Share this post

Operasi Otak Pada Pasien Penyakit Kritis, Begini Prosedurnya – Pembedahan atau operasi pada otak merupakan sebuah tindakan operasi besar yang sangat beresiko yang bertujuan untuk membentuk lubang pada tengkorak dan menghilangkan penutup tulang untuk mengakses otak untuk mengobati berbagai kondisi medis.

Apa itu tumor pituitary?

Pituitar adenoma atau dikenal dengan sebuatn tumor hipofisis adalah tumor yang berada di kelenjar pituitary (hipofisis), yaitu bagian dari otak yang berfungsi untuk meregulasi keseimbangan hormon pada tubuh. Tumor ini juga menyebabkan kelenjar hipofisis memproduksi terlalu banyak hormon atau terlalu sedikit yang mempengaruhi fungsi tubuh. Sebagai tambahan, tumor ini dapat menyebabkan tekanan pada otak yang berakibat pada sakit kepala dan gejala-gejala lain.

Terdapat tiga macam pengobatan tersedia. Rekomendasi pengobatan tergantung pada jenis tumor, ukuran dan luasnya, dan usia dan kesehatan pasien secara keseluruhan. Nah, Kali ini satuterpenting akan membahas tentang pengobatan melalui pembedahan.

Pembedahan untuk mengangkat tumor pituitar

Pembedahan ini dilakukan untuk mengangkat tumor pituitar. Pembedahan ini menggunakan pendekatan trans-sphenoidal dimana tumor ini diangkat melalui bagian nasal melalui sayatan pada mulut atau hidung. Jenis operasi lainnya adalah kraniotomi dimana bagian tulang pada tengkorak diangkat untuk mengakses tumor. Tulang ditempatkan kembali setelah pengangkatan tumor.

Apa itu hematoma subdural?

Hematoma subdural, biasanya disebut dengan perdarahan otak subdural, yaitu suatu kondisi perdarahan yang berkumpul di antara dua lapisan otak, yaitu lapisan arachnoidal dan lapisan dura (meningeal).

Kondisi ini dapat menjadi akut alias terjadi tiba-tiba, atau kronis alias muncul dengan perlahan. Hematoma (kumpulan darah) yang sangat besar atau akut dapat menyebabkan tekanan tinggi di dalam tengkorak. Akibatnya, dapat terjadi kompresi dan kerusakan pada jaringan otak. Kondisi ini dapat menyebabkan kematian.

Pembedahan hematoma subdural

Untuk pengobatan kondisi ini akan bergantung pada tingkat keparahannya. Pada hematoma subdural dengan gejala ringan, dokter akan melakukan tes pencitraan berulang (scan MRI atau CT scan) untuk memantau apakah perdarahan yang di alami sudah membaik atau belum.

Namun jika pasien mengalami trauma kepala ringan sebaiknya segera berhenti beraktivitas dan tidak kembali melakukan aktivitas yang berisiko trauma kepala (misalnya olahraga kontak fisik seperti basket, sepak bola, atau bela diri; atau berkendara) selama beberapa waktu.

Namun, apabila pasien mengalami perdarahan subdural kronis, pembedahan bisa jadi pilihan terbaik untuk mengurangi tekanan pada otak.

Asuransi Penyakit Kritis Flexi CI – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam mengklaim penyakit kritis yaitu Operasi Otak.

Operasi Otak

Menjalani operasi otak dengan tindakan kraniotomi (operasi membuka tengkorak) menggunakan anestesi umum.

Tindakan-tindakan yang dikecualikan adalah sebagai berikut:

  1. Prosedur bedah burr hole
  2. Prosedur Transfenoidal
  3. Prosedur yang dibantu dengan endaskopi atau prosedur invasive minimal lainnya.
  4. Operasi otak yang disebabkan oleh kecelakaan.

Klik disini untuk melihat list Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver Allianz.

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110.

Related Post

APRIL 23, 2019

Penyakit Neurologis, Penyebab...

Penyakit Neurologis, Penyebab Hilangnya Kemampuan Berbicara – Kehilangan kemampuan...

0

APRIL 22, 2019

Kelainan Pada Sel Darah atau...

Kelainan Pada Sel Darah atau Sindrom Myelodysplastic (MDS) – Sindrom...

0

APRIL 21, 2019

Menderita Poliomyelitis...

Menderita Poliomyelitis Sedang, Apakah Bisa Disembuhkan? – Poliomyelitis Sedang...

0

APRIL 20, 2019

Kerusakan Sistem Syaraf Pada...

Kerusakan Sistem Syaraf Pada Otak Penyebab Penyakit Parkinson Idiopatik – Penyakit...

0

APRIL 19, 2019

Mengalami Koma Selama 72 Jam,...

Mengalami Koma Selama 72 Jam, Apakah Itu Wajar? – Koma adalah suatu kondisi darurat...

0

APRIL 18, 2019

Penyebab Penyakit Epilepsi...

Penyebab Penyakit Epilepsi Berat, Kenalilah Sejak Dini – Epilepsi merupakan gangguan...

0