Categories
Kesehatan Makanan dan Gaya Hidup

Bahaya Radikal Bebas, Konsumsi Jenis Buah Ini Sebagai Pencegahan

Bahaya Radikal Bebas, Konsumsi Jenis Buah Ini Sebagai Pencegahan – Polusi udara merupakan salah satu pemicu peningkatan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang mudah bereaksi dengan molekul penting dalam tubuh kita, termasuk DNA, lemak dan protein.

Polusi udara dan radikal bebas tak hanya mengakibatkan gangguan saluran pernafasan, tapi juga bisa mendatangkan penyakit berbahaya yang berujung kematian.

Sebenarnya, metabolisme tubuh juga menghasilkan radikal bebas. Namun, tubuh juga memiliki antioksidan yang mampu menangkal efek negatif radikal bebas.

Lalu jenis buah-buahan apa saja agar tubuh dapat terlindungi dari bahaya ancaman radikal bebas? Berikut penjelasannya :

Blueberry

Hingga saat ini, blueberry disebut sebagai buah dengan kandungan antioksidan tertinggi. Setiap 100 gram buah ini mengandung 9,2 mmol antioksidan dengan skor ORAC mencapai 9.019.

Sama seperti stroberi, blueberry juga kaya akan vitamin C yang menangkap dan menetralisasi radikal bebas. Dengan mengonsumsi buah blueberry secara rutin, sahabat satuters dapat menurunkan risiko terserang penyakit kanker, kerusakan otak, dan kolesterol tinggi.

Apel

Apel merupakan buah yang sangat mudah di jumpai di mana-mana. Jadi apel mengandung flavonoid yang merupakan salah satu bentuk antioksidan dengan segudang manfaat. Flavonoid pada apel berfungsi untuk memperbaiki sel tubuh sahabat satuters yang rusak karena molekul radikal bebas dan membantu tubuh agar dapat menyerap vitamin C dengan lebih sempurna.

Stroberi

Stroberi adalah salah satu buah yang memiliki konsentrasi antioksidan yang cukup tinggi. zat antioksidan yang ada di dalam stroberi bermanfaat untuk melawan kanker, kolesterol jahat, dan penyakit jantung. Para ibu hamil juga disarankan untuk rajin mengonsumsi stroberi sebab kandungan asam folat di dalamnya baik untuk kesehatan janin.

Kiwi

Vitamin A dan vitamin E adalah dua zat antioksidan yang paling banyak ditemukan dalam buah kiwi. Kedua vitamin ini akan memberikan perlindungan bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas. Kiwi juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga tekanan darah, dan menyehatkan pencernaan.

Zat antioksidan sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi jangan ragu untuk memasukkan buah-buahan di atas sebagai menu camilan sehat sahabat satuters.

Setelah sahabat satuters mengetahui tentang Bahaya Radikal Bebas, Konsumsi Jenis Buah Ini Sebagai Pencegahan. Pastikan sahabat satuters saat ini sudah terlindungi dengan asuransi yang layak . Untunk informasi seputar asuransi bisa di akses dari Agen Allianz Jakarta atau dengan langsung Agen Allianz di sekitar wilayah sahabat Satuters.  HP/WA : 08121218811