Share this post

Asuransi Itu Jangka Pendek, Investasilah Yang Jangka Panjang – Faktanya saat ini ada begitu banyak orang yang beranggapan bahwa asuransi itu merupakan program jangka panjang. Padahal anggapan ini tidaklah tepat. Sebetulnya asuransi itu bukan program jangka panjang, tapi program jangka pendek atau paling jauh jangka menengah.

Jika ada yang bersifat jangka panjang dalam produk asuransi, seperti pada produk jenis endowment dan unitlink, itu adalah sisi tabungan atau investasinya. Untuk asuransinya sendiri sulit disebut program jangka panjang. Mengapa?

Jika sahabat satuters mengambil asuransi jiwa (unitlink ataupun bukan) dengan manfaat UP jiwa 1 miliar, maka uang 1 miliar itu mungkin terasa besar di saat sekarang, tapi akan semakin menurun nilainya di masa yang akan datang. Untuk saat ini, uang 1 miliar bisa dipakai membeli rumah mewah, tapi 10 tahun kemudian mungkin hanya rumah menengah saja. Dan 20 tahun kemudian, mungkin rumah sangat sederhana pun tak dapat.

Jika sahabat satuters mengambil asuransi kesehatan (unitlink ataupun bukan) dengan manfaat plan kamar 1 juta, saat ini masih bisa memperoleh kelas VIP isi 1 orang. Tapi 10 tahun kemudian, kamar seharga 1 juta sehari mungkin setara kamar isi 4 orang, dan 20 tahun kemudian mungkin tak ada lagi kamar di rumah sakit yang tarifnya 1 juta semalam, seperti halnya sekarang ini kita sulit menemukan kamar seharga 100 ribu.

Jadi, jika sahabat satuters mengambil asuransi, niatkanlah untuk jangka pendek saja, 5 atau paling lama 10 tahun. Setelah itu kebutuhan proteksi setiap orang akan bertambah, termasuk sahabat satuters, so sahabat satuters harus meningkatkan manfaat polis asuransi, entah dengan cara mengupgrade polis yang ada ataupun menambah polis baru. Karena adanya anggapan bahwa asuransi itu program jangka panjang.

Sedangkan investasi adalah program jangka panjang, karena manfaat investasi baru akan terasa di masa-masa yang akan datang. Dalam jangka pendek, investasi belum akan menampakkan hasilnya. Tapi dalam jangka panjang, hasilnya bisa sangat menggembirakan.

Investasi berguna untuk memenuhi keperluan kita di masa depan, misalnya kuliah anak, perjalanan ibadah, dan dana pensiun. Jika kita rutin berinvestasi di reksadana misalnya 1 juta tiap bulan, nilainya masih terasa kecil di tahun-tahun awal. Barulah setelah 5 tahun, atau 10 tahun, nilainya lebih terasa, dan jika konsisten dalam 20 tahun nilainya akan luar biasa, meski mungkin belum cukup untuk membuat anda pensiun dengan nyaman.

Jadi Asuransi adalah program jangka pendek karena semakin lama nilainya semakin kecil sedangkan Investasi adalah program jangka panjang karena semakin lama nilainya semakin besar.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Asuransi Itu Jangka Pendek, Investasilah Yang Jangka Panjang”, Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110.

Related Post

MAY 13, 2019

Penyakit Anemia Aplastik,...

Penyakit Anemia Aplastik, Menjadi Penyakit Yang Menakutkan di Dunia – Anemia...

0

MAY 12, 2019

Sistem Kekebalan Tubuh Yang...

Sistem Kekebalan Tubuh Yang Menyerang Hati, Hepatitis Autoimun Kronis – Hepatitis...

0

MAY 11, 2019

Peradangan Pada Struktur...

Peradangan Pada Struktur Ginjal Akibat Penyakit Glomerulonefritis Kronis-...

0

MAY 10, 2019

Peradangan Kronis Pada Usus...

Peradangan Kronis Pada Usus Besar (Kolitis Ulseratif) – Kolitis Ulseratif adalah...

0

MAY 9, 2019

Peradangan Pada Usus (Crohn...

Peradangan Pada Usus (Crohn Kronis), Salah Satu Penyakit Langka – Penyakit Crohn...

0

MAY 8, 2019

Penyakit Langka Menyerang...

Penyakit Langka Menyerang Saraf Motoris (Bulbar Palsy Progressive) – Bulbar Palsy...

0