Pengertian Koma Serta Penyebab Terjadinya Kondisi Langka Ini

0
46
pengertian koma
pengertian koma

Pengertian Koma Serta Penyebab Terjadinya Kondisi Langka Ini – Koma adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami tingkat kesadaran paling berat, yang disertai dengan ketidakmampuan dalam memberikan rangsangan dari luar, baik itu berupa suara, cahaya, maupun rasa sakit. Serta menghilangnya semua reflex saraf dalam tubuh atau dengan kata lain seseorang yang mengalami koma akan terlihat seperti tertidur dalam beberapa minggu dan bahkan berbulan-bulan. Sebagian  besar pasien mampu bernafas spontan namun ada beberapa diantaranya membutuhkan alat bantu pernafasan.  Jika hal ini terjadi kemungkinan besar untuk meninggal dunia akan jauh lebih besar.

Penyebab Koma

Walaupun banyak yang beranggapan bahwa kecelakaan merupakan salah satu penyebab terjadinya koma namun sebenarnya ada banyak penyebab lain yang turut menyebabkannya. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

  1. Stroke
  2. Diabetes
  3. Kekurangan oksigen
  4. Kejang
  5. Tumor pada otak
  6. Kegagalan organ hati
  7. Infeksi pada otak misalnya meningitis dan ensfalitis
  8. Keracunan
  9. Cedera berat di kepala
  10. Overdosis alkohol

Kondisi Pulih Dari Koma

Bila pasien sembuh dari koma, biasanya tidak terjadi secara tiba-tiba melainkan bertahap. Ada sebagian pasien bila sembuh dari koma tanpa mengalami cacat sedikit pun. Namun ada sebagian pasien yang bila tersadar akan mengalami penurunan fungsi otak atau tubuh bahkan sampai kelumpuhan.

Jadi pasien yang mengalami cacat setelah koma akan mendapatkan penanganan lebih lanjut melalui beragam terapi oleh para ahli. Misalnya fisioterapi, psikoterapi dan ahli terapi okupasi.

Asuransi Penyakit Kritis – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam mengklaim penyakit kritis yaitu Koma.

Koma

Keadaan tidak sadar tanpa adanya reaksi atau respons terhadap rangsangan eksternal atau kebutuhan internal yang berlangsung terus-menerus sehingga memerlukan alat penunjang kehidupan termasuk harus digunakannya respirator selama sedikitnya 96 (sembilan puluh enam) jam. Defisit neurologis permanen harus ada dan secara terus menerus diderita minimal selam 30 (tiga puluh) hari. Koma yang diakibatkan langsung oleh penyalahgunaan alkohol atau obat merupakan perkecualian.

Klik disini untuk melihat list 49 Jenis Penyakit Kritis Allianz

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat sahabat satuters.

LEAVE A REPLY