Pilih Mana, Asuransi Kesehatan Swasta atau Pemerintah (BPJS)?

0
59
pilih mana
pilih mana

Pilih Mana, Asuransi Kesehatan Swasta atau Pemerintah (BPJS)? – Ada banyak jenis asuransi yang ada di Indonesia. Semua jenis asuransi telah dikelompokkan berdasarkan Perawatan, pengelola dana, jumlah dana yang ditaggung, pihak tertanggung, keikutsertaan anggota dan cara pergantian. Hal ini dapat memudahkan masyarakat Indonesia dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan peserta.

Di Indonesia sendiri ada jenis usaha yang berdasarkan pengelolaan dana, yaitu asuransi kesehatan swasta dan pemerintah. Kedua asuransi ini memiliki fungsi dan tujuan yang sedikit berbeda. Untuk mengetahui lebih jaud, mari kita simak ulasan berikut ini.

1. BPJS

Setiap negara di dunia, terutama Indonesia mulai mendukung kesejahteraan warganya dengan menghadirkan produk jaminan sosial yang terbagi menjadi 2 jenis, BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. BPJS Ketenagakerjaan bertanggung jawab atas keberlangsungan hidup seseorang pada hari tuanya (pensiun) termasuk apabila terjadi kecelakaan. Sedangkan BPJS Kesehatan bertanggung jawab atas keberlangsungan hidup seseorang jika terjadi ia mengalami resiko sakit termasuk hal yang berkaitan dengan klaim biaya kesehatan.

BPJS lebih bersifat gotong royong pada sesama peserta daan saling membantu satu sama lain. Dengan begitu biaya yang dikeluarkan peserta jaminan BPJS tidak begitu besar.

2. Asuransi Swasta

Saat ini ada begitu banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang memberikan jaminan kesehatan. Asuransi kesehatan swasta adalah sebuah perusahaan asuransi yang dinaungi oleh Perseroan (PT). Asuransi kesehatan dari swasta terikat dengan perjanjian yang tertuang dalam polis asuransi.

Baca Juga  : Mengapa Klaim Asuransi Perjalanan Anda Ditolak? Ini Penyebabnya

Alasan Kenapa Harus Memilih Asuransi Allianz Untuk Keluarga

Lalu Asuransi Manakah Yang Terbaik? Padahal Keduanya Sama-Sama Menjamin Kesehatan

Mungkin sebagian besar orang akan bingung, mana sebaiknya yang harus dipilih. Maka ada baiknya ketahui dahulu kebutuhan apa yang sahabat satuters miliki.

  1. BPJS kesehatan (Jaminan Kesehatan) hanya berlaku di Indonesia dan preminya sangat terjangkau
  2. Asuransi kesehatan swasta memililki cakupan perlindungan yang sangat luas hingga keluar negeri
  3. BPJS masih memiliki sedikit kerjasama dengan rumah sakit, maka pasien biasanya berobat / rawat inap sesuai dengan rujukan yang diberikan Negara.
  4. Asuransi kesehatan swasta, pasien dapat memilih untuk berobat kerumah sakit manapun dan asuransi akan menanggug biayanya. Walaupun rumah sakit tersebut tidak memiliki kerjasama dengan asuransi tersebut.
  5. Asuransi kesehatan menjamin penyakit kritis (Critical Illnes)

Dari ulasan diatas, sahabat satuters dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Namun alangkah baiknya pergunakan keduanya untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. dan tambahan asuransi swasta sangat diperlukan mengingat ramainya antrian pasien BPJS di RUSD dan rumah sakit swasta bisa menjadi alternatif untuk berobat.

LEAVE A REPLY