Share this post

Asuransi Kehamilan Dan Melahirkan,Yang Dari Allianz – Tahukah sahabat satuters bahwa asuransi untuk melahirkan tidak bisa diambil jika sudah hamil. Sama seperti halnya asuransi untuk sakit yang tidak bisa diambil jika sudah sakit.

Kenapa tidak bisa?

Karena pasti klaim. Perusahaan asuransi, dalam hal ini asuransi swasta, tidak bisa menanggung suatu risiko yang sudah pasti terjadi, karena hitungan bisnisnya tidak masuk. Dan pengertian asuransi itu sendiri adalah untuk berjaga-jaga dari risiko yang belum terjadi tapi mungkin terjadi. Jika risiko sudah terjadi, tentu ini tidak sesuai dengan pengertian asuransi.

Untuk mencegah agar tidak ada orang hamil yang mengambil asuransi untuk melahirkan, produk ini dikenakan masa tunggu 280 hari alias 9 bulan 10 hari, dihitung dari tanggal bergabung ke tanggal melahirkan. Jadi jika ada orang yang sudah hamil 3 bulan baru ikut asuransi, lalu dia melahirkan di bulan ke-6 atau ke-7, maka biaya kelahirannya tidak ditanggung. Kadang memang ada ibu yang melahirkan dini, tapi ini harus didasarkan atas pertimbangan medis.

Jadi, jika ingin biaya melahirkan ditanggung asuransi, ambillah asuransi melahirkan sebelum hamil. Tapi ini pun sebetulnya tidak disarankan. Kenapa?

Pertama, karena melahirkan itu bukan musibah, tapi anugerah. Anda sendiri yang ingin hamil, kenapa biaya melahirkannya mau anda limpahkan ke pihak lain? Itu tidak adil.

Kedua, dan ini yang terutama: premi asuransi untuk melahirkan itu mahal sekali, hampir sebesar biaya melahirkan yang dapat ditanggung. Misalnya, biaya melahirkan yang ditanggung maksimal 25 juta, preminya sekitar 10 sd 15 juta per tahun, tergantung usia.

Ketiga, jika anda sudah ambil asuransi untuk melahirkan tapi ternyata tidak hamil, anda rugi dua kali. Rugi karena premi hangus, dan rugi karena tidak memperoleh kehamilan (anak) yang diharapkan. Hal ini beda dengan asuransi untuk sakit atau musibah lainnya; jika tidak terjadi sakit, anda hanya rugi telah bayar premi, tapi beruntung karena tidak sakit.

Keempatwaktu melahirkan itu, jika sudah hamil, bisa diketahui. Karena waktunya bisa diketahui, anda bisa mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari dengan cara menabung sejumlah dana yang bakal dibutuhkan. Bandingkan dengan risiko berupa musibah seperti sakit atau kecelakaan atau meninggal dunia, yang waktunya sama sekali tidak bisa diketahui. Asuransi hanya menanggung risiko yang waktunya tidak bisa diketahui.

Tak bisakah asuransi melahirkan memakai produk asuransi untuk rawat inap? Tidak bisa. Asuransi untuk rawat inap (hospital and surgical) hanya berlaku untuk risiko rawat inap atau operasi karena sakit. Melahirkan bukan penyakit. Rawat inap maupun operasi saat melahirkan merupakan pengecualian, termasuk sakit yang disebabkan komplikasi persalinan pun tidak ditanggung.

Tapi baiklah, jika anda tetap ingin tahu tentang asuransi untuk melahirkan, berikut saya informasikan produknya sebagaimana yang tersedia di Allianz.

Perlu diketahui bahwa di Allianz, dan saya kira di asuransi lain, tidak ada produk asuransi melahirkan yang berdiri sendiri. Asuransi melahirkan menempel pada produk asuransi kesehatan dengan manfaat dasar Rawat inap, sedangkan melahirkan merupakan rider (proteksi tambahan). Sebagai rider, sifatnya opsional, boleh diambil boleh tidak, dan ada tambahan preminya jika diambil.

Di Allianz, ada tiga produk yang menyediakan rider untuk melahirkan. Manfaat yang ditanggung meliputi melahirkan normal, melahirkan abnormal, melahirkan dengan operasi caesar, dan pemeriksaan rutin sejak kehamilan sampai setelah melahirkan. Semuanya dilengkapi kartu cashless sehingga tidak perlu setor deposit saat klaim.

Tiga produk tersebut adalah:

  1. Allisya Care
  2. Maxi Violet
  3. Smartmed Premier

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110

Related Post

JUNE 22, 2019

Smart Health, Perlindungan...

Smart Health, Perlindungan Maksimal Bagi Karyawan Dan Keluarga – Salah satu asset...

0

JUNE 21, 2019

Deretan Makanan Yang Tidak...

Deretan Makanan Yang Tidak Boleh Di Makan Secara Bersamaan Mungkin selama ini tanpa sadar...

0

JUNE 20, 2019

10 Tanda Tubuh Sedang...

10 Tanda Tubuh Sedang Kelebihan Racun, Segera Detoks! – Tubuh memang sudah memiliki...

0

JUNE 19, 2019

Kebiasaan Buruk Ibu Hamil...

Kebiasaan Buruk Ibu Hamil Yang Sebaiknya Kamu Hindari – Kesehatan dan keselamatan...

0

JUNE 18, 2019

Tanaman Krokot, Sering...

Tanaman Krokot, Sering Diabaikan Namun Memiliki Banyak Khasiat – Tanaman krokot,...

0

JUNE 17, 2019

Tips Mengelola Keuangan Pasca...

Tips Mengelola Keuangan Pasca Liburan Lebaran Telah Usai – Lebaran telah usai,...

0