Share this post

Bagaimana Prosedur Pemasangan Filter Vena-Cava? – Paru-paru merupakan organ yang sangat penting karena berperan aktif sebagai organ pernapasan dan sistem peredaran darah. Paru-paru memilki kapasitas maksimal dalam menampung udara yaitu 5.5 liter.

Fungsi utama paru-paru sendiri adalah sebagai tempat untuk pertukaran oksigen dengan karbon dioksida dalam darah. Namun ketika sahabat satuters tidak dapat menjaga kesehatan paru-paru maka bersiap terkena penyakit paru-paru.

Trombosis vena dalam (DVT – Deep Vein Trombosis) merupakan suatu keadaan terbentuknya bekuan darah (trombus) intraluminal pada pembuluh darah vena. Biasanya mengenai vena dalam pada tungkai kaki (seperti pada vena di daerah femoral, popliteal dan betis) atau pada vena dalam di daerah pelvis.DVT dapat menjadi sangat berbahaya dan menyebabkan terjadinya kematian. Terlepasnya trombus mengikuti aliran darah vena akan menjadi emboli dan mengakibatkan obstruksi, oleh karena itu komplikasi tersering yang disebabkan oleh trombosis vena dalam adalah emboli paru (PE – Pulmonary Embolism), sindroma postphlebitis dan hipertensi pulmonal.

Pemasangan filter Vena-cava

Vena-cava merupakan vena utama yang terdapat di dalam tubuh manusia, berfungsi untuk membawa darah yang banyak, yang mengandung karbondioksida dari kepala dan anggota tubuh ke bawah ke serambi kanan.

Pasien yang mengalami pembekuan darah di tungkai bagian bawah akan dilakukan pemasangan filter vena-cava. Prosedur dalam pemasangan filter veno-cava bertujuan untuk mencegah kematian, apabila pembengkuan darah ini terlepas dan masuk ke jantung maka pasien akan meninggal secara tiba-tiba.

Filter vena-cava merupakan alat metal yang dipasang pada vena-cava yang berfungsi untuk penyaringan yang berbentuk seperti payung kuncup diatas. Jadi setiap thrombus yang terlepas akan ditahan oleh veno-cava dan tidak di teruskan ke paru-paru. Dengan demikian emboli pada paru-patu dapat dicegah dan pasien dapat di selamatkan dari kematian.

Asuransi Penyakit Kritis Flexi CI Platinum – Dalam hal ini Allianz memiliki kriteria tersendiri dalam Mengklaim Penyakit Kritis Yaitu Pemasangan Filter Vena-cava.

Pemasangasn Filter Vena-cava

“Pembedahan untuk pemasangan filter vena-cava setelah adanya bukti bahwa telah terjadi emboli paru berulang. Diperlukannya pemasangan filter veno cava harus dikonfirmasi oleh dokter spesialis paru sebagai hal yang diperlukan secara medis.”

Untuk informasi lebih lanjut tentang gejala penyakit kritis lainnya bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung menghubungi Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters. HP/WA : 081212188110.

Related Post

MAY 13, 2019

Penyakit Anemia Aplastik,...

Penyakit Anemia Aplastik, Menjadi Penyakit Yang Menakutkan di Dunia – Anemia...

0

MAY 12, 2019

Sistem Kekebalan Tubuh Yang...

Sistem Kekebalan Tubuh Yang Menyerang Hati, Hepatitis Autoimun Kronis Tahap Awal –...

0

MAY 11, 2019

Peradangan Pada Struktur...

Peradangan Pada Struktur Ginjal Akibat Penyakit Glomerulonefritis Kronis-...

0

MAY 10, 2019

Peradangan Kronis Pada Usus...

Peradangan Kronis Pada Usus Besar (Kolitis Ulseratif) – Kolitis Ulseratif adalah...

0

MAY 9, 2019

Peradangan Pada Usus (Crohn...

Peradangan Pada Usus (Crohn Kronis), Salah Satu Penyakit Langka – Penyakit Crohn...

0

MAY 8, 2019

Penyakit Langka Menyerang...

Penyakit Langka Menyerang Saraf Motoris (Bulbar Palsy Progressive) – Bulbar Palsy...

0