Categories
Kesehatan

Asuransi Kesehatan – Jenis Sariawan Yang Umum Menyerang

Asuransi Kesehatan – Jenis Sariawan Yang Umum Menyerang

Asuransi Kesehatan – Pernahkah Anda mendengar istilah “stomatitis”. Dalam bahasa medis, stomatitis berarti sariawan. Penyakit sariawan membuat penderitanya menjadi terganggu saat hendak berbicara, makan, minum, bahkan dapat mempengaruhi rasa jengkel karena rasa sakit tersebut. Setiap orang, baik itu pria maupun wanita, dapat mengalami sariawan. Letak sariawan di mulut sendiri pun dapat berbeda-beda. Hal itu ternyata tergantung dari jenis sariawan yang menyerang. Untuk menambah pengetahuan terkait penyakit yang umum menyerang mulut, maka di bawah ini akan dijelaskan jenis-jenis sariawan untuk Anda simak.

Asuransi Kesehatan

Sariawan Iritasi

Anda pernah mengalami lidah atau bagian kulit dalam pipi yang tiba-tiba tergigit? Karena terlalu asyik menikmati makanan, Anda sampai-sampai harus merasa kesakitan pada bagian tersebut. Sayangnya, di hari berikutnya, sariawan pun muncul. Jenis sariawan karena gigitan yang tidak sengaja saat makan disebut sebagai jenis Sariawan Iritasi. Sariawan yang muncul akibat iritasi pada luka yang tergigit. Gigitan tersebut menyebabkan ulkus atau sebutan sebagai luka sariawan. Jika sudah terjadi sariawan iritasi, maka lebih baik perbanyak konsumsi buah yang mengandung vitamin C.

Stomatitis Aphtous

Sariawan yang muncul pada area mulut bagian dalam, bibir, kulit pipi bagian dalam, ataupun lidah, maka jenis ini disebut sebagai Stomatitis Aphtous. Jenis sariawan ini dapat muncul satu atau bahkan berkelompok. Jika bakteri atau virus yang menyerang mulut dalam jumlah banyak, maka dapat memicu timbulnya warna merah pada bagian yang sariawan. Jelas saja Anda akan merasakan sakit ketika jenis stomatitis aphtous ini menyerang. Terlebih jika menyerang pada bagian lidah. Umumnya, untuk jenis stomatitis aphtous ini akan sembuh setelah lima hingga sepuluh hari ke depan. Dan akan semakin cepat sembuh dengan Anda memperbanyak konsumsi buah-buah bervitamin C. Meskipun gejala dari stomatitis aphtous ini tidak ada dan tidak menyebabkan tubuh demam, tetap saja jangan sampai Anda alami.

Sariawan Herpes Simplex

Jenis sariawan satu ini lebih dulu memberikan gejala-gejala yang dirasakan oleh tubuh. Seperti rasa nyeri pada bagian mulut, panas, sampai dengan kesemutan yang datang tiba-tiba. Jenis sariawan yang dimaksud adalah Sariawan Herpes Simplex. Dapat menyerang pada bagian mana saja di mulut. Namun, sangat jarang menyerang pada langit-langit serta gusi. Jika sariawan herpes simplex ini sudah akan timbul, maka gejala lain yang akan Anda rasakan seperti terjangkit influenza. Umumnya, untuk jenis sariawan herpes simplex ini akan sembuh setelah tujuh hingga sepuluh hari ke depan. Perlu Anda ketahui bahwa penyebab dari jenis sariawan satu ini seperti namanya, yaitu virus Herpes. Sehingga usahakan Anda penuhi vitamin C harian agar sariawan herpes simplex cepat hilang dan tidak menyerang kembali.

Ketika lapisan mukosa pada mulut mengalami kerusakan, maka saat itulah akan terjadi ulkus. Ketiga jenis sariawan tersebut pun sebenarnya dapat dihindari asalkan Anda juga pandai menjaga kesehatan mulut dan mampu memenuhi kebutuhan gizi harian, terutama vitamin C. Selain itu, jangan sampai lupa pula untuk memenuhi kebutuhan harian untuk gizi asam folat serta vitamin B12 agar sariawan tidak menyerang mulut.

Bila Anda ingin cari asuransi dan proteksi dengan asuransi jiwa dan kesehatan Allianz untuk keluarga Anda boleh hubungi kami disini dengan agen asuransi terpercaya di Allianz.