Pembedahan Pada Otak Pada Pasien Penyakit Kritis

Pembedahan Pada Otak Pada Pasien Penyakit Kritis – Pembedahan atau operasi pada otak merupakan sebuah tindakan operasi besar yang sangat beresiko yang bertujuan untuk membentuk lubang pada tengkorak dan menghilangkan penutup tulang untuk mengakses otak untuk mengobati berbagai kondisi medis.

Apa itu tumor pituitary?

Pituitar adenoma atau dikenal dengan sebuatn tumor hipofisis adalah tumor yang berada di kelenjar pituitary (hipofisis), yaitu bagian dari otak yang berfungsi untuk meregulasi keseimbangan hormon pada tubuh. Tumor ini juga menyebabkan kelenjar hipofisis memproduksi terlalu banyak hormon atau terlalu sedikit yang mempengaruhi fungsi tubuh. Sebagai tambahan, tumor ini dapat menyebabkan tekanan pada otak yang berakibat pada sakit kepala dan gejala-gejala lain.

Terdapat tiga macam pengobatan tersedia. Rekomendasi pengobatan tergantung pada jenis tumor, ukuran dan luasnya, dan usia dan kesehatan pasien secara keseluruhan. Nah, Kali ini satuterpenting akan membahas tentang pengobatan melalui pembedahan.

Pembedahan untuk mengangkat tumor pituitar

Pembedahan ini dilakukan untuk mengangkat tumor pituitar. Pembedahan ini menggunakan pendekatan trans-sphenoidal dimana tumor ini diangkat melalui bagian nasal melalui sayatan pada mulut atau hidung. Jenis operasi lainnya adalah kraniotomi dimana bagian tulang pada tengkorak diangkat untuk mengakses tumor. Tulang ditempatkan kembali setelah pengangkatan tumor.

Apa itu hematoma subdural?

Hematoma subdural, biasanya disebut dengan perdarahan otak subdural, yaitu suatu kondisi perdarahan yang berkumpul di antara dua lapisan otak, yaitu lapisan arachnoidal dan lapisan dura (meningeal).

Kondisi ini dapat menjadi akut alias terjadi tiba-tiba, atau kronis alias muncul dengan perlahan. Hematoma (kumpulan darah) yang sangat besar atau akut dapat menyebabkan tekanan tinggi di dalam tengkorak. Akibatnya, dapat terjadi kompresi dan kerusakan pada jaringan otak. Kondisi ini dapat menyebabkan kematian.

Pembedahan hematoma subdural

Untuk pengobatan kondisi ini akan bergantung pada tingkat keparahannya. Pada hematoma subdural dengan gejala ringan, dokter akan melakukan tes pencitraan berulang (scan MRI atau CT scan) untuk memantau apakah perdarahan yang di alami sudah membaik atau belum.

Namun jika pasien mengalami trauma kepala ringan sebaiknya segera berhenti beraktivitas dan tidak kembali melakukan aktivitas yang berisiko trauma kepala (misalnya olahraga kontak fisik seperti basket, sepak bola, atau bela diri; atau berkendara) selama beberapa waktu.

Namun, apabila pasien mengalami perdarahan subdural kronis, pembedahan bisa jadi pilihan terbaik untuk mengurangi tekanan pada otak

Early Critical Illness (Early Cl) – Dalam hal ini Allianz memberikan manfaat dari Pertanggungan tambahan CI 100 dan memberikan pertanggungan 100 penyakit kritis, yaitu :

Pembedahan pada otak

1. Pembedahan untuk mengangkat tumor pituitar

Pembedahan untuk mengangkat tumor pituitari dimana pembedahan tersebut dilakukan karena sudah adanya gejala yang terkait dengan peningkatan tekanan intrakranial yang disebabkan oleh karena tumor tersebut. Keberadaan tumor harus dibuktikan dengan teknik pencitraan (imaging) seperti CT Scan atau MRI. Pengangkatan sebagian dari mikroadenoma pituitari dikecualikan.

2. Pembedahan hematoma subdural

Tindakan pembedahan dengan teknik Burr Hole di kepala untuk mengeluarkan hematoma subdural akibat kecelakaan. Tindakan pembedahan tersebut harus dinyatakan oleh dokter spesialis sebagai tindakan yang diperlukan secara medis.

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110 (Gratis)

Related Post

FEBRUARY 8, 2018

Kehilangan Sebagian Fungsi...

Kehilangan Sebagian Fungsi Pendengaran Pada Seseorang – Pendengaran merupakan...

0

FEBRUARY 7, 2018

Hepatitis B atau C Yang...

Hepatitis atau biasa disebut dengan penyakit kuning adalah penyakit yang menimbulkan...

0

FEBRUARY 6, 2018

Sistemik Lupus Eritematosus...

Sistemik Lupus Eritematosus (SLE) adalah suatu penyakit reumatik autoimun yang ditandai...

0

FEBRUARY 5, 2018

Penyakit Arteri Koroner...

Penyakit Arteri Koroner Ringan Yang Perlu Di Waspadai – Di zaman now, Gaya hidup...

0

FEBRUARY 4, 2018

Trauma Berat Pada Kepala Yang...

Trauma berat pada kepala adalah suatu cedera yang dapat menimbulkan gangguan pada fungsi...

0

FEBRUARY 3, 2018

Neuropati Periferal, Gejala...

Neuropati Periferal adalah suatu kelompok kerusakan pada sistem saraf tepi yang terletak...

0