Categories
Berita Terbaru Kesehatan

Bahaya Polusi Udara Bagi Seseorang Dan Cara Mengatasinya

Bahaya Polusi Udara Bagi Seseorang Dan Cara Mengatasinya – Tahukah sahabat satuters, bahwa polusi udara tidak hanya berdampak pada lingkungan saja, namun juga dapat mengganggu kesehatan setiap orang. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan penghasil udara terbesar di dunia. Dan biasanya polusi tersebut berasal dari berbagai sumber, seperti dari asap rokok, asap kendaraan, pembakaran hutan, asap pabrik, asap industri.

Keadaan ini tentunya sangat mengkhawatirkan. Sebab polusi udara memberikan dampak buruk bagi kesehatan baik jangka panjang. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya :

  1. ISPA, PPOK hingga kanker paru-paru

Saat polusi udara terjadi maka otomatis penderita infeksi saluran pernapasan (ISPA) akan semakin bertambah. Selain itu polusi yang berada di udara akan semakin bertambah terjadinya risiko penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK). penyakit ini menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah di paru-paru. Salah satu gejala ini berupa sesak napas dan batuk kronis.

  • Masalah kesehatan kulit

Polusi udara ternyata dapat menyebabkan kerusakan dan meningkatkan peradangan pada kulit sehingga kulit terlihat lebih kusam dan kerutan.

  • Menurunkan kesuburan

Menurut penelitian dari Xiang Qian, PhD yaitu seorang asisten profesor yang berasal dari Universitas Hongkong, mengatakan bahwa polusi udara sangat berpengaruh pada kualitas sperma seseorang. Bahkan jika sering terpapar akan menghasilkan sperma yang lebih kecil dengan bentuk yang tidak normal.

  • Mengalami gangguan mental

Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa paparan polusi udara yang cukup lama akan menimbulkan gangguan mental pada seseorang seperti depresi, gangguan bipolar, dan gangguan kepribadian pada anak.

  • Meningkatkan risiko keguguran dan autisme

Wanita yang tinggal di daerah dengan polusi udara yang cukup tinggi akan memiliki risiko keguguran dua kali lipat atau anak lahir dengan gangguan autisme.

Bagaimana melindungi diri dari polusi udara?

Untuk meminimalisir dampak polusi udara, sahabat satuters dapat melakukan kebiasaan ini, Misalnya dengan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin olahraga, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang “Bahaya Polusi Udara Bagi Seseorang Dan Cara Mengatasinya. Pastikan sahabat satuters saat ini sudah terlindungii dengan asuransi yang layak .Untuk informasi seputar asuransi bisa diakses dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat Satuters.  HP/WA : 08121218811