Pengertian Reimbursement Dan Cashless Dalam Asuransi

0
45
reimbursement dan cashless
reimbursement dan cashless

Pengertian Reimbursement Dan Cashless Dalam Asuransi Kesehatan – Ketika sahabat satuters baru mengenal tabungan mungkin akan di bingungkan dengan berbagai istilah seperti yang paling banyak di sebut misalnya invest, debit, kredit, simpanan, biaya administrasi, bunga dan saldo. Beda hal dengan asuransi, di dalam asuransi banyak istilah yang menarik untuk di pahami salah satunya adalah Reimbursement dan cashless.

Reimbursment (Penggantian Biaya Claim)

merupakan sebuah fasilitas yang diberikan oleh perusahaan asuransi keluarga untuk asuransi kesehatan, hal ini memberikan kemudahan pada pemegang polis harus menjalani tindakan medis termasuk rawat jalan inap diseluruh institusi kesehatan di seluruh dunia. Prosesnya sangat sederhana :

  1. Menjalani tindakan medis sampai dengan selesai proses di rumah sakit
  2. Pemegang polis harus membayar segala pengeluaran atau biaya perobatan atau tindakan medis yang telah di jalani (uang pribadi)
  3. Pemegang polis mengajukan klaim atas biaya yang telah di keluarkan atas biaya perobatan atau tindakana medis yang telah di lakukan kepada perusahaan asuransi sebagai si penanggung dimana kita terdaftar

Lalu bagaimana apabila terjadi pengeluaran yang melebihi dari apa yang telah direncanakan. Jelas apa yang dibayarkan oleh si pemegang polis hanyalah sebatas apa yang telah di ambil dari sistem paket yang telah di rencanakan dengan kata lain sahabat satuters harus membayar sisanya sendiri.

Baca Juga : Tips Dalam Memilih Agen Asuransi Yang Tepat Bagi Keluarga Anda

Cashless (Tanpa Tunai)

Cashless merupakan kebalikan dari fasilitas yang disediakan oleh perusahaan asuransi yaitu sebuah kartu, jadi kartu tersebut berfungsi untuk membayar biaya rawat inap di sebuah rumah sakit ketika pemegang polis asuransi tersebut mengalami musibah misalnya sakit ataupun mengalami kecelakaan dan di haruskan untuk melakukan rawat inap di rumah sakit.

Jadi cashless adalah sebuah sistem yang pembayarannya tanpa mengeluarkan uang tunai sama sekali. Di sistem cashless ini pemegang polis tidak perlu membayar terlebih dahulu biaya rumah sakit.

Namun, perlu sahabat satuters ketahui bahwa tidak semua rumah sakit dapat menerima kartu tersebut. Hal ini tergantung dengan rumah sakit mana perusahaan asuransi tersebut melakukan rekanan.

LEAVE A REPLY