Kamu Siap Membangun Bisnis, Ketahui 4 Hal Ini!

0
217
siap membangun bisnis

Siap Membangun Bisnis – Berbisnis sendiri merupakan impian sebagian besar pekerja diberbagai bidang pekerja. Tetapi hanya sebagian saja yang berhasil mengembangkan bisnis sendiri, ada yang gagal karena kesalahan mereka sendiri ada juga karena kurang persiapan dalam mengarungi bisnis.

Makanya, sebelum memulai bisnis banyak sekali hal yang harus diperhatikan dari mulai hal kecil sampai yang besar sehingga bisnis yang akan dijalankan membuahkan hasil dan berjalan maksimal.

Tapi kamu jangan beranggapan kamu harus memiliki kemampuan super untuk menjadi pebisnis ulung, menurut pakar keuangan dan bisnis, kamu cukup memahami 4 hal ini sebelum memulai berbisnis:

1. Motivasi Tentang Dunia Usaha

Saat memulai usaha kamu mesti punya tujuan yang jelas bukan hanya ikut-ikutan orang yang berbisnis, kamu kudu punya tujuan dan motivasi sendiri.

Pahami dulu kenapa kita ingin memulai bisnis sendiri. Bisa karena ingin menambah penghasilan, investasi masa depan, warisan buat anak-anak nanti, dan masih banyak lagi. Setelah tahu motivasinya, pelajari lagi deh. Apakah kamu udah di jalur yang benar, atau cuma asal nekat?

Dengan motivasi yang jelas kamu akan selalu konsisten walaupun bisnis kamu sedang dalam kondisi yang sulit. Kamu akan yakin bahwa keadaan sulit tersebut akan kamu lewati.

2. Perencanaan Keuangan

Setelah kamu telah memiliki motivasi yang tinggi dalam memulai bisnis, langkah selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah masalah keuangan, kamu harus bisa membisahkan antara pengeluaran pribadi dan bisnis, gak sulit kok kamu cukup membuat pembukuan simpel agar kamu bisa membedakan semua pengeluaran kamu.

Disiplin soal cash flow juga harus dijaga, jangan sampai kebobolan. Gunakan semua dana yang ada di rekening bisnis untuk keperluan bisnis, jangan ambil dari uang pribadi, begitu juga sebaliknya.

Tetap alokasikan sepersekian penghasilan khusus untuk pos dana darurat dan proteksi alias asuransi. Kenapa? Karena kita gak pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari. Lebih baik sedia payung sebelum hujan bukan? Keadaan darurat yang membutuhkan dana cepat bisa diambil dari dana darurat. Jadi gak perlu mengutak-atik rekening untuk keperluan bisnis.

Sementara itu kamu juga harus memikirkan bagaiman melindungi aset kamu, sehingga meminimalisir resiko yang akan kamu terima dikemudian hari. Ngeri bukan, keadaan darurat anda harus tanggung sendiri semua, kamu boleh memilih proteksi asuransi terbaik, misalnya Allianz yang memberikan proteksi maksimal untuk aset anda. Infomasi lebih lanjut anda dapat menghubungi 0812 1218 8110 atau http://bit.ly/2oNYJ2W

Baca juga : 5 Kelebihan Menjadi Agen Asuransi Allianz

3. Modal

siap membangun bisnis

Walau modal bukan hal yang paling utama dalam bisnis, realitanya modal adalah kendala nomor satu dalam menjalankan bisnis. Untuk memulai sebuah bisnis, pasti butuh dana. Seringkali mereka yang ingin jadi entrepreneur gak mulai-mulai berbisnis karena gak punya modal.

Padahal, hari gini sumber permodalan itu banyak lho! Bisa dari crowdfunding, crowdlending, kredit tanpa agunan (KTA), kredit multiguna, bahkan kartu kredit. Tapi ingat, semua fasilitas ini tentu saja ada syaratnya dan membutuhkan proses.

Contohnya saja KTA, bank mana sih yang gak menyediakan fasilitas pinjaman ini? Bahkan kini KTA paling dilirik sebagai solusi dana bisnis skala kecil karena sifatnya yang mudah dan cepat. Nominal, tenor, dan bunganya beragam, bahkan ada yang hanya 0.95 persen.

Kalau punya aset berharga yang bisa dijaminkan, bisa pilih kredit multiguna. Fasilitas pinjaman yang satu ini nominalnya bisa miliaran, cocok untuk usaha skala besar. Gak usah khawatir ketika ingin memilih KTA atau kredit multiguna sebagai solusi modal usaha.

Bandingkan dulu produk KTA dan kredit multiguna dari beberapa bank, lalu pilih yang paling pas dengan kebutuhan serta kemampuan finansial kita.

4. Hukum

siap membangun bisnis
source : dailytimes.com

Ketika harus memulai bisnis pertama sekali yang harus kamu perhatikan adalah masalah hukum, sebagai warga negara yang baik kamu tentu harus taat hukum, landasan hukum yang jelas akan membuat bisnis anda tetap aman dan terlindungi dikemudian hari.

Oke, sekarang mulai dengan pengurusan izin usaha kamu harus banyak mencari informasi soal ini sehingga kamu dapat memilih izin usaha dan keperluan izin apa saja untuk kamu daftarkan. Ingat ya, izin usaha sangat penting agar usaha kamu diketahui pemerintah dan status yang jelas dimata hukum.

Kamu jangan anggap sepele masalah hukum karena akibatnya akan sangat membuat kamu repot dikemudian hari mulai dari berurusan dengan polisi, denda yang dijatuhkan sampai dengan masuk penjara. Serem bukan!

Intinya, segala sesuatu dalam hidup harus dipersiapkan dengan baik, sama halnya ketika akan berbisnis. Gak hanya soal modal dan mental, kesiapan mengelola keuangan juga wajib jadi perhatian utama. So, gak ada yang mungkin kalau mau berusaha. Semangat!

SHARE

LEAVE A REPLY