Share this post

Apa Itu Front End, Back End, dan Hybrid di Asuransi Allianz? – Ternyata jenis asuransi unit link bisa dibedakan berdasarkan bobot alokasi preminya. Agar tak salah pilih, temukan penjelasannya di sini.

Beberapa orang menginginkan manfaat ganda dari asuransi yang tidak hanya memberikan perlindungan jiwa, tetapi juga memberikan hasil investasi di akhir periode perlindungan. Kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan hadirnya produk asuransi unitlink dengan biaya premi yang terjangkau. Namun, fungsi utama unit link tetap pada perlindungan atas risiko meninggal dunia, sementara manfaat investasi adalah manfaat tambahan pengembangan dana yang kita miliki.

Pada umumnya di produk unit link, pada tahun-tahun pertama, manfaat investasi belum dapat dirasakan. Hal ini disebabkan karena dana yang disetorkan belum 100% dialokasikan di investasi, melainkan adanya biaya akuisisi. Hal yang perlu diketahui adalah imbal hasil pada produk unit link tidak dijamin oleh perusahaan asuransi, melainkan bergantung pada kondisi pasar keuangan.

Dilihat dari pengenaan biaya akuisisi, asuransi unit link bisa dibedakan menjadi tiga jenis. Simak penjelasan di bawah ini agar tak bingung dalam memilih asuransi unit link.

1. Unit Link Front-End
Pada unit link jenis front end, biaya akuisisi dikenakan di tahun-tahun awal polis, biasanya tahun pertama sampai tahun kelima, dimana besarnya biaya akuisisi semakin berkurang dari tahun ke tahun. Karena adanya biaya akuisisi ini, maka nilai investasi yang terbentuk di tahun-tahun awal polis belum maksimal. Tapi, manfaat pelindungan (uang pertanggungan jiwa, dan uang pertanggungan asuransi tambahan) tetap diberikan sesuai polis jika terjadi resiko hidup. Keunggulan unit link jenis front end adalah tidak biaya-biaya lagi jika melakukan penarikan nilai investasi, cuti premi, atau menutup polis. Unit link jenis front end juga dipasarkan dengan minimum premi yang relatif terjangkau.

2. Unit Link Hybrid
Unit link jenis hybrid memiliki karakteristik gabungan unit link jenis front end dan unit link jenis back end. Pada unit link jenis hybrid, biasanya terdapat biaya akuisisi di tahun pertama atau sampai tahun kedua (tergantung jenis produk). Jadi nilai investasi yang terbentuk di awal-awal tahun polis lebih cepat dibandingkan dengan unit link jenis front end, tetapi tidak secepat di unit link jenis back end. Di unit link jenis hybrid juga terdapat biaya-biaya jika melakukan penarikan nilai investasi, cuti premi, atau menutup polis. Tapi biaya-biaya tersebut tidak sebesar pada unit link jenis back end. Unit link jenis hybrid biasanya dipasarkan dengan minimum premi yang lebih tinggi dibandingkan dengan unit link jenis front end.

3. Unit Link Back end
Unit link jenis back end kebalikan dari unit link jenis front end, dimana pada unit link jenis back end tidak dikenakan biaya akuisisi, tapi akan dikenakan biaya-biaya jika menarik nilai investasi, cuti premi, atau menutup polis. Keunggulan unit link jenis back end adalah nilai investasi yang cepat terbentuk sejak tahun-tahun awal polis karena tidak adanya biaya akuisisi. Unit link jenis back end biasanya dipasarkan dengan minimum premi yang lebih tinggi dibandingkan unit link jenis front end.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Apa Itu Front End, Back End, dan Hybrid di Asuransi Allianz?“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi?.Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110