Share this post

Meningitis Bakteri Yang Dapat Disembuhkan Secara Total – Siapa yang tidak kenal dengan artis cantik Ashanty yang merupakan seorang istri dari penyanyi Anang Hermansyah yang didiagnosa telah menderita radang selaput otak (meningitis). Jika mendengar nama penyakit ini pastinya agak menakutkan bukan? Padahal, penyakit yang disebabkan bakteri itu bisa disembuhkan asal segera diobati dengan benar.

Meningitis bakteri adalah penyakit yang menyerang jaringan-jaringan atau selaput-selaput yang ada di dalam otak (Meninge) dan korda spinalis (bagian dari sistem syaraf otak) serta sumsum tulang belakang. Meningitis biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus. Penyakit radang otak dapat menyerang siapa saja. Mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa hingga lansia.

Gejala Meningitis

Gejala awal yang sering muncul dan tak disadari adalah kaku kuduk. Pad kondisi seperti ini, leher tidak dapat ditekuk serta Dagu tidak bisa sampai ke dada.

Dan ada beberapa gejala meningitis lainnya, seperti :

  1. Demam, tangan dan kaki dingin
  2. Menolak makanan atau muntah
  3. Rewel, susah ditangani
  4. Nyeri otot
  5. Mengantuk, kurang responsif
  6. Napas cepat
  7. Kulit pucat, jerawat
  8. Ruam yang tidak memudar walaupun ditekan
  9. Menangis atau merintih
  10. Badan tegang dan kaku
  11. Leher kaku, tidak menyukai cahaya terang
  12. Kejang-kejang

Penanganan Dan Pengobatan

Apabila seseorang teradapat gejala diatas, maka secepatnya dibawa kerumah sakit untuk mendapatkan pelayan kesehatan yang intensif. Pemeriksaan fisik, pemeriksaan labratorium yang meliputi test darah (elektrolite, fungsi hati dan ginjal, serta darah lengkap), dan pemeriksaan X-ray (rontgen) paru akan membantu tim dokter dalam mendiagnosa penyakit. Sedangkan pemeriksaan yang sangat penting apabila penderita telah diduga meningitis adalah pemeriksaan Lumbar puncture (pemeriksaan cairan selaput otak).

Jika berdasarkan pemeriksaan penderita didiagnosa sebagai meningitis, maka pemberian antibiotik secara Infus (intravenous) adalah langkah yang baik untuk menjamin kesembuhan serta mengurang atau menghindari resiko komplikasi. Antibiotik yang diberikan kepada penderita tergantung dari jenis bakteri yang ditemukan.

Adapun beberapa antibiotik yang sering diresepkan oleh dokter pada kasus meningitis yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae dan Neisseria meningitis antara lain Cephalosporin (ceftriaxone atau cefotaxime). Sedangkan meningitis yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes akan diberikan Ampicillin, Vancomycin dan Carbapenem (meropenem), Chloramphenicol atau Ceftriaxone.

Early Critical Illness (Early Cl) – Dalam hal ini Allianz memberikan manfaat dari Pertanggungan tambahan CI 100 dan memberikan pertanggungan 100 penyakit kritis, yaitu :

Meningitis Bakteri dengan penyembuhan total

lnfeksi bakteri yang menyebabkan radang berat pada selaput otak atau syaraf tulang belakang yang memerlukan rawat inap. Diagnosis ini harus didukung dengan:

  • Adanya infeksi bakteri pada cairan serebrospinal melalui pemeriksaan pungsi lumbal
  • Diagnosa ditegakkan oieh dokter spesialis syaraf

Meningitis Bakteri disertai infeksi HIV dikecualikan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.

HP/WA : 081212188110 

Related Post

MAY 22, 2019

Penyakit Yang Menyerang Otot...

Penyakit Yang Menyerang Otot Manunsia, Muscular Dystrophy – Muscular Dystrophy (Md)...

0

MAY 21, 2019

Nyeri Tulang Punggung Yang...

Nyeri Tulang Punggung Yang Berakibat Kelumpuhan, Akibat Penyakit Ini – Mielitis...

0

MAY 20, 2019

Menderita Kerusakan Otak...

Menderita Kerusakan Otak Sedang Akibat Benturan Di Kepala – Cedera kepala adalah...

0

MAY 19, 2019

Penyakit Osteoporosis Berat,...

Penyakit Osteoporosis Berat, Mengakibatkan Keretakan Pada Tulang – Osteoporosis...

0

MAY 18, 2019

Pengertian Adrenalektomi...

Pengertian Adrenalektomi Untuk Adenoma Adrenal – Adrenalektomi merupakan suatu...

0

MAY 17, 2019

Otot Wajah & Kaki Mulai...

Otot Wajah & Kaki Mulai Melemah? Waspada Penyakit Myasthenia Gravis – Myastenia...

0