Share this post

Sejarah Asuransi di Dunia dan Indonesia Pada Awal Perkembangan – Di zaman now, nama asuransi tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, bahkan asurasi juga sering muncul di layar televisi. Lalu pernahkah sahabat satuters mengetahui sejarah dari asuransi tersebut? Nah kali ini satuterpenting akan membahas secara singkat mengenai bagaimana sejarah asuransi.

Awal Mula Munculnya Asuransi

Dalam beberapa sumber mengatakan bahwa asuransi telah ada sejak zaman Kerajaaan Yunani. Konsep asuransi sendiri berkembang sejak zaman Kerajaan Romawi dan pemerintahan Alexander Agung. Konsep ini terlihat ketika ada salah satu anggota atau kelompok yang sakit atau meninggal maka anggota lainnya akan mengumpulkan sejumlah uang untuk dapat memenuhi dan memberikan santunan pada orang tersebut yang sedang terkena bencana atau musibah.

Asuransi Muncul Di Indonesia

Di Indonesia sendiri, Asuransi bermula dari kedatangan bangsa belanda pada saat menjajah di Indonesia, pada waktu itu disebut dengan Nederlands Indie. Jadi keberadaan asuransi di negeri indonsia kita ini karena tidak terlepas dari keberhasilan Bangsa Belanda dalam sektor perkebunan dan perdagangan di negeri jajahannya.

Pada masa itu pemerintah belanda merasa perlu untuk menjamin kelangsungan bisnis mereka agar dapat berjalan dengan baik dan mendapat perlindungan dari resiko mulai dari proses panen hingga pengiriman hasil panen tersebut ke negara-negara mereka.

Perkembangan asuransi di Indonesia dibagi menjadi dua periode yaitu periode penjajahan belanda dan periode setelah kemerdekaan. Berikut penjelasannya :

  1. Pada masa penjajahan belanda

Pada tahun 1845 Pemerintah Belanda mendirikan perusahan asuransi dengan nama Nederlands indisch Leven Verzekering En Liefrente Maatschappij (NILMIY). Perusahaan tersebut secara administrasi masih menggunakan sistem induknya yang berada di Negara Belanda yaitu De Nederlanden Van. Produk yang dihasilkan masih sangat terbatas, yaitu hanya pada resiko kebakaran dan pengangkutan saja.

Dan pada saat itu juga tidak diperuntukkan untuk kaum pribumi karena adanya monopoli yang dilakukan oleh Inggris dan Prancis. Setelah perang dunia II perusahaan asuransi belanda yang ada di Indonesia menjadi bangkrut dan rugi.

  1. Setelah Masa Kemerdekaan

Setelah perang dunia usai, asuransi milik Belanda yang bernama Nederlands indisch Leven Verzekering En Liefrente Maatschappij (NILMIY) di ambil alih oleh pemerintah Indonesia dan diganti nama menjaddi PT. Asuransi Jiwasraya dan di susul oleh Asuransi Jiwa Boemi Poetra 1912 pada tahun 1912.

Tidak hanya sampai disitu saja pemerintah Indonesia membuat perusahaan-perusahaan baru seperti Asuransi Jasa Rahardja (yang berfokus pada risiko lakalantas), Perum Taspen (asuransi dan tabungan pegawai negeri), Perum Asabri (asuransi untuk AKABRI), dan Jamsostek (asuransi tenaga kerja perusahaan swasta). Lalu pada tahun 80an muncullah perusahaan asuransi baru.

Untuk informasi lebih lanjut tentang menjadi nasabah Allianz atau menjadi mitra bisnis Allianz sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110.

Related Post

DECEMBER 7, 2018

Bulbar Palsy Progresif,...

Bulbar Palsy Progresif, Penyakit Genetik dan Langka – Bulbar Palsy Progresif...

0

DECEMBER 6, 2018

Endokarditis Infektif,...

Endokarditis Infektif, Pengertian Dan Penyebabnya – Endokarditis Infektif adalah...

0

DECEMBER 6, 2018

Metastasis Otak, Jenis...

Metastasis Otak, Jenis Penyakit Apa? Serta Bagaimana Pencegahannya? – Pernahkah...

0

DECEMBER 3, 2018

88 Kondisi Penyakit Kritis...

88 Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver –  Asuransi tambahan...

0

DECEMBER 1, 2018

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang...

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang Tidak Hanya Mengharumkan Ruangan – Apakah sahabat...

0

DECEMBER 1, 2018

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik...

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik Bagi Tubuh Manusia – Apakah sahabat satuters...

0