Categories
Berita Terbaru Kesehatan Makanan dan Gaya Hidup

Aktivitas Fisik Sederhana Ini Sangat Baik Bagi Para Pekerja

Aktivitas Fisik Sederhana Ini Sangat Baik Bagi Para Pekerja – Sering kali orang beralasan tak sempat melakukan aktivitas fisik karena kesibukan sehari-hari. Padahal banyak cara mudah untuk menggerakkan tubuh, lho!

Setiap orang memiliki kewajiban yang harus dijalankan setiap hari. Ada yang harus bekerja di kantor, di lapangan, kuliah, mengurus rumah tangga, dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan tersebut memerlukan energi yang tidak sedikit.

Apapun kewajiban yang harus dilakukan, setiap orang pasti melakukannya dengan usaha terbaik. Sayangnya hal itu kerap kali berarti mengerjakannya hingga lupa waktu dan lupa istirahat. Meskipun mencerminkan sikap kerja keras hal seperti itu tak baik bagi kesehatan.

Bekerja dan berisitrahat harus dilakukan dengan seimbang. Tak hanya itu, Anda juga tak boleh melewatkan aktivitas fisik seperti olahraga dan lain-lain. Banyak orang tak sadar bahwa perlahan-lahan staminanya kian menurun karena kurang istirahat dan jarang berolahraga.

Tak sedikit orang beralasan tak sempat melakukan aktivitas fisik karena kesibukan sehari-hari. Padahal cukup meluangkan waktu 20 hingga 30 menit saja Anda sudah bisa mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan stamina yang lebih prima. Atau Anda bisa juga melakukannya di sela-sela pekerjaan.

Lalu Apa saja sih aktivitas fisik yang sangat baik bagi pekerja

1. Aktivitas Fisik Sebangun Tidur

Salah satu aktivitas fisik yang paling mungkin dilakukan oleh Anda yang sibuk adalah yang dilakukan sebangun tidur. Mulailah dengan pemanasan seperti lari di tempat atau meloncat-loncat kecil. Lanjutkan dengan sit up dan gerakan ringan lainnya.

Setiap gerakan cukup diulang 10 hingga 20 kali. Anda bisa menggabungkan beberapa gerakan. Aktivitas seperti ini mungkin akan memakan waktu 15 sampai 20 menit. Jika sudah, berikan jeda beberapa saat sebelum melanjutkan aktivitas lain seperti mandi dan sarapan.

Kalau Anda memiliki waktu luang lebih banyak di pagi hari, Anda bisa memilih aktivitas lain yang sedikit lebih berat seperti jogging. Pilih rute yang tidak terlalu jauh, misalnya mengelilingi blok perumahan atau beberapa kali mengelilingi taman yang ada di dekat perumahan Anda.

Sediakan waktu 30 menit untuk lari pagi Anda. Melakukan kegiatan seperti ini dengan rutin akan sangat membantu menjaga stamina dan kesehatan Anda. Stamina yang baik akan membuat kinerja Anda lebih optimal dari biasanya.

2. Aktivitas Fisik di Sela-Sela Pekerjaan

Anda yang sulit melakukan aktivitas fisik di pagi hari harus pandai-pandai mencuri waktu di sela pekerjaan. Cukup lakukan gerakan-gerakan sederhana saja. Misalnya jika Anda bekerja di ruang ber-AC, maka peregangan menjadi hal yang wajib dilakukan setidaknya satu kali setiap 1 jam.

Peregangan harus dilakukan agar peredaran darah tetap lancar. Tak perlu khawatir karena peregangan ini bisa dilakukan tanpa meninggalkan tempat duduk.

Jika aktivitas Anda membuat Anda harus duduk berlama-lama di depan komputer maka menggerakkan tubuh menjadi jauh lebih penting untuk dilakukan. Terlalu banyak duduk bisa mengganggu kesehatan ginjal dan juga tulang punggung Anda.

Contoh aktivitas fisik yang bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan Anda adalah skotjam dan jumping jack. Sebaiknya aktivitas itu Anda lakukan di jam istirahat makan siang. Jika harus lembur Anda bisa mengulang gerakan yang sama pada sore hari.

Jika memungkinkan Anda bisa mengajak beberapa rekan kantor untuk melakukan senam ringan di pagi atau sore hari. Jangan lupa imbangi dengan mengkonsumsi air putih yang cukup agar kesehatan tubuh, khususnya ginjal, senantiasa terjaga.

3. Aktivitas Fisik Sepulang Kerja

Aktivitas fisik sepulang kerja mungkin hanya bisa dilakukan oleh Anda yang jam pulang kerjanya tak terlalu malam. Adapun aktivitas yang bisa dilakukan tak jauh beda dengan aktivitas yang bisa dilakukan di pagi hari. Jogging di sore hari bahkan bisa terasa lebih menyenangkan.

Kalau Anda tak mau berolahraga di luar ruangan Anda bisa mencoba datang ke fitness center. Aktivitas yang dilakukan di sana akan lebih berat, namun lebih terarah untuk menjaga kesehatan Anda. Jika merasa perlu Anda bisa menyewa jasa personal trainer.

Renang bisa menjadi opsi aktivitas fisik lain yang dapat Anda coba. Renang bisa dilakukan 1 hingga 2 kali setiap minggu. Olahraga ini sangat baik untuk merangsang otot dan pernapasan, khususnya bagi Anda yang sehari-hari hanya sibuk di depan komputer.

4. Hal Lain yang Harus Dilakukan Selain Aktvitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik bukan satu-satunya hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh di tengah tumpukan pekerjaan. Hal-hal lain yang harus Anda lakukan adalah:

  • Mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari
  • Tidur minimal 8 jam sehari
  • Mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari
  • Menyediakan metime minimal 1 minggu sekali

Anda adalah orang yang paling tahu tentang batasan tubuh Anda. Jangan memaksakan diri untuk terus bekerja jika sudah merasa terlalu lelah secara fisik maupun mental. Ingatlah selalu bahwa Anda adalah yang paling bertanggungjawab untuk menjaga kesehatan dan membahagiakan diri sendiri.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Aktivitas Fisik Sederhana Ini Sangat Baik Bagi Para  Pekerja“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110.