Kapan Berakhirnya Pertanggungan Asuransi Jiwa?

Kapan Berakhirnya Pertanggungan Asuransi Jiwa? – Taukah sahabat satuters jika asuransi jiwa juga memiliki waktu, yang suatu saat bisa berakhir, hal ini karena sesuai dengan kententuan kontrak atau bisa dengan alasan tertentu, sehingga dapat menyebabkan berakhirnya ikatan asuransi dari pihak si pemegang polis asuransi dengan perusahaan asuransi. Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Terjadinya Avenemen

Avenemen adalah suatu peristiwa yang tidak diharapkan terjadi dan secara subyektif di ketahui bahwa peristiwa itu belum timbul sebelumnya dan tidak ada kepastian bahwa peristiwa tersebut akan terjadi. Maka perjanjian masih secara sah berlaku asalkan si pemegang polis sama sekali tidak mengetahui peristiwa tersebut telah terjadi atau pasti akan terjadi. Asuransi evenement biasa disebut dengan resiko.

Nah jadi jika salah satu avenemen yang biasanya menjadi beban penanggung yaitu karena pihak tertanggung meninggal dunia. Kepada evenemen seperti ini maka akan di adakan asuransi jiwa oleh pemegang polis dan perusahaan asuransi. Jika selama jangka wakut sesuai terjadi hal yang menyebablkan pemegang polis meninggal dunia, maka pihak perusahaan asuransi diwajibkan memberikan uang santunan kepada ahli waris, maka berakhir juga asuransi jiwa yang tertanggung.

2. Jangka Waktu Telah Berakhir

Di dalam asuransi, tidak selamanya eveneme menjadi penyebab berakhirnya ikatan kontrak asuransi, namun ada juga beban penanggung terjadi sampai berakhirnya jangka waktu perjanjian asuransi jiwa. Misalnya saja jangka waktu masa kontrak asuransi selesai dan tidak terjadi evenemen. Maka beban resiko dari perusahaan asuransi akan berakhir pula.

Selain itu perusahaan asuransi tetap harus mengembalikan sejumlah uang sesuai hutang yang tercatat tapi dengan catatan selama perjanjian si pemegang polis tidak pernah mengalami resiko apapun.

3. Berakhir Karena Gugur

Dalam ketentuan Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) pasal 306 tentang perjanjian asuransi disebutkan :

apabila orang yang diasuransikan jiwanya pada saat diadakan asuransi ternyata sudah meninggal, maka asuransinya gugur, meskipun pihak tertanggung tidak mengetahui kematian tersebut kecuali jika diperjanjikan lain”

4. Berakhir Karena Dibatalkan

Perjanjian bisa berakhir jika dibatalkan oleh si pemegang polis sebelum selesainya masa berlaku perjanjian asuransi. Alasan pembatalan misalnya pemegang asuransi tidak melanjutkan pembayaran premi seperti yang sudah di atur dalam perjanjian atau karena pemegang polis melakukan permohonan pembatalan sendiri. Keputusan pembatalan tersebut dapat terjadi sebelum tertanggung membayar premi atau sudah membayar premi.

Taukah sahabat satuters jika di negara-negara maju seperti di Eropa dan Amerika, sebagian besar masyrakatnya sadar dan peduli akan pentingnya memiliki asuransi. Sehingga mereka tidak perlu di tawari produk asuransi, justru malah mereka sengaja mencari layanan dan produk asuransi yang sesuai kebutuhan.

Namun hal ini sangat jauh berbeda jika melihat realita di negara berkembang seperti Indonesia, karena kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya asuransi dan manfaatnya. Mereka masih menganggap bahwa asuransi justru menghambur-hamburkan uang karena mereka masih bisa menyimpan sendiri dan digunakan sewaktu-waktu untuk berbagai keperluan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang asuransi, bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.

Related Post

MAY 8, 2018

Berniat Menutup Polis...

Berniat Menutup Polis Asuransi? Sebaiknya Perhatikan Hal Ini Dulu – Sahabat...

0

MAY 8, 2018

Cara Jitu Agar Pria Lajang,...

Cara Jitu Agar Pria Lajang, Pandai Mengatur Uang Pribadi – Apakah sahabat satuters...

0

MAY 7, 2018

Allianz, Bisnis Yang Terbuka...

Allianz Bisnis Yang Terbuka Untuk Semua Kalangan – Ketika sahabat satuters bertemu...

0

MAY 7, 2018

Orang Zaman Now, Wajib...

Orang Zaman Now, Wajib Hindari Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan – Namun sahabat...

0

MAY 6, 2018

Agen Asuransi Yang Sukses...

Agen Asuransi Yang Sukses Wajib Memiliki Pola Pikir Seperti Ini – Bagian 1 –...

0

MAY 6, 2018

Tips Cerdas Mengatur Keuangan...

Tips Cerdas Mengatur Keuangan Setelah Bayi Lahir – Setiap pasangan yang menjalankan...

0

Leave a Comments