Share this post

Penyakit atau cedera saraf tulang belakang atau spinal injury adalah kerusakan atau luka pada bagian tulang belakang atau syaraf di ujung kanal tulang belakang. Cedera ini dapat menyebabkan perubahan permanen pada kekuatan, sensasi dan fungsi tubuh lainnya di bawah lokasi cedera salah satunya dapat menyebabkan usus dan kandung kemih menjadi tidak berfungsi dengan normal.

Saraf tulang belakang berfungsi untuk menghubungkan sinyal-siyal pesan dari otak ke organ tubuh lainnya. Berdasarkan jenis pesan yang dikirim, terdapat 2 bagian sel saraf yaitu :

1. Saraf motorik

Berfungsi untuk membawa sinyal dari otak untuk mengendalikan gerakan otot.

2. Saraf sensorik

Berfungsi untuk membawa sinyal dari otak untuk mengendalikan posisi anggota gerak, dan sensansi yang berhubungan dengan rasa sakit dingin, panas dan tekanan.

Kandung kemih adalah bagian dari sistem air kencing, yang mencakup ginjal, saluran ureter dan uretra. Komunikasi antara kandung kemih dan otak dapat terjadi karena adanya urat saraf tulang belakang. Jika urat saraf tulang belakang cedera atau terserang penyakit, proses komunikasinya akan menjadi terganggu dan membuat beberapa jenis penyakit. seperti kencing yang berlebih atau kurang.

Penyebab Kandung Kemih

Kandung kemih yang tidak berfungsi disebabkan oleh ketidakmampuan otak dalam memberikan perintah kepada kandung kemih atau akibat dari masalah sistem syaraf yang ada di urat saraf tulang belakang seperti cedera, penyakit atau kelainan. seperti penyakit Parkinson, stroke, tumor pada otak atau pada urat saraf tulang belakang, cacat bawaan lahir yang memengaruhi urat saraf tulang belakang, encephalitis, kelainan hiperaktif (attention deficit hyperactivity disorder/ADHD), dan sklerosis.

Early Critical Illness (Early Cl) – Dalam hal ini Allianz memberikan manfaat dari Pertanggungan tambahan CI 100 dan memberikan pertanggungan 100 penyakit kritis, yaitu :

Penyakit atau cedera pada syaraf tulang belakang yang menyebabkan usus dan kandung kemih tidak berfungsi

Penyakit syaraf tulang belakang atau cedera pada chorda equina yang menyebabkan disfungsi usus dan kandung kemih secara permanen yang memerlukan kateterisasi secara berkala dan permanen atau pengalihan kandung kemih secara permanen. Diagnosis harus dikonfirmasi oleh dokter spesialis syaraf dan kondisi tersebut harus berlangsung selama minimal 6 bulan sejak diagnosa ditegakkan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.

HP/WA : 081212188110 

Related Post

DECEMBER 7, 2018

Bulbar Palsy Progresif,...

Bulbar Palsy Progresif, Penyakit Genetik dan Langka – Bulbar Palsy Progresif...

0

DECEMBER 6, 2018

Endokarditis Infektif,...

Endokarditis Infektif, Pengertian Dan Penyebabnya – Endokarditis Infektif adalah...

0

DECEMBER 6, 2018

Metastasis Otak, Jenis...

Metastasis Otak, Jenis Penyakit Apa? Serta Bagaimana Pencegahannya? – Pernahkah...

0

DECEMBER 3, 2018

88 Kondisi Penyakit Kritis...

88 Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver –  Asuransi tambahan...

0

DECEMBER 1, 2018

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang...

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang Tidak Hanya Mengharumkan Ruangan – Apakah sahabat...

0

DECEMBER 1, 2018

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik...

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik Bagi Tubuh Manusia – Apakah sahabat satuters...

0