Share this post

Manfaat Asuransi Syariah – Banyak dari kalangan masyarakat yang masih ragu bahkan belum mengetahi tentang manfaat asuransi syariah. Apakah sebatas sesuai syariat islam atau hanya terkait dalam hal halal dan haram saja? Maka dari itu sahabat satuters perlu mengetahui tentang asuransi syariah di Indonesia saat ini.

Asuransi syariah merupakan produk keuangan jangka panjang yang banyak melayani skema syariah. Selain sesuai dengan syari’at agama islam, produk ini juga menawarkan banyak keuntungan yang akan diberikan kepada nasabahnya.

Dalam menjalankan sistem syariah, selalu mengedepankan untuk saling bantu antara sesama nasabah bukan ditanggung penuh oleh perusahaan asuransi seperti produk konvesional. Apa sajakah manfaat lain dari asuransi syariah? Berikut penjelasannya :

1. Saling Tolong Menolong

Asuransi syariah mempunya prinsip saling tolong menolong dan menggunakan konsep donasi. Jadi Ketika sahabat satuters akan membeli asuransi yang berbasis syariah, maka berarti kamu telah mendonasikan sebagian dana untuk bisa membantu para nasabah lainnya yang sedang mengalami musibah. Jadi dengan konsep seperti ini tidak ada dana yang hilang selama berinvestasi serta keuntungan yang didapat dibagi secara rata oleh kedua belah pihak, jadi tidak ada yang merasa dirugikan.

2. Konsep Risk Transfer

Jika di asuransi konvensional memakai konsep Risk Transfer, maka diasuransi syariah pada umumnya memakai konsep Risk Transfer sehingga perusahaan asuransi tidak akan mengalami kerugian, dikarenakan resikonya bukan berada diperusahaan. Serta manfaat bagi si pemegang polis adalah kumpulan dana Tabarrunya (seperti premi kalau diasuransi  konvesional) yang dapat diambil manfaatnya bila dibanding dengan asuransi konvesional serta nasabah teras lebih adil.

Baca Juga : Apakah Produk Asuransi Syariah Allianz Halal?

Asuransi Allianz Dengan Produk Asuransi Syariah

Biasanya kalau di asuransni konvesional dikenal dengan istilah uang hangus jika tidak membayar premi sesuai dengan syarat minimal  waktu yang telah disepakati. Namun bila di Asuransi Syariah nasabah akan mendapatkan uangnya kembali walaupun belum jatuh tempo.

Kok bisa? Hal ini dikarenakan asuransi syariah menggunakan konsep wadah (titipan), Nah  jadi dana akan dikembalikan dari rekening peserta yang telah dipisahkan dari rekening Tabarru’.

4. Tidak Mengandung Riba

Setiap umat islam pasti menghindari transaksi yang mengandung riba, gharar (ketidakjelasan dana) dan maisir (judi). Maka di transaksi syariah ini dilarang melakukan hal-hal tersebut.

Misalkan saja akad yang digunakan adalah Mudharabah yaitu suatu akad kerja sama dimana peserta menyediakan 100% modal dan dikelola oleh perusahaan asuransi dengan menentukan kontrak bagi hasil.

Jika nasabah asuransi syariah mengajukan klaim, dana klaim berasal dari rekening Tabarru’ (kebajikan) seluruh peserta.  jadi sangatlah berbeda dengan klaim asuransi asuransi konvensional.

Satuterpenting kami melindungi masa depan keluarga Anda bersama Agen Allianz didaerah  Anda dan Agen Allianz Jakarta, apa yang menjdai satuterpenting bagi Anda?

Related Post

MAY 22, 2019

Penyakit Yang Menyerang Otot...

Penyakit Yang Menyerang Otot Manunsia, Muscular Dystrophy – Muscular Dystrophy (Md)...

0

MAY 21, 2019

Nyeri Tulang Punggung Yang...

Nyeri Tulang Punggung Yang Berakibat Kelumpuhan, Akibat Penyakit Ini – Mielitis...

0

MAY 20, 2019

Menderita Kerusakan Otak...

Menderita Kerusakan Otak Sedang Akibat Benturan Di Kepala – Cedera kepala adalah...

0

MAY 19, 2019

Penyakit Osteoporosis Berat,...

Penyakit Osteoporosis Berat, Mengakibatkan Keretakan Pada Tulang – Osteoporosis...

0

MAY 17, 2019

Otot Wajah & Kaki Mulai...

Otot Wajah & Kaki Mulai Melemah? Waspada Penyakit Myasthenia Gravis – Myastenia...

0

MAY 15, 2019

Memiliki Kelainan Pada Kulit?...

Memiliki Kelainan Pada Kulit? Waspada, Bisa Jadi Terkena Penyakit Ini – Scleroderma...

0

Leave a Comments