Share this post

Tanamkan Pendidikan Karakter Pada Anak Sejak Dini, Part 1 – Pendidikan karakter dapat diartikan sebagai sebuah usaha dalam upaya pemberdayaan potensi peserta didik agar terciptanya karakter pribadi atau kelompok yang berguna bagi negara dan generasi berikutnya.

Pendidikan karakter mempunyai beragam cara dalam penerapannya. Mulai dari melalui pelajaran normatif, adaptif, produktif, muatan lokal hingga pengembangan diri.

Selain itu, pendidikan karakter juga bertujuan untuk menciptakan individu yang suka membantu sesama, berpikiran yang berorientasi pada ilmu dan logika, serta beriman pada Tuhan Yang Maha Esa.

Sejalan dengan tujuannya, pendidikan karakter juga berfungsi untuk mengembangkan potensi dasar dari setiap anak. Pendidikan karakter bisa dibilang berhasil ketika seorang anak memiliki nilai-nilai karakter budaya Indonesia.

Lalu apa sajakah pendidikan karakter yang harus diterapkan oleh anak sejak dini? Berikut penjelasannya :

  1. Besyukur dan berterima kasih

Selalu biasakan anak sahabat satuters untuk menjaidi pribadi yang bersyukur. Hal ini akan membuat si anak mensyukuri setiap hal yang ia lakukan.

  1. Empati

Buatlah anak sahabat satuters menyadari bahwa setiap orang merasakan hal yang berebeda satu sama lainnya. Lalu ajarkan bagaimana caranya untuk memahami perasaan orang lain. Dengan begitu anak sahabat satuters tidak akan menjadi pribadi yang egois dan lebih berhati-hati karena memikirkan dan memahami perasaan orang lain.

  1. Berhati-hati dalam berbicara

Terkadang sering kali emosi anak lebih meluap-meluap dan membuatnya mengucapkan kata-kata secara sembarangan. Tak jarang kata-kata tersebut dapat menyakiti perasaan orang lain. Jadi selalu ajarkan kepada anak untuk berhati-hati dalam berbicara karena akan sulit menarik kata-kata yang telah menyakiti perasaan seseorang.

  1. Mengatasi konflik

Biasakan anak sahabat satuters sejak dini bahwa masalah ada untuk diselesaikan bukannya dihindari. Cara yang paling mudah adalah menuliskan ide-ide bagaimana masalah tersebut diselesaikan. Melalui ide-ide tersebut kemudian si anak bisa mencobanya dalam mengatasi permasalahan yang ada. Dengan demikian anak sahabat satuters akan memiliki karakter untuk menyelesaikan masalah secepatnya sebelum menjadi lebih parah atau menghindari masalah yang bisa ditimbulkan.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Tanamkan Pendidikan Karakter Pada Anak Sejak Dini, Part 1” Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110

Related Post

DECEMBER 6, 2018

Endokarditis Infektif,...

Endokarditis Infektif, Pengertian Dan Penyebabnya – Endokarditis Infektif adalah...

0

DECEMBER 6, 2018

Metastasis Otak, Jenis...

Metastasis Otak, Jenis Penyakit Apa? Serta Bagaimana Pencegahannya? – Pernahkah...

0

DECEMBER 3, 2018

88 Kondisi Penyakit Kritis...

88 Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver –  Asuransi tambahan...

0

DECEMBER 1, 2018

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang...

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang Tidak Hanya Mengharumkan Ruangan – Apakah sahabat...

0

DECEMBER 1, 2018

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik...

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik Bagi Tubuh Manusia – Apakah sahabat satuters...

0

NOVEMBER 30, 2018

Jenis Makanan Ini Ternyata...

Jenis Makanan Ini Ternyata Tidak Boleh Disimpan Di Lemari Es Lho – Apakah sahabat...

0