Categories
Tips Satuterpenting

Aturan Berutang Agar Tidak Merugikan Diri Sendiri

Aturan Berutang Agar Tidak Merugikan Diri Sendiri – Berutang atau meminjam uang tidak selalu identik dengan ketidakmampuan finansial. Sebab ada suatu kondisi finansial yang terlalu banyak dibebani oleh utang dan memang hal ini merupakan salah satu indikasi bahwa keuangannya sedang mengalami kondisi yang tidak sehat.

Namun, jika mampu di kelola dengan baik serta digunakan secara benar, maka utang tersebut bisa menjadi salah satu cara termudah untuk meningkatkan nilai aset. Misalnya saja ketika seseorang membeli sebuah rumah dan memanfaatkan fasilitas kredit untuk kepemilikan rumah dari bank, maka dalam catatan neraca keuangan, rumah yang dibeli dengan KPR tersebut termasuk dalam daftar  aset guna dengan seharga nilai pasar saat itu. Tapi, ketika keputusan untuk berutang diambil tanpa perhitungan yang matang, maka ini akan menjadi sumber malapetaka.

Nah, maka dari itu agar berutang tidak menjadi beban dan justru memberikan manfaat, maka sebaiknya sahabat satuters memperhatikan aturan-aturan berikut agar tidak salah langkah :

  1. Utamakan utang produktif

Utang itu memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah utang produktif. Utang produktif ini adalah apabila dana pinjaman bisa menghasilkan nilai tambah bagi keuangan sahabat satuters. Misalnya saja saat sahabat satuters membeli sebuah kamera yang harganya cukup mahal dengan cara mencicilnya setiap bulan. Kamera termasuk barang konsumsi yang nilainya terus menurun setiap tahunnya. Namun, ketika kamera tersebut digunakan untuk kegiatan yang menghasilkan uang seperti menjadi vlogger atau fotografer, maka tentu saja akan menghasilkan uang yang cukup lumayan. Dengan cara menyicil kamera inilah yang disebut dengan utang produktif.

  1. Buat target untuk melunasi utang lebih cepat

Jika sahabat satuters memiliki utang jangka panjang maka pikirkanlah bagaimana cara melunasinya dalam waktu cepat. Pastikan juga bahwa rasio utang tetang aman dan tidak melebihi batas 30%. sebab memiliki utang terlalu lama bukan cara yang bijak.

  1. Memilih utang paling murah

Ketika sahabat satuters memiliki niat untuk mengajukan pinjaman, sebaiknya selalu ingat bahwa utang tersebut tidaklah gratis atau ditawarkan secara cuma-cuma. Kecuali pinjaman tersebut berasal dari keluarga atau orang tua. Agar utang yang sahabat satuters ambil tidak sampai memberatkan kondisi keuangan sahabat satuters, maka pilihlah pinjaman bunga paling rendah.

  1. Pastikan kemampuan diri dalam membayar

Keputusan berutang merupakan hal yang bijak jika dipergunakan dengan baik dan menjadi boomerang ketika tidak mampu mengendalikannya. Maka dari itu sebelum memutuskan untuk berutang sebaiknya ukur dahulu kemampuan diri dalam membayarnya, apakah sanggup mencicilnya dengan nilai dan jangka waktu lama tersebut. Sahabat satuters dapat menghitungnya dengan rasio kemampuan pembayaran utang. Caranya yaitu hitung dahulu total cicilan utang per bulan. Apabila sahabat satuters tidak memiliki utang, maka dapat mengalokasikan 35% dari nilai pendapatan rutin untuk cicilan utang. Namun apabila memiliki cicilan utang, maka pastikan penambahan utang baru tidak melebihi dari angka 35% dari total pendapatan yang sahabat satuters miliki.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Aturan Berutang Agar Tidak Merugikan Diri Sendiri”,Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Sudah cukupkah perlindungannya?

Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110