Categories
Info Asuransi

Asuransi Sekoci Dari Allianz, Solusi Untuk Keluarga Menengah

Hingga saat ini, masih banyak yang belum menyadari pentingnya asuransi jiwa bagi masa depan, terutama ketika ada kebutuhan lain yang lebih mendesak dan membutuhkan dana lebih banyak. Namun demikian, bukan berarti Anda harus mengabaikan keselamatan jiwa Anda, karena kini telah muncul produk asuransi khusus untuk kelas menengah dan segmen ekonomi mikro berupa asuransi sekoci. Jika Anda bertanya apa keistimewaan produk asuransi Allianz yang satu ini, Anda bisa menyimak informasi berikut.

Keunggulan produk

Produk ini memiliki beberapa keunggulan, seperti:

1. Syarat pengajuan asuransi yang cukup mudah dan nilai premi yang terjangkau.

2. Nilai pertanggungan yang cukup besar untuk beberapa kasus yang terjadi di masyarakat, seperti meninggal akibat kecelakaan.

3. Proses pengajuan klaim yang mudah dan cepat, saat semua persyaratan klaim dipenuhi.

4. Dapat menentukan sendiri periode perlindungan, baik bulanan maupun kwartal sesuai dengan aturan pembayaran premi yang dianut.

Syarat pengajuan

Ketika Anda ingin mengajukan asuransi sekoci dari Allianz ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti:

  • Usia antara 17-60 tahun yang dibuktikan dengan fotokopi kartu identitas asli.
  • Sudah menjadi anggota koperasi Abdi Kerta Raharja dan menunjukkan kartu peserta. Bagi Anda yang belum terdaftar sebagai anggota koperasi Abdi Kerja Raharja, dapat mendaftarkan diri di koperasi yang terletak kota tempat tinggal Anda.
  • Memiliki penghasilan tetap yang disesuaikan dengan premi asuransi yang ingin diikuti.

Manfaat asuransi

Ketika Anda sebagai pemilik premi meninggal dunia, ada santunan yang akan diberikan pada ahli waris sesuai penyebab kematian pemilik. Untuk pemilik asuransi yang meninggal karena penyakit, ada santunan maksimum mencapai Rp 14.500.000,00. Sedangkan pada kejadian meninggal dunia karena kecelakaan, ada nilai pertanggungan mencapai Rp 72.500.000,00. Proses pencairan dana umumnya juga bisa dilakukan secara bertahap sesuai dengan poin perjanjian yang ditangani di asuransi.

Cara klaim

Saat Anda ada dalam posisi orang yang memiliki asuransi, ada baiknya jika Anda memberitahukan segala sesuatunya pada ahli waris. Dengan demikian, ahli waris yang bersangkutan tidak akan merasa kesulitan pada saat mencairkan dana yang dimiliki untuk melanjutkan kegiatan ekonomi keluarga. Secara umum, saat proses klaim dilakukan, ahli waris harus segera menghubungi call center Allianz dan menyiapkan dokumen pencairan dana, seperti:

  1. Formulir klaim yang bisa diperoleh di kantor cabang Allianz terdekat dan sudah terisi sesuai dengan data keluarga.
  2. Fotokopi KTP dari pemilik premi asuransi maupun fotokopi KTP dari ahli waris. Namun demikian, ketika pengurusan dana asuransi terasa mudah tercampur ketika Anda tidak hati-hati.
  3. Fotokopi KK yang masih berlaku dan surat keterangan dari kepolisian. Apabila pemilik asuransi meninggal dunia, akan lebih baik jika Anda bisa melengkapinya dengan surat keterangan kematian dari rumah sakit dan surat kronologis kejadian (untuk peserta yang mengalami kecelakaan di jalan).

Baca juga : Apa Itu Allianz Eazy Med dan Apa Manfaatnya?

Pada saat Anda sudah memahami apa itu Allianz sekoci, tetap ada beberapa hal yang dipertimbangkan agar nantinya pemanfaatan asuransi benar-benar optimal, seperti:

  • Lama waktu tenor pembayaran premi dan apa yang terjadi pada dana premi asuransi ketika orang yang bersangkutan tidak mampu menyelesaikan masa tenor karena meninggal dunia atau masalah lainnya.
  • Orang yang akan Anda tunjuk sebagai ahli waris asuransi. Anda harus memastikan bahwa ahli waris yang bersangkutan benar-benar memahami prosedur asuransi yang Anda ambil dan paham bagaimana proses pencairannya.