Share this post

Kebutaan, Kenali Lebih Dekat Gejala dan Penyebabnya – Mata merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh manusia. Karena dengan mata seseorang dapat melihat dunia dan melakukan berbagai aktivitas. Mata sama halnya dengan organ tubuh lainnya ia dapat terkena penyakit dan mengalami penurunan fungsi, hal ini bisa diakibatkan oleh infeksi virus maupun bakteri yang meresap ke dalam selaput lender mata.

kebutaan adalah suatu kondisi dimana mata kehilangan kemampuan untuk melihat sesuatu bahkan cahaya sekalipun. Penderita kebutaan biasanya akan mengalami ganggguan pada penglihatan terlebih dahulu dan kemudian berujung pada kebutaan apabila tidak mendapatkan pengobatan secara cepat dan tepat.

Kebutaan dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia karena berbagai alasan, diantaranya :

1. Katarak

Penyakit katarakan biasanya disebabkan karena kekeruhan dari lensa yang jernih pada satu atau kedua mata, sehingga cahaya tidak masuk melalui mata atau dengan kata lain cahaya yang masuk menuju mata terhalang oleh keruhnya lensa mata.

2. Glaukoma

Adalah istilah yang digunakan untuk sekelompok penyakit mata, dimana tekanan cairan didalam mata meningkat yang menyebabkan kerusakan pada saraf optik, yang menyebabkan penglihatan pandangan mata semakin berkurang sehingga mata menjadi buta permanen.

3. Retinopati diabetik

Adalah penyakit mata yang diakibatkan oleh efek jangka panjang dari penyakit diabetes. Tingginya kadar gula darah yang disebabkan oleh diabetes mengakibatkan pada kerusakan pembuluh darah pada retina bocor / rusak sehingga pengilihatan menjadi terganggu bahkan menyebabkan kebutaan.

4. Trakoma

Adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Chalamydia Trachomatis. Infeksi ini menyebar melaui cairan dari mata dan hidung atau menggunakan barang yang dipakai oleh penderita yang terinfeksi misalnya sapu,handuk maupun pakaian), sehingga penderita akan mengalamu iritasi ringan, keluarnya nanah dan kotoran mata, penglihatan menjadi kabur, sakit mata, mata menjadi peka terhadap cahaya dan terasa gatal.

5. Degenerasi Makula

Degenerasi Makula akibat kerusakan makula (ujung saraf di retina) yaitu suatu bintik kecil dibagian tengah retina yang berfungsi untuk melihat sesuatu dengan jelas serta memandang lurus kedepan. Degenerasi Makula sangat berkaitan dengan orang-orang pada usia lanjut yaitu 50 tahun atau lebih.

Asuransi Penyakit Kritis – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam mengklaim penyakit kritis yaitu Kebutaan.

Kebutaan

“Kehilangan daya penglihatan dari kedua mata yang total dan tidak dapat disembuhkan sebagai akibat dari penyakit atau kecelakaan. Kebutaan tersebut harus didiagnosa oleh dokter spesialis mata (opthalmologist).”

Klik disini untuk melihat list 49 Jenis Penyakit Kritis Allianz

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110 (Gratis)

Related Post

DECEMBER 9, 2018

Hidrosefalus (Kepala Air),...

Hidrosefalus (Kepala Air), Penjelasan dan Penyebabnya – Hidrosefalus...

0

DECEMBER 8, 2018

Keretakan Kecelakaan Pada...

Keretakan Kecelakaan Pada Kolom Tulang Belakang – Cedera saraf tulang belakang...

0

DECEMBER 7, 2018

Bulbar Palsy Progresif,...

Bulbar Palsy Progresif, Penyakit Genetik dan Langka – Bulbar Palsy Progresif...

0

DECEMBER 6, 2018

Endokarditis Infektif,...

Endokarditis Infektif, Pengertian Dan Penyebabnya – Endokarditis Infektif adalah...

0

DECEMBER 5, 2018

Metastasis Otak, Jenis...

Metastasis Otak, Jenis Penyakit Apa? Serta Bagaimana Pencegahannya? – Pernahkah...

0

DECEMBER 4, 2018

88 Kondisi Penyakit Kritis...

88 Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver –  Asuransi tambahan...

0

Leave a Comments