Tips Memulai Investasi Yang Aman dan Terukur

0
225
memulai investasi
www.bestcurrencytrader.com

Memulai Investasi – Masi sering menanyakan perlukah ber-investasi? Kapan tepatnya untuk memulai? Bagaimana cara ber-investasi yang benar? Pertanyaan ini sering kali kita dengar dikehidupan sehari-hari.

Untuk itu Pakar keuangan Dave Rowan memberikan tips bagaimana cara anda untuk memulai investasi dan menghindari resiko dikemudian hari dai investasi yang kamu lakukan.

Sekarang kita mulai ‘Mengapa’

Simon Sinek Penulis buku ‘Start With Why’ menceritakan bahwa banyak pengusaha sukses memulai usahanya dengan pertanyaan mengapa? Faktor ‘Mengapa’ dapat membantu anda mencapai target kesuksesan yang ingin anda raih.

Jadi, setelah anda memberikan alasan kenapa anda beri-investasi misalnya untuk dana pensiun, pendidikan anak, dan lainnya, hal ini akan memberikan anda motivasi untuk tetap semangat dalam berinvestasi karena tujuan anda sudah jelas diawal akan memulainya.

Bangunlah Fondasi sebagai dasar

Sebelum memulai untuk ber-investasi pastikan anda telah menyediakan setidaknya dana keperluanmu minimal 6 bulan kedepan, sehingga kamu tetap yakin bahwa dalam rentang waktu tersebut hidup anda tidak akan berantakan walau apapun yang terjadi. Kamu dapat memulainya dengan memisahkan akun bank tabunganmu dengan akun investasi.

Atur Target Keuangan

Jika kamu memulai investasi, anda akan penasaran berapa dana yang harusnya anda keluarkan untuk ber-investasi. Jawabannya anda tergantung berapa keuntungan investasi yang ingin anda capai, semakin besar target anda maka dana yang anda investasikan juga akan semakin besar pula.

Setidaknya sejak usia 20-an anda wajib menyisihkan 10% dari pendapatan anda untuk dana investasi, dan jika anda telah menginjak usia 40an anda idealnya harus menyisihkan setidaknya 20% – 25% pendapatan untuk investasi.

Baca Juga : Ayo Kenali Beda Reksa Dana Pendapatan Tetap, Campuran & Saham

Hindari Biaya-Biaya yang Terlalu Mahal

Ber-investasi bukan tanpa resiko, anda dapat menghindarinya dengan teliti misalnya ada beberapa investasi berbentuk amal hal ini hanya akan berhabiskan dana direkening anda.

Untuk itu pilihlah jenis investasi yang paling ideal misalnya biaya administrasi yang rendah tanpa embel-embel biaya lainnya dan misalkan ada biaya anda harus membuat akan telorir misalnya 0.5% atau 1% sehingga anda tetap punya batasan dari biaya administrasi yang mungkin akan dibebankan kepada anda.

Toleransi Kerugian di Jangka Pendek

Investasi sering sekali mengalami rugi diawalnya, tetaplah tenang dan disiplin. Anda tidak perlu panik karena anda masih memiliki cadangan dana dan juga mungkin anda masih bekerja, sehingga anda tetap harus memantau perkembangannya jangan lantas memutuskan untuk keluar dari investasi tersebut.

Di pasar keuangan misalnya, dengan portofolio sederhana 60% saham dan 40% obligasi, kamu sebenarnya tidak akan mengalami kerugian selama tujuh tahun berturut-turut. Hasil ini sudah dibuktikan dari 1928-2015 lalu.

Jadi tetaplah tenang dan disiplin selanjutnya tanyakan pada diri anda apakah anda sudap siap ber-investasi? Jika anda telah siap lakukan setiap tahapnya dengan hati-hati dan terukur.

SHARE

LEAVE A REPLY