Share this post

Keuntungan-Keuntungan Menggunakan Asuransi Syariah – Di Indonesia sendiri industri keuangan syariah ada sejak periode tahun 1990. Dan hampir 30 tahun lamanya telah melayani kebutuhan masyarakat. Untuk saat ini sudah sejauh manakah masyarakat mengetahui manfaat dari produk syariah? Apakah hanya sebatas sesuai syariat dan yang terkait dengan hal halal-haram saja?

Salah satu produk keuangan dalam jangka panjang yaitu asuransi syariah selain produknya sesuai denga syariat agama islam, asuransi syariah juga menawarkan banyak keuntungan yang akan diberikan oleh setiap nasabahnya. Asuransi syariah selalu mengutamakan asas untuk saling membantu antar sesama nasabah asuransi dan bukan ditanggung sepenunya oleh perusahaan asuransi, layaknya seperti produk asuransi konvensional.

Lalu seperti apakah manfaat lain dari produk asuransi syariah? berikut ulasannya :

  1. Prinsip tolong meolong

Di dalam asurasi syariah sendiri, memiliki dasar prinsip saling tolong menolong dan menggunakan konsep donasi, sehingga ketika sahabat satuters memiliki asuransi syariah, maka secara otomatis sahabat satuters telah mendonasikan sebagian dana untuk membantu nasabah lain yang sedang terkena musibah. Jadi dengan konsep seperti ini, tidak ada dana yang hilang saat berinvestasi. Justru pada periode tertentu, semua keuntungan  yang sahabat satuters peroleh, akan dibagi rata dengan pihak yang sama-sama telah  merasakan kenyaman dana yang tersimpan aman.

  1. Memakai konsep Risk Transfer, bukan Risk Sharing

Asuransi syariah menggunakan konseo risk sharing, hal ini lebih menguntungkan daripada asuransi konvensional yang menggunakan risk transfer, sehingga perusahaan asuransi yang sebagai operator asuransi tidak akan mengalami kerugian, sebab risikonya bukan berada di perusahaan.

  1. Tidak ada dana hangus

Di dalam asuransi konvensional sahabat satuters akan mengenal istilah dana hangus, apabila tidak membayar premi sesuai dengan syarat minimal waktu yang telah disepakati di awal. Namun hal ini tidak berlaku di asuransi syariah kerena nasabah asuransi syariah bisa mendapatkan uangnya meskipun belum jatuh tempo.

  1. Tidak ada riba atau larangan lainnya

Di dalam transakis keuangan syariah, ada beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan seperti riba, gharar (ketidakjelasan dana dan maisir (judi). jika sahabat satuters mengambil produk perusahaan asuransi syariah, maka dana yang akan di kelola diproses sesuai dengan persetujuan dari awal, untuk terhindar dari transaksi terlarang tersebut.

Baca juga : Keunggulan Asuransi Allianz Syariah yang Terpercaya

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Keuntungan-Keuntungan Menggunakan Asuransi Syariah”, Untuk informasi lebih lanjut tentang asuransi atau menjadi mitra bisnis Allianz, sahabat satuters bisa mengikuti ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110.

Related Post

DECEMBER 6, 2018

Endokarditis Infektif,...

Endokarditis Infektif, Pengertian Dan Penyebabnya – Endokarditis Infektif adalah...

0

DECEMBER 6, 2018

Metastasis Otak, Jenis...

Metastasis Otak, Jenis Penyakit Apa? Serta Bagaimana Pencegahannya? – Pernahkah...

0

DECEMBER 3, 2018

88 Kondisi Penyakit Kritis...

88 Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver –  Asuransi tambahan...

0

DECEMBER 1, 2018

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang...

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang Tidak Hanya Mengharumkan Ruangan – Apakah sahabat...

0

DECEMBER 1, 2018

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik...

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik Bagi Tubuh Manusia – Apakah sahabat satuters...

0

NOVEMBER 30, 2018

Jenis Makanan Ini Ternyata...

Jenis Makanan Ini Ternyata Tidak Boleh Disimpan Di Lemari Es Lho – Apakah sahabat...

0