Share this post

Manfaatkan Semaksimal Mungkin Asuransi Kendaraan Lewat Deductible – Yang perlu diketahui selain manfaat dasar dan perluasan manfaat, dalam asuransi kendaraan juga terdapat komponen deductible.  Deductible atau bisa juga disebut dengan own risk/risiko sendiri, menjelaskan jumlah tertentu yang harus dibayar pemegang polis jika terjadi klaim.

Ketika membeli asuransi kendaraan, siapapun akan menginginkan manfaat perlindungan yang maksimal dengan biaya premi yang terjangkau. Semakin lengkap manfaat yang kita inginkan akan mempengaruhi premi asuransi yang harus dibayarkan. Yang perlu diketahui selain manfaat dasar dan perluasan  manfaat, dalam asuransi kendaraan juga terdapat komponen deductible. Deductible atau bisa juga disebut dengan own risk/ risiko sendiri, menjelaskan jumlah tertentu yang harus dibayar pemegang polis jika terjadi klaim.

Sebagai contoh, ketika mobil kita mengalami kecelakaan dengan total kerugian sebesar Rp 5 juta rupiah dan deductible yang telah disepakati sebesar Rp 300 ribu, perusahaan asuransi akan membayarkan Rp 4,7 juta rupiah. Sebagai pemegang polis, kita harus membayar sebesar Rp 300 ribu sebagai risiko yang ditanggung sendiri.

Deductible biasanya diaplikasikan untuk setiap kejadian. Yang dimaksud dengan kejadian adalah ketika kerusakan terjadi dalam serangkaian peristiwa yang tidak terputus. Jika terdapat beberapa panel atau bagian mobil yang rusak dan kerusakan tersebut berlangsung dalam satu kejadian, akan diberlakukan satu kali deductible. Jika dalam penyampaian klaim didapati beberapa kejadian, biasanya akan diterapkan lebih dari satu kali deductible.

Dalam prakteknya, petugas klaim dapat menentukan berapa banyak deductible yang akan diterapkan. Pemilik polis harus menyampaikan kronologi sesuai kondisi dan informasi sebenarnya, sehingga dapat diketahui apakah kerusakan terjadi dalam serangkaian peristiwa yang tidak terputus atau ada beberapa peristiwa terpisah. Petugas klaim juga akan menjelaskan dasar penerapan deductible kepada pemegang polis.

Penerapan deductible akan ditinjau kembali setiap kali perpanjangan polis. Biasanya, penyebab dan besarnya klaim di tahun sebelumnya akan menjadi bahan pertimbangan besaran deductible yang akan dikenakan. Fungsi deductible adalah menciptakan rasa tanggung jawab pemilik polis, karena perusahaan asuransi tidak menanggung seluruh risiko yang mungkin dialami. Dengan adanya risiko yang ditanggung sendiri oleh pemilik polis, otomatis kewaspadaan dan rasa tanggung jawab dalam berkendara akan selalu dijaga. Pastikan kita selalu mendapatkan informasi dengan lengkap sebelum memilih dan membeli produk asuransi kendaraan.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Manfaatkan Semaksimal Mungkin Asuransi Kendaraan Lewat Deductible”, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110

Related Post

DECEMBER 7, 2018

Bulbar Palsy Progresif,...

Bulbar Palsy Progresif, Penyakit Genetik dan Langka – Bulbar Palsy Progresif...

0

DECEMBER 6, 2018

Endokarditis Infektif,...

Endokarditis Infektif, Pengertian Dan Penyebabnya – Endokarditis Infektif adalah...

0

DECEMBER 6, 2018

Metastasis Otak, Jenis...

Metastasis Otak, Jenis Penyakit Apa? Serta Bagaimana Pencegahannya? – Pernahkah...

0

DECEMBER 3, 2018

88 Kondisi Penyakit Kritis...

88 Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver –  Asuransi tambahan...

0

DECEMBER 1, 2018

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang...

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang Tidak Hanya Mengharumkan Ruangan – Apakah sahabat...

0

DECEMBER 1, 2018

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik...

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik Bagi Tubuh Manusia – Apakah sahabat satuters...

0