Categories
Info Asuransi Kesehatan Makanan dan Gaya Hidup

Bahaya Kandungan Karsinogenik Bagi Tubuh, Ternyata Ada di Makanan Ini

Bahaya Kandungan Karsinogenik Bagi Tubuh, Ternyata Ada di Makanan Ini Pernahkah anda mendengar istilah karsinogenik? Karsinogenik adalah zat-zat yang menyebabkan timbulnya kanker. Kanker yang disebabkan oleh zat karsinogenik bersifat langsung yaitu zat tersebut menyebabkan perubahan pada sel tubuh dan perubahan tersebut sangatlah cepat akibatnya sel gagal tumbuh sempurna dan kanker pun muncul.

Namun, tahukah Anda bahwa makanan mengandung zat karsinogenik penyebab kanker sebenarnya lebih sering kita temui dalam hidup kita? Bahkan, beberapa di antaranya merupakan makanan yang sering dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat. Apa saja makanan tersebut?

1. Buah Anorganik

Buah memang merupakan makanan yang menyehatkan. Didalamnya, terkandung zat vitamin yang memiliki banyak manfaat bagi Anda dan keluarga. Sayangnya, tidak semua buah aman dari kandungan bersifat karsinogenik.

Jangan khawatir! Anda tidak perlu khawatir apabila yang Anda konsumsi bersama keluarga adalah buah-buahan organik. Hal ini karena buah anorganik lah yang dikatakan rawan bersifat karsinogenik. Buah-buahan yang tidak organik ini tumbuh dari tanaman yang menyerap pupuk dengan pestisida tinggi. Selain itu, buah anorganik juga seringkali diberi zat ‘penggemuk’. Zat-zat inilah yang berbahaya bagi tubuh Anda karena bersifat karsinogenik bila terlalu banyak dikonsumsi. Karena itu, berhati-hatilah dalam memilih buah yang Anda konsumsi bersama keluarga.

2. Produk Olahan Daging

Sosis, kornet, dan produk olahan daging lainnya memang enak. Apalagi, memasak produk-produk ini cenderung lebih cepat dibandingkan dengan memasak daging asli. Namun, hati-hati! Terlalu banyak mengkonsumsi produk olahan daging ini bisa membahayakan kesehatan Anda.

Produk olahan daging biasanya berwarna merah muda bukan karena warna daging di dalamnya, melainkan karena diberi zat kimia berwarna agar warnanya lebih menarik. Selain itu, agar lebih awet, olahan daging ini diberi zat yang disebut sebagai nitrit. Nitrit dan zat kimia pewarna inilah yang menyebabkan produk olahan daging bersifat karsinogenik.

3. Keripik Kentang

Camilan yang satu ini menjadi favorit bagi semua orang. Sayangnya, dalam pengolahannya, keripik kentang kerap kali digoreng dengan suhu terlalu tinggi. Peningkatan suhu signifikan ini dikatakan dapat menghasilkan zat kimia bernama akrilamida yang bersifat karsinogenik. Apabila membeli keripik kentang di luar, camilan ini juga sering ditambahi bumbu yang mengandung pengawet tinggi. Hal ini semakin menjadikan keripik kentang mengandung zat penyebab kanker. Mengetahui hal ini, bukankah lebih baik bila memasak sendiri keripik kentang untuk keluarga Anda?

4. Salmon Ternak

Memang, salmon adalah makanan yang berprotein tinggi. Salmon juga merupakan ikan yang sangat cocok dihidangkan sebagai sashimi bagi Anda yang menyukai masakan Jepang. Tapi, ternyata, tidak semua salmon aman untuk Anda konsumsi.

Salmon yang secara sengaja diternakkan ternyata dianggap bersifat karsinogenik. Salmon yang diternakkan ini telah terkontaminasi dengan pestisida, antibiotik, serta bahan kimia lain yang menjadi agen penyebab kanker. Mengetahui ini, Anda mungkin harus berhati-hati dalam memilih salmon untuk dikonsumsi.

Melindungi diri dan keluarga, makanan menjadi hal yang penting dan harus Anda tentukan dengan penuh pertimbangan. Sebisa mungkin, hindari makanan karsinogenik dan pilihlah makanan organik yang sehat dan bergizi baik.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Bahaya Kandungan Karsinogenik Bagi Tubuh, Ternyata Ada di Makanan Ini“. Apakah keluarga sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi? Untuk informasi seputar asuransi bisa sahabat satuters ikuti informasi dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat satuters.  HP/WA : 081212188110