Multiple Sclerosis, Penyakit Berbahaya Yang Mengakibatkan Kecacatan

0
208
Multiple Sclerosis
Multiple Sclerosis

Multiple Sclerosis, Penyakit Berbahaya Yang Mengakibatkan Kecacatan- Multiple Sclerosis merupakan suatu kelainan yang terjadi pada saraf-saraf pusat seperti mata, otak dan tulang belakang sehingga sering menimbulkan kecacatan. Penyakit ini merupakan penyakit jangka panjang yang memiliki ciri gangguan keseimbangan, penglihatan, kendali dan penyesuaian otot. Multiple sclerosisi diderita oleh 2,5 juta jiwa di seluruh dunia dan lebih sering menyerang wanita daripada pria.

Tanda-Tanda Umum Penyakit Multiple Sclerosis :

  • Gangguan Penglihatan, pandangan kabur, tidak fokus dan penglihatan menjadi ganda
  • Mudah lelah tanpa sebab
  • Rasa kebas dan kesemutan pada gerak serta wajah
  • Vertigo dan pusing
  • Masalah keseimbangan yang mempengaruhi cara berjalan
  • Tidak dapat menahan buang air kecil
  • Depresi tanpa sebab
  • Rasa sakit yang berkepanjangan, otot pegal dan kejang
  • Rasa gemetar yang tidak dapat dikendalikan
  • Disfungsi seksual
  • Gangguan pendengaran
  • Kejang-kejang
  • Masalah pernapasan dan menelan
  • Gangguan kongnitif seperti penurunan daya dan durasi konsentrasi, sulit memahami dan menggunakan bahasa, sulit mengingat hal-hal yang baru dan mudah lupa

Penyebab Multiple Sclerosis

Multiple Sclerosis merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh kerusakan myelin, selubung pelindung saraf oleh sistem kekebalan tubuh. kerusakan pada myelin menyebabkan hubungan antara otak dan bagian tubuh lainnya terganggu. Kerusakan ini tidak dapat diperbaiki.

Alasan mengapa sistem kekebalan tubuh menyerang belum dapat diketahui dengan pasti. Namun para pakar menduga penyakit ini kemungkinan dipicu oleh faktor-faktor seperi berikut ini :

  1. Usia

Penyakit MS umumnya menyerang seseorang yang berusia 15-60 tahun.

  1. Jenis kelamin.

Jumlah penderita MS wanita dua kali lebih banyak dialami oleh wanita daripada pria.

  1. Pengaruh infeksi tertentu

Akibat beberapoa virus yang diduga ada hubungannya dengan penyakit MS, misalnya saja virus Epstein-Barr atau EBV.

  1. Genetik

Ms bukanlah suatu penyakit keturunan. Melainkan seseorang yang menderita MS akan cenderung memiliki gen yang sama dengan anggota keluarganya. Sehingga resiko untuk menderita MS akan jauh lebih besar. Diperkirakan penderita MS 2-3% memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit yang sama.

  1. Merokok

Asap rokok mengandung zat-zat kimia yang berpontensi mempengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga meningkatkan penyakit-penyakit lainnya.

  1. Kekurangan vitamin D

Penderita MS biasanya diakibatkan karena kurangnya medapatkan paparan sinar matahari atau berada di negara yang jauh dari titik khatulistiwa.

  1. Pengaruh kondisi autoimun tertentu

Seseorang yang menderita penyakit tiroid, diabetes tipe 1 atau penyakit inflamasi usus diduga memiliki resiko yang yang lebih tinggi mengidap MS.

Asuransi Penyakit Kritis – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam mengklaim penyakit kritis yaitu Multiple Sclerosis

Multiple Sclerosis

Penyakit yang menyebabkan kerusakan sistem syaraf pusat secara progresif dan telah mengalami kondisi sebagai berikut :

-Telah mengalami defisit neurologis multiple setidaknya selama 6 bulan, akibat demielinisasi di otak dan sumsum tulang belakang

-Diagnosa secara pasti telah ditegakkan oleh dokter spesialis syaraf, setelah terdapatnya satu atau lebih episode gangguan neurologis, yang melibatkan berbagai kombinasi defisit neurologis diantara optic nerves, batang otak, sumsum tulang belakang, fungsi koordinasi atau fungsi sensorik.

Klik disini untuk melihat list 49 Jenis Penyakit Kritis Allianz

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat sahabat satuters.

LEAVE A REPLY