Share this post

Kebiasaan Buruk Ini Yang Dapat Merusak Organ Hati – Tahukah sahabat satuters bahwa hati atau liver adalah organ kedua terbesar dalam tubuh kita. Setelah kulit? Hati juga memiliki beragam fungsi vital, seperti mengeluarkan racun dalam darah, menyimpan energi, menghancurkan lemak, melawan infeksi, pembekuan darah, memproduksi cairan empedu, untuk memecah lemak, serta metabolisme kolesterol, gula, dan besi. Selain itu hati juga termasuk satu-satunya organ yang bisa beregenerasi sendiri. Sehingga, kerusakan hati biasanya tidak menunjukkan gejala yang khas sampai kerusakannya sudah cukup parah.

Berikut ini ada beberapa hal yang dapat merusak hati, yaitu :

1. Alkohol

Banyak orang yang telah mengetahui akan bahayanya meminum Alkohol. Karean alkohol merupakan racun bagi tubuh. Ketika mengonsumsi alkohol, hati akan bekerja lebih keras lagi untuk membuang racun dari dalam tubuh dan sebagian sel hati rusak dan bahkan mati. Konsumsi alkohol dalam jumlah banyak dan waktu yang lama dapat merusak organ hati, menyebabkan fatty liver (perlemakan hati akibat alkohol) bahkan sirosis hati.

2. Makanan dan minuman

Makanan yang tinggi akan kandungan garam akan menyebabkan penumpukan cairan dan pembengkakan pada hati. Dan minuman yang tinggi akan gula juga seperti soft drink dapat menyebabkan penyakit metabolik lain, yang dapat menyebabkan penumpukan lemak di hati.

3. Obat-obatan

Ketika mengkonsumsi obat maka secara otomatis sel-sel yang berada di dalam hati akan mengalami peradangan sementara. Serta ada beberapa obat, apabila dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka panjang maka akan menyebabkan kerusakan hati secara permanen. Obat-obatan yang umumnya dapat merusak hati adalah asetaminofen (obat demam), statin dan niasin (obat kolesterol), nitrofurantoin, tetrasiklin dan isoniazid (antibiotik), dan metotreksat (obat antikanker).

4. Rokok

Kebiasaan merokok dapat memberikan efek yang negatif ke hati, yaitu racun, imunologi, dan keganasan. Seseorang yan terkena racun rokok secara langsung maupun tidak ternyata dapat merusak sel hati dan menimbulkan peradangan bahkan merenggut nyawa. Serta rokok juga dapat meningkatkan risiko kanker hati pada penderita yang terinfeksi hepatitis.

5. Kebersihan Lingkungan Yang Buruk

virus hepatitis A dan E dapat menular melalui kebersihan lingkungan yang buruk. Karena virus ini dapat menular menyebabkan kerusakan hati. Kebersihan diri sendiri yang kurang baik juga dapat meningkatkan risiko tertular virus hepatitis A dan E.

Lindungilah diri anda dan keluarga dengan asuransi kesehatan dari Allianz yang terpercaya. Hubungi Call Center Allianz | HP/WA : 0812 1218 8110 (Konsultasi Gratis)

Related Post

FEBRUARY 18, 2019

Apa Itu Penyakit Full...

Apa Itu Penyakit Full Blown AIDS, Berbahayakah Bagi Manusia? – Tak banyak orang...

0

FEBRUARY 17, 2019

Penyakit Sapi Gila Akibat...

Penyakit Sapi Gila Akibat Gangguan Pada Otak Yang Terkena Infeksi – Penyakit...

0

FEBRUARY 16, 2019

Ciri-ciri Penyakit Kaki Gajah...

Ciri-ciri Penyakit Kaki Gajah Yang Terjadi Pada Seseorang – Penyakit kaki gajah...

0

FEBRUARY 15, 2019

Perbaikan Tulang Belakang...

Perbaikan Tulang Belakang Yang Melengkung Dengan Operasi Scoliosis Idiopatik –...

0

FEBRUARY 14, 2019

Daya Tahan Tubuh Sering...

Daya Tahan Tubuh Sering Menurun? Waspada Tuberkulosis Meningitis...

0

FEBRUARY 13, 2019

Struktur Tulang Menjadi Rapuh...

Struktur Tulang Menjadi Rapuh Akibat Penyakit Osteogenesis Imperfecta –...

0