Kiat Mudah Memilih Tanah Untuk Dijadikan Investasi

0
175
kiat mudah
kiat mudah

Kiat Mudah – Saat ini investasi yang paling menguntungkan adalah investasi tanah. Tanah merupakan aset tidak bergerak yang bisa dibilang sangat menguntungkan bagi pemiliknya.

Kebutuhan untuk memiliki sebuah tanah terus meningkat, hal ini disebabkan karena mulai banyak keluarga baru yang membutuhkan tempat tinggal ataupun lahan untuk membangun bisnis dan sebagianya. Hal ini merupakan peluang yang sangat bagus bagi kamu yang ingin berivestasi.

Namun sebelum kamu memilih tanah, ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan, agar nantinya tanah yang dibeli tersebut bisa menjadi investasi yang mendatangkan keuntungan berlipat.

Baca Juga : Tips Memulai Investasi Yang Aman dan Terukur

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli tanah yaitu

1. Lokasi Tanah Yang Strategis

Lokasi tanah merupakan salah satu faktor yang paling penting. Jadi sebelum kamu mengambil keputusan untuk mengalokasikan dana pada sebidang tanah tertentu yang akan kamu miliki, selalu perhatikan lokasi tanah tersebut bisa berpotensi baik atau tidak untuk jangka waktu panjang. Biasanya tanah yang berlokasi di pusat-pusat bisnis dan industri mengalami kenaikan harga yang sangat tajam, sama halnya dengan kawasan pemukiman.

2. Kondisi Tanah Yang Akan Ditempatkan

Yang dimaksud disini adalah dapat meliputi banyak hal. Diantarnya bentuk tanah, kerataan dan kepadatan tanah, ukuran tanah serta arah tanah. Biasanya calon pembeli lebih menyukai tanah yang berbentuk persegi ataupun trapesium. Namun adakalanya juga sebagian pembeli merasa tidak mau dengan tanah yang berbentuk persegi panjang yang lebar karena bagian mukanya atau depannya terlihat kurang bagus. Biasanya mereka lebih berminat dibagian depannya 40-75% dari total panjang tanah tersebut.

Untuk kerataan dan kepadatan tanah juga harus diperhatikan, karena pembeli lebih menyukai tanah yang rata dan juga padat. Apabila tanah tidak rata dan padat tentu saja akan membutuhkan biaya yang sangat banyak untuk memperbaikinya. Dan akan menjadi kelemahan dalam proses negoisasi.

3. Kelengkapan Surat

Sebelum kamu memilih dan membeli tanah ada sebaiknya kamu memperhatikan keabsahan surat-surat kepemilikannya dan jika nama yang tercantum ada didalam sertifikat tersebut adalah nama pemilik tanah maka proses selanjutnya akan menjadi lebih mudah.

LEAVE A REPLY