Share this post

Menderita Penyakit Asam Lambung? Sebaiknya Konsumsi Makanan Ini – Asam lambung merupakan penyakit yang terjadi dilambung yang disebabkan oleh naiknya cairan asam lambung. Ketika seseorang mengalami penyakit asam lambung, maka ia akan merasakan nyeri pada bagian dada, ulu hati dan lambung, serta mulut akan terasa asam atau pahit dan mual setelah memakan makanan jenis tertentu.

Penyakit asam lambung erat kaitannya dengan pola makan yang tidak teratur. Karena membiarkan perut menjadi kosong dalam waktu yang cukup lama. Dan ada beberapa hal lain yang dapat memicu asam lambung, diantaranya adalah :

  1. Jarang olahraga
  2. Mengkonsumsi alkohol atau kafein secara berlebihan
  3. Sering mengkonsumsi soda
  4. Mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas dan terlalu asam

Namun sahabat satuters tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara alami untuk dapat meredakan gejala asam lambung, yang dapat di coba dirumah. karena tidak semua makanan atau buah cocok untuk penderita asam lambung. Berikut daftar makanannya :

  1. Oatmeal

bagi penderita asam lambung dianjurkan untuk sering mengkonsumsi makanana yang kaya akan serat, salah satunya yaitu Oatmeal. Oatmeal dapat menyerap asam lambung sehingga menurunkan gejala reflux (nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada). Tidak hanya itu saja Oatmeal juga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

  1. Pisang

Siapa sangka pisang memiliki pH sekitar 5,6, vitamin B6, potasium dan serat yang baik untuk di konsumsi untuk penderita asam lambung serta  memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain pisang, buah pir, apel, semangka dan lemon juga baik untuk di konsumsi.

  1. Sayuran hijau

Dengan mengkonsumsi sayuran hijau dapat membantu menurunkan kadar asam dalam lambung. Seperti kembang kol, brokoli, kentang, selada, mentimun, dan buncis. Sebaiknya sayuran ini di masak dengan cara direbus atau dikukus agar manfaat yang didapat menjadi maksimal dan selalu ingat, hindari memasak terlalu lama karena dapat merusak gizinya.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan atau biji-bijian mengandung serat yang sangat tingi. Seperti kacang hijau, kacang almond dan kacang merah sangat cocok untuk dikonsumsi penderita asam lambung.

Baca juga : Pankreatitis Menahun Yang Berulang, Penyebab, Gejala Serta Pencegahannya

Perbedaan Asuransi Kesehatan Dengan Asuransi Penyakit Kritis

  1. Daging tanpa lemak

Bagi penderita penyakit asam lambung tidak anjurkan untuk mengkonsumi makanan yang tinggi lemak dan berminyak. jadi sebaiknya jika ingin mengkonsumsi daging seperti daging sapi atau ayam sebaiknya diolah  dengan cara dipanggang, dikukus, atau di rebus.

Related Post

DECEMBER 7, 2018

Bulbar Palsy Progresif,...

Bulbar Palsy Progresif, Penyakit Genetik dan Langka – Bulbar Palsy Progresif...

0

DECEMBER 6, 2018

Endokarditis Infektif,...

Endokarditis Infektif, Pengertian Dan Penyebabnya – Endokarditis Infektif adalah...

0

DECEMBER 6, 2018

Metastasis Otak, Jenis...

Metastasis Otak, Jenis Penyakit Apa? Serta Bagaimana Pencegahannya? – Pernahkah...

0

DECEMBER 3, 2018

88 Kondisi Penyakit Kritis...

88 Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver –  Asuransi tambahan...

0

DECEMBER 1, 2018

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang...

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang Tidak Hanya Mengharumkan Ruangan – Apakah sahabat...

0

DECEMBER 1, 2018

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik...

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik Bagi Tubuh Manusia – Apakah sahabat satuters...

0