Share this post

Wanita Wajib Tahu 5 Hal Penting Ini Dalam Mengelola Keuangan -Part 1

Sahabat satuters, apakah profesi sahabat satuters saat ini? Mahasiwa, rumah tangga, wanita karir, bekerja sendiri, profesional, wirausaha, pensiunan. Apapun itu profesi sahabat satuters, Apalagi sebagai seorang wanita ada 5 hal yang perlu sahabat satuters ketahui tentang keuangan. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya :

  1. Penghasilan

Penghasilan itu berlaku untuk semua profesi, baik wanita yang sudah bekerja maupun yang belum yaitu ibu rumah tangga. Bagaimana pun juga, proses belajar menghasilkan uang ini tidak pernah bisa instan. Apa pun yang sahabat satuters kerjakan, tentunya sahabat satuters sedang belajar menghasilkan uang juga.

Hal ini termasuk untuk ibu rumah tangga juga ya.

Sahabat satuters jangan pernah lupa, saat menjadi ibu rumah tangga, memang tidak bekerja menghasillkan uang (bukan pedagang, wirausaha atau bekerja sendiri), karena seorang ibu rumah tangga mendapatkan nafkah dari suaminya. Maka dari itu perlakukanlah uang tersebut sebagai penghasilan. Dengan demikian, proses mengapresiasi uang tetap terjadi. Pisahkan bagian untuk keluarga dan bagian yang memang sahabat satuters simpan sendiri.

  1. Pengeluaran

Ternyata setelah mempunyai penghasilan, besar penghasilan itu tidak penting, yang lebih penting adalah bagaimana cara sahabat satuters menggunakan penghasilan tersebut dengan bijak.

Paling tidak, sahabat satuters harus memperhatikan kemana saja uang itu pergi, catat pengeluaran, untuk tahu bagaimana pola hidup sahabat satuters yang sebenarnya.

Ada 5 kategori pengeluaran, cek apakah pengeluaran sudah sesuai dengan batasan yang tertera di bawah ini.

  • Menabung/Investasi: 10 – 30%
  • Cicilan Utang: maks. 30%
  • Pengeluaran Sosial: bebas
  • Pengeluaran Rutin: 20 – 40%
  • Pengeluaran Lifestyle: maks. 20%

Jadikan pola pengeluaran yang sehat sebagai kebiasaan, maka sahabat satuters nantinya bisa dengan rutin berinvestasi dan yang lebih penting, bebas belanja ataupun liburan.

  1. Kesehatan & Pensiun

Setelah mengatur penghasilan dan pengeluaran, sahabat satuters perlu melindungi masa depan. Perhatikan fasilitas kesehatan seperti apa yang sahabat satuters punya.

  • Jika saat ini berstatus Mahasiswa, coba tanyakan pada orang tua apakah sahabat satuters masih dalam tanggungan kantor mereka atau ada asuransi tersendiri.
  • Jika sebagai Ibu rumah tangga, coba periksa fasilitas kesehatan apa yang tersedia dari suami.
  • Jika sebagai Wanita karir, coba periksa fasilitas kesehatan yang tersedia dari kantor. Jangan sampai sudah sakit dan diopname, sahabat satuters baru mencari tahu berhak dapat fasilitas kesehatan seperti apa.
  • Jika bekerja sendiri/Profesional/Wirausaha/Pensiunan: siapkan fasilitas kesehatan sendiri dalam bentuk BPJS Kesehatan dan/atau asuransi kesehatan swasta. Untuk wirausaha, sebaiknya ini diatur dari bisnismu saja, sehingga dapat membeli fasilitas perlindungan kesehatan grup dengan biaya lebih efisien. Sementara, untuk para pensiunan, hal ini bisa juga dilakukan dengan menyediakan dana kas dalam jumlah besar (seperti dana darurat) yang disebut dana kesehatan pensiun.

Jika Resiko kesehatan ini belum tercover dengan baik, sahabat satuters bisa menambah perlindungan resiko kesehatan sahabat satuters dengan menambahkan Asuransi Kesehatan Tambahan dan Manfaat Proteksi Penyakit Kritis.

Sementara itu untuk pensiun, ada beberapa cara yang harus dipikirkan. Silakan pilih setidaknya salah satu cara untuk memulai. Tapi lebih baik lakukan semuanya, Mending berlebih daripada kurang, kan.?

  • Dana pensiun sendiri: investasi rutin di produk yang menghasilkan imbal hasil kumulatif (contohnya reksadana)
  • Dana pensiun dari kantor: BPJS Ketenagakerjaan dan DPLK
  • Menyiapkan aset aktif: Bisnis, properti, surat berharga.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Wanita Wajib Tahu 5 Hal Penting Ini Dalam Mengelola Keuangan -Part 1” Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110

Related Post

DECEMBER 6, 2018

Endokarditis Infektif,...

Endokarditis Infektif, Pengertian Dan Penyebabnya – Endokarditis Infektif adalah...

0

DECEMBER 6, 2018

Metastasis Otak, Jenis...

Metastasis Otak, Jenis Penyakit Apa? Serta Bagaimana Pencegahannya? – Pernahkah...

0

DECEMBER 3, 2018

88 Kondisi Penyakit Kritis...

88 Kondisi Penyakit Kritis Flexi CI (Rider) Plan Silver –  Asuransi tambahan...

0

DECEMBER 1, 2018

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang...

Manfaat Lain Kulit Jeruk Yang Tidak Hanya Mengharumkan Ruangan – Apakah sahabat...

0

DECEMBER 1, 2018

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik...

Jenis-Jenis Bakteri Yang Baik Bagi Tubuh Manusia – Apakah sahabat satuters...

0

NOVEMBER 30, 2018

Jenis Makanan Ini Ternyata...

Jenis Makanan Ini Ternyata Tidak Boleh Disimpan Di Lemari Es Lho – Apakah sahabat...

0