Sering Menurun? Waspada Tuberkulosis Meningitis...

0

FEBRUARY 13, 2019

Struktur Tulang Menjadi Rapuh...

Struktur Tulang Menjadi Rapuh Akibat Penyakit Osteogenesis Imperfecta –...

0