Categories
Asuransi Penyakit Kritis Kesehatan

Apakah Gagal Jantung Itu

Apa Itu Gagal Jantung?

Gagal jantung adalah kondisi dimana jantung tidak memompa darah dengan jumlah yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Disini jantung memompa darah tetapi dengan kekuatan pompa dan volume darah yang menurun.

Penyebab gagal jantung

Adalah gangguan pada otot dan katup jantung yang menyebabkan gagal jantung. Hipertensi, penyakit jantung koroner dan kardiomiopati adalah penyakit yang dapat menyebabkan gangguan pada otot jantung. Juga terdapat beberapa jenis penyakit jantung bawaan yang juga menyebabkan kebocoran pada otot jantung. Akibat dari ini otot jantung menjadi lemah atau kaku, sehingga kemampuan pompa jantung menurun.

Gangguan pada katup terjadi karena penyakit jantung rhema/ karena proses degeneratif karena faktor usia. Katup mitral atau katup aorta yang sering terkena biasanya. Katup mengalami kebocoran atau penyempitan yang berakibat jantung menjadi membengkak dan pada akhirnya pompa jantung melemah.

Gejala gagal jantung

Sesak napas adalah gejala utama gagal jantung. Sesak terjadi dikarenakan adanya penumpukan cairan di paru -paru akibat pengosongan jantung karena melemahnya pompa jantung.

Pembengkakan juga merupakan gejala lain yang ditimbulkan. Pembengkakan terjadi karena adanya penumpukan cairan. Paling mudah terlihat adalah pada tungkai kaki.  Pembengkakan tungkai jika bagian yang bengkak ditekan lambat kembali. Pembengkakan pun dapat terjadi di perut, wajah, serta kantong kemaluan.

Gejala lain adalah rasa lemah dan cepat capek. Ini akibat dari sel-sel tubuh kekurangan makan karena pompa jantung yang lemah.

Riset berdasarkan gejala, khususnya sesak napas, gagal jantung dibagi menjadi empat kelas. Kelas 1  paling ringan, hampir tidak ada gejala kecuali bila beraktivitas terlalu berat. Kelas 2 gejala timbul bila aktivitas sedikit lebih berat dari biasanya/aktivitas sehari-hari. Kelas 3 gejala timbul pada aktivitas harian seperti mandi, makan, buang air besar. Dan terakhir kelas 4 yang terberat, dimana gejala bisa timbul bahkan pada keadaan istirahat.

Ini berberapa Artikel yang terkait :

Pengobatannya pasti sangat mahal, namun sekarang sudah ada Solusi, kenapa kita harus mikir lagi.

Mari sekarang segera miliki perlindungan proteksi sakit kritis yang melindungi Jantung Anda!

Bila ingin Menjadi Nasabah Allianz atau Menjadi Agen Allianz bisa klik link yang terdapat dikolom ini dan Tim Agen Allianz Jakarta atau Agen Allianz Kota Anda yang profesional akan melayani Anda.

Bisa juga Anda hub Call Center Allianz – Satuterpenting HP/WA : 081212188110