Prosedur Operasi Arteri Carotid Akibat Penyakit Stroke

Prosedur Operasi Arteri Carotid Akibat Penyakit Stroke – Penyakit arteri carotid adalah suatu kondisi dimana pada saat timbunan lemak (plak) menyumbat pembuluh darah yang menyalurkan darah ke otak dan kepala (arteri carotid). Dalam kondisi seperti ini penyumbatan tersebut dapat meningkatkan resiko stroke dan bila dalam keadaan darurat pasokan ke darah akan terganggu atau berkurang secara serius.

Gejala penyakit arteri carotid

Pada tahap awal, penyakit arteri carotid tidak menunjukkan gejala awal. Namun dapat diketahui jika berlanjut ke tahap yang lebih serius, yang mengakibatkan terhambatnya darah menuju ke otak sehingga menyebabkan stroke. Gejalanya meliputi :

  1. Kepala pusing
  2. Kepala mendadak sakit tanpa sebab
  3. Gangguaan berbicara
  4. Mati rasa, atau kelemahan mendadak di wajah atau anggota badan,
  5. Gangguan pada mata secara tiba-tiba

Penyakit stroke juga akan menghalangi oksigen menuju ke otak. Setelah itu dalam beberapa menit, sel-sel otak akan mulai mati. Penyakit arteri karotid berkembang secara perlahan-lahan. Dalam kondisi yang sangat serius penderita harus melakukan operasi arteri carotid.

Operasi arteri carotid adalah operasi dimana lapisan dalam arteri karotis diangkat kerena adanya penyumbatan yang menghambat peredaran darah. Tujuan dari operasi ini adalah untuk menghilangkan timbunan kolestrol dan lemak yang menumpuk pada arteri karotis serta dapat mengurangi suplai dalam darah ke otak dan dapat menyebabkan kecelakaan stroke (serangan otak).

Cara Kerja Operasi Arteri Carotid

Operasi arteri carotid dilakukan dengan membuat sayatan kecil di sepanjan arteri karotis. Terutama dimana arteri telah menyempit, untuk mengangkat kolestrol yang tertumpuk. Sayatan ini biasanya berjarak antara 2-10 cm atau 2,5 – 4 inchi dan pada umumnya letaknya di tulang dada dan rahang.

Pada saat tumpukan lemak telah dihilangkan maka arteri akan di jahit atau di tutup dengan patch (penutup khusus). Pada beberapa kasus dokter bedah dalam jangka waktu yang sementara dapat memasang tabung untuk mengeluarkan darah yang tersisa, yang mungkin keluar pada saat setelah operasi. Dan ketika kedua arteri telah di operasi, maka dokter bedah akan mengoperasi satu sisi terlebih dahulu dan satu sisi lainya pada operasi selanjutnya setelah beberapa minggu.

Selama operasi, aliran darah yang menuju ke otak akan menggunakan shunt atau tabung kecil yang terbuat dari plastik yang bertujuan untuk mengalirkan darah, sehingga darah tetap mengalir ke otak selama operasi berlangsung. Namun apabila shunt tidak tidak digunakan maka arteri karotis hanya akan dijepit untuk membatasi aliran darah ke otak selama operasi.

Asuransi Penyakit Kritis – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam mengklaim penyakit kritis yaitu Stroke yang memerlukan operasi arteri carotid.

Stroke yang memerlukan operasi arteri carotid

Operasi arteri carotid (Carotid Endarterectomy) oleh dokter ahli bedah syaraf yang diperlukan untuk membuang timbunan plak di arteri carotid pada stroke yang telah berlangsung lebih dari 6 (enam) bulan. Operasi ini harus ada indikasi dibutuhkan secara medis (medically necessary) oleh dokter ahli syaraf untuk mencegah berulangnya serangan ischemic cerebrovascular.

Klik disini untuk melihat list 49 Jenis Penyakit Kritis Allianz

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110 (Gratis)

Related Post

MAY 8, 2018

Berniat Menutup Polis...

Berniat Menutup Polis Asuransi? Sebaiknya Perhatikan Hal Ini Dulu – Sahabat...

0

MAY 8, 2018

Cara Jitu Agar Pria Lajang,...

Cara Jitu Agar Pria Lajang, Pandai Mengatur Uang Pribadi – Apakah sahabat satuters...

0

MAY 7, 2018

Allianz, Bisnis Yang Terbuka...

Allianz Bisnis Yang Terbuka Untuk Semua Kalangan – Ketika sahabat satuters bertemu...

0

MAY 7, 2018

Orang Zaman Now, Wajib...

Orang Zaman Now, Wajib Hindari Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan – Namun sahabat...

0

MAY 6, 2018

Agen Asuransi Yang Sukses...

Agen Asuransi Yang Sukses Wajib Memiliki Pola Pikir Seperti Ini – Bagian 1 –...

0

MAY 6, 2018

Tips Cerdas Mengatur Keuangan...

Tips Cerdas Mengatur Keuangan Setelah Bayi Lahir – Setiap pasangan yang menjalankan...

0

Leave a Comments