Wanita Wajib Tahu 5 Hal Penting Ini Dalam Mengelola Keuangan -Part 2

Wanita Wajib Tahu 5 Hal Penting Ini Dalam Mengelola Keuangan -Part 2

  1. Pengelolaan Aset

Aset. Ini jarang banget dikaitkan dengan perempuan. Biasanya aset identik dengan kepemilikan laki-laki. Padahal sahabat satuters juga bisa belajar mengelola aset, terutama aset aktif. Modal menyiapkan aset ini bisa dimulai dengan persiapan dana pensiun di poin no 3. Di artikel sebelumnya Perhatikan 5 Hal Penting Ini Dalam Mengelola Keuangan Bagi Wanita – Bagian 1

Aset aktif yang saya maksud ada 3 jenis:

  • Bisnis: Bagi sahabat satuters yang berwirausaha, jangan senang dulu. Yang saya maksudkan sebagai aset aktif adalah bisnis yang sudah bisa ditinggal, ada profesional yang mengelola dan kamu tinggal terima bagi hasil secara reguler.
  • Properti: rumah yang kamu tempati tidak termasuk properti sebagai aset aktif, ya. Properti di sini pun bukan rumah yang bisa dijual kembali. Properti sebagai aset aktif adalah properti yang disewakan, sehingga sahabat satuters bisa menerima penghasilan rutin.
  • Surat berharga: orang jaman dulu bisa pensiun dengan gajian dari bunga deposito. Sekarang sudah ada obligasi ritel yang bisa dibeli dalam pecahan lebih kecil, dan memberikan imbal hasil reguler berupa kupon obligasi. Untuk itu, sebagai investor sahabat satuters perlu lho, berkenalan dengan produk pasar modal seperti saham dan obligasi.
  1. Lain-lain yang tidak kalah penting: pajak, legal, waris, zakat, proteksi dll.
  • Pajak:It’s 2018! Cepat atau lambat sistem perpajakan kita akan menggali data secara terbuka, maka dari itu mulai dari sekarang bereskan SPT yang sahabat satuters punya.
  • Legal: menurut undang-undang perkawinan tahun 1974 harta dan utang yang dihasilkan saat menikah adalah milik bersama suami dan istri.  Apakah sudah tahu apa konsekuensinya? Pernah terpikir membuat perjanjian pra nikah? Bukan hanya dengan pasangan, lho. Soal hal legal sahabat satuters sering kurang perhatian. Misalnya ada utang atas nama sahabat satuters, padahal yang pakai uangnya adik. Atau ibumu punya rumah, tapi atas nama kakaknya. Ini harus dibenahi.
  • Waris:Urusan waris harus dipelajari dan perhatikan selagi masih sehat, baik fisik maupun mental. Ada 3 jenis hukum waris di Indonesia: hukum barat, hukum Islam dan hukum adat. Apakah ahli warismu akan terkena dampak dari ketiga hukum waris tersebut?
  • Zakat:untuk yang satu ini, perempuan punya peran penting lho. Ada zakat penghasilan yang harus diurus. Ada juga zakat maal (zakat harta). Kalau tidak berkomunikasi dengan baik soal daftar harta dan utang dengan pasangan, terus bagaimana bisa tahu berapa besar zakat yang harus diurus?
  • Proteksi:selain proteksi kesehatan di poin no 3, ada juga proteksi jiwa yang perlu kita perhatikan. Untuk ibu rumah tangga, tolong cek asuransi jiwa suami. Untuk perempuan bekerja, perhatikan perhatikan asuransi jiwa dirimu sendiri. Untuk pensiunan, mungkin tidak perlu lagi asuransi jiwa sebagai perlindungan penghasilan, tetapi asuransi jiwa ini masih bisa berguna untuk ahli waris untuk mengurusi pajak, biaya pemakaman, pelunasan utang, dan sebagainya.

Baca juga : Wanita Wajib Tahu 5 Hal Penting Ini Dalam Mengelola Keuangan -Part 1

Alasan Logis Mengapa Wanita Harus Membeli Asuransi Jiwa Untuk Suaminya?

Wanita Modern Wajib Memiliki Perlindungan Asuransi Ini

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Wanita Wajib Tahu 5 Hal Penting Ini Dalam Mengelola Keuangan -Part 2”, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110.

Related Post

OCTOBER 14, 2018

Masih Berusia 20 Tahunan?...

Masih Berusia 20 Tahunan? Gunakan Kesempatan Emas Ini – Pada dasarnya, di usia 20...

0

OCTOBER 14, 2018

Tips Praktis Untuk Menjalani...

Tips Praktis Untuk Menjalani Hidup Agar Tetap Sehat – Sebenarnya untuk menjaga...

0

OCTOBER 13, 2018

Prosedur Klaim Secara...

Prosedur Klaim Secara Reimbursement Asuransi Kesehatan Individu – Ketika nasahah...

0

OCTOBER 13, 2018

Daftar Rumah Sakit Rekanan...

Daftar Rumah Sakit Rekanan Allianz Dari Dalam Hingga Luar Negeri – Allianz sebagai...

0

OCTOBER 12, 2018

Apakah Asuransi Sama Dengan...

Apakah Asuransi Sama Dengan Berjudi? Ini Penjelasannya – Sahabat satuters, memang...

0

OCTOBER 12, 2018

Asian Para Games 2018 Bersama...

Asian Para Games 2018 Bersama Allianz, Ini Faktanya – Asian Para Games 2018 akan...

0