Share this post

Luka Bakar Derajat Tiga Yang Menyebabkan Kecacatan Pada Kulit – Luka bakar adalah kerusakan jaringan permukaan tubuh yang disebabkan oleh panas suhu tinggi yang menimbulkan reaksi pada sistem metabolisme. Luka bakar bisa dikatakan sebagai luka yang sangat mengerikan karena kulit akan terkelupas bahkan dagingpun terlihat seperti menghitam matang, hal ini terjadi pada kondisi luka bakar dalam. Namun untuk luka bakar yang cukup ringan saja pun sudah merasakan sakit yang sungguh luar biasa panasnya.

Derajat Luka Bakar

Luka bakar yang berat akan menunjukkan morbiditas dan derajat cacat yang relative tinggi dibandingkan dengan cedera oleh sebab lainnya. Biasanya untuk dapat menentukan derajat luka bakar pada saat dirumah sakit akan dilakukan pemeriksaan yang lebih lanjut. Karena luka bakar ditentukan berdasarkan kedalaman luka, luas luka dan letak dimana luka bakar berada. Berikut penjelasannya :

1. Derajat satu yaitu kulit yang terbakar hanya mengenai lapisan teratas saja. Kuliit akan tampak seperti kemerahan dan kemungkinan akan mengalami pembengkakan, serta akan menimbulkan rasa nyeri dan biasanya akan membaik dengan sendrinya dalam waktu 3 hari.

2. Derajat dua yaitu kulit yang terbakar akan mengenai lapisan kedua, yang pada umumnya akan mengakibatkan kulit menjadi bengkak lepuh (berair), adanya bercak merah dan kulit terasa nyeri.

3. Derajat tiga yaitu tingkatan yang sangat serius, yang harus segera mendapatkan pertolongan medis. Pada umumnya penderita tidak akan merasakan nyeri (mati rasa), hal ini dikarenakan saraf yang mati akibat luka bakar yang mengenai jaringan saraf. Luka bakar juga dapat mempengaruhi otot, tulang dan akan menimbulkan bercak putih pada kulit.

Kali ini satuterpenting hanya akan membahas tentang luka bakar derajat 3, karena merupakan cedera cukup parah. Luka bakar derajat 3 dapat diklarifikasi berdasarkan penyebab, kedalaman dan keseriusan luka yaitu :

Luka Bakar Derajat Tiga, dapat dikenali dengan ciri-ciri berikut :

  1. Kerusakan yang meliputi seluruh lapisan dermis dan lapisan dalam. Organ-organ kulit seperti folikel rambut, kelenjar keringat, kelenjar sabesea mengalami kerusakan.
  2. Tidak dijumpai bullae
  3. Kulit yang terbakar akan berwarna putih hingga merah, coklat ataupun hitam.
  4. Terjadinya koagulasi protein pada epidermis dan dermis yang disebut dengan eksar
  5. Tidak merasakan nyeri dan hilang sensasi karena ujung saraf sensorik telah mengalami kerusakan atau kematian.

Asuransi Penyakit Kritis – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam mengklaim penyakit kritis yaitu Luka Bakar Derajat Tiga.

Luka Bakar

“Luka bakar derajat tiga (Seluruh lapisan kulit) minimal 20% (dua puluh persen) dari luas permukaan tubuh tertanggung.”

Klik disini untuk melihat list 49 Jenis Penyakit Kritis Allianz

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110 (Gratis)

Related Post

DECEMBER 7, 2018

Bulbar Palsy Progresif,...

Bulbar Palsy Progresif, Penyakit Genetik dan Langka – Bulbar Palsy Progresif...

0

DECEMBER 6, 2018

Endokarditis Infektif,...

Endokarditis Infektif, Pengertian Dan Penyebabnya – Endokarditis Infektif adalah...

0

DECEMBER 6, 2018

Metastasis Otak, Jenis...

Metastasis Otak, Jenis Penyakit Apa? Serta Bagaimana Pencegahannya? – Pernahkah...

0

DECEMBER 3, 2018

88 Kondisi Penyakit Kritis...

88 Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver –  Asuransi tambahan...

0

DECEMBER 1, 2018

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang...

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang Tidak Hanya Mengharumkan Ruangan – Apakah sahabat...

0

DECEMBER 1, 2018

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik...

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik Bagi Tubuh Manusia – Apakah sahabat satuters...

0

Leave a Comments