Mata Lelah Akibat Seharian Di Depan Komputer? Ini Cara Mengatasinya

CategoriesBerita Terbaru / Kesehatan

Mata Lelah Akibat Seharian Di Depan Komputer? Ini Cara Mengatasinya  Sadarkah sahabat satuters setelah sibuk dengan banyak pekerjaan, seringkali mata kita terasa berat. Ini bisa jadi tanda jika mata merasa lelah dan butuh istirahat. Kelelahan mata adalah suatu kondisi saat mata merasa lelah, karena sangat terbiasa mendukung aktivitas sehari-hari seperti mengemudi, bekerja di depan layar komputer, membaca buku, dan pekerjaan lain yang memerlukan fokus tinggi. Meski nampaknya sepele, sebaiknya jangan meremehkan kondisi ini, karena jika tidak ditangani dengan baik, maka aktivitas sahabat satuters akan terganggu.

Studi menunjukkan bahwa ketegangan mata dan gejala visual mengganggu lainnya terjadi pada 50 sampai 90 persen pekerja komputer. Masalah ini bisa berkisar dari kelelahan fisik, penurunan produktivitas dan peningkatan jumlah kesalahan kerja, hingga gangguan ringan seperti mata berkedut dan mata merah.

Menatap layar komputer merupakan kebiasaan dan makanan sehari-hari bagi para pekerja kantoran. Setiap orang tahu bahwa menghabiskan waktu lebih dari 5 jam di depan layar komputer akan berdampak tidak baik bagi kesehatan mata.

Berikut adalah 10 langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko serangan mata dan gejala umum lainnya dari sindrom penglihatan komputer (CVS):

  1. Istirahat

Pada saat sahabat satuters mulai merasakan kelelahan mata akibat menatap layar komputer, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan beristirahat. Istirahat dengan sejenak dan jangan dipaksakan karena hal ini hanya akan sia-sia dan membuat sahabat satuters menjadi tidak fokus dan bahkan terkadang bisa membuat kepala menjadi sakit. Atau dengan cara  memandang benda lain disekitar sahabat satuters.

  1. Kendurkan Otot Mata

Selanjutnya adalah dengan mengendurkan otot-otot mata. Cara ini sangat mudah yaitu pertama gosok-gosokan kedua telapak tangan dan apabila sudah mengeluarkan panas maka tempelkan pada mata sahabat satuters. Maka panas tubuh yang tercipta akibat menggosokan kedua tangan tadi bisa membuat mata kita bisa menjadi rileks kembali.

  1. Pijatan Mata

Memijat mata juga bisa menjadi alternatif untuk mengatasi mata lelah akibat terlalu sering menatap layar komputer. Caranya yaitu pijatlah kelopak mata sahabat satuters secara lembut dengan gerakan melingkar saat mata mulai terasa lelah atau hendak tidur malam hari. Cara ini dapat membantu mengendurkan otot-otot mata yang tegang akibat seharian di depan komputer.

  1. Gunakan Irisan Mentimun

Caranya yaitu masukan terlebih dahulu mentimun kedalam kulkas dan tunggu hingga sampai dingin. Kemudian setelah dingin maka iris mentimun dan tempel pada mata, cara ini tidak hanya bisa menyegarkan mata tetapi juga bisa menghilangkan mata sembab akibat kekurangan tidur. Gunakan cara ini ketika hendak tidur di malam hari dan biarkan irisan mentimun menempel dimata sahabat satuters selama 15 menit.

  1. Gunakan handuk dingin

Sama halnya seperti irisan timun, namun ini menggunakan handuk. Tips ini terbilang sangat ampuh untuk mengatasi mata lelah dan panas. Caranya siapkan handuk kecil atau handuk leher dan mangkuk kecil. lalu ambil air dingin dari dalam kulkas, tuangkan air dingin tersebut ke dalam mangkuk kecil. Celupkan handuk kecil tadi.

Ingat cukup bagian tengahnya saja dari handuk kecil yang dicelupkan setelah itu peras handuk sedikit saja agar tidak menetes nantinya. Kemudian tempelkan ke mata yang lelah. Diamkan selama 20 menit atau hingga rasa dingin dari handuk tersebut hilang. Nah, cara ini dapat membantu mendinginkan mata yang panas dan tegang akibat seharian di depan komputer. Ulangi cara ini bila perlu.

Related Post

SEPTEMBER 17, 2018

Percayakan Perjalanan Anda...

Percayakan Perjalanan Anda Dengan Asuransi TravelPro Domestik Keunggulan produk Asuransi...

0

SEPTEMBER 16, 2018

Cara Cek Status Klaim...

Cara Cek Status Klaim Asuransi Kendaraan Allianz Prosedur pengajuan klaim A.  Hal...

0

SEPTEMBER 16, 2018

Lindungi Mobil Anda Dengan...

Lindungi Mobil Anda Dengan Asuransi Allianz MobilKu Asuransi kendaraan yang komprehensif,...

0

SEPTEMBER 15, 2018

Mengapa Mengatur Keuangan...

Mengapa Mengatur Keuangan Itu, Begitu Sangat Penting? – Mengatur keuangan pribadi...

0

SEPTEMBER 15, 2018

Begini Cara Sukses Memulai...

Begini Cara Sukses Memulai Sebuah Bisnis Bagi Pemula – Kesuksesan adalah hal yang...

0

SEPTEMBER 14, 2018

Perlukah Setiap Wanita...

Perlukah Setiap Wanita Memiliki Asuransi Jiwa? Part-2 Masih sambungan dari artikel...

0